Jumat, 08 Februari 2008

[beasiswa] [OOT] Validkah Hasil Psikotest?

Salam,

Sebelumnya terima kasih untuk rekan2 yang kemarin sudah merespon posting saya (CURHAT ujian negara SMU). Semua surat itu saya forward ke adik saya yang SMU, dan lumayan bisa jadi motivator, katanya..hehe.. THANKS ya!

Persoalan lain lagi. Beberepa waktu yang lalu adik saya itu mengikuti psikotest yang diadakan oleh suatu Lembaga Pendidikan. Dari hasil tes, dinyatakan adik saya cocok untuk masuk jurusan HI (Hubungan Internasional). Namun demikian, adik saya dari awal memang ingin masuk jurusan Arsitektur. Masalahnya adalah, dia dari jurusan IPS. Itu yang membuatnya gamang.

Saya katakan kepadanya, bahwa untuk masuk jurusan Arsitektur tidak harus dari jurusan IPA (dan ini sudah saya konfirmasi ke Universitas yang ingin dia tuju, bahwa dari jurusan IPS pun bisa mendaftar ke arsitektur). Lagipula, menurut pengalaman saya (saya lulusan jurusan Arsitektur), di arsitektur kita tidak melulu belajar fisika (IPA) tapi lebih kepada desain, art, bahkan persoalan2 sosial di sekitar kita. Mungkin fisika bangunan hanya sekitar 10% dari mata kuliah yang diajarkan.

Yang lebih penting, saya katakan padanya, lebih baik mengikuti kata hati daripada hasil diatas kertas. Betul kan?

Pada awalnya, dia sangat bersemangat untuk memasuki jurusan arsitektur. Tetapi, "gara-gara" hasil psikotest tersebut dia menjadi gamang dan tidak yakin apakah dia bisa lolos masuk jurusan tersebut. Saya khawatir, hal ini justru akan mengganggu konsentrasinya dalam belajar.

Pertanyaan saya, adalah:
1. Apakah hasil psikotest tersebut bisa diandalkan, dalam arti memang apakah sebenarnya adik saya lebih cocok masuk ke jurusan HI?
2. Apakah diantara teman2 ada yang mengetahui tentang besar kemungkinan siswa jurusan IPS bisa lolos masuk ke jurusan IPA (arsitektur, misalnya)?
3. Apakah diantara teman2 ada yang mengetahui "trik" belajar bagi siswa IPS untuk bisa lolos di jurusan IPA? (misalnya, lebih banyak belajar tentang chapter A, dan tinggalkan chapter B, dll)

Mohon pencerahannya ya,
Terima kasih!


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: