Kamis, 07 Februari 2008

[psikologi_transformatif] Re: Dear Bally Again :D (keabisan ide nih buat judul :D)

Kekekekeke...kayanya kalo masalah Tuhan mang kompleks, tergantung si
pribadi melihatnya seperti apa. Aku setuju bgt budaya mang terkait bgt
dengan apa yg ujung2nya disebut agama kekekekeke....
Kalo aku sendiri (mungkin) karena terlahir dalam budaya yang gado2
bikin aku jadi realistis dan maklum terhadap kefanatikan seseorang.
Toh itu hak org masing2 yak kekekekeke...
Kayanya kita mulai sedikit sejalan kekekeke tentang biaya pembelajaran
yang mahal wakakakakaka....aku pingin sekolah lagi aja susah ga
kesampaian mulu hiks...**sedih mode on
Tragedi buah apel ?? wadooo...aku ga doyan apel om kekekekeke...
Ga ada hubungan nya ma tragedi buah apel, mungkin kalo dalam alkitab
disebut uhm..10 perintah Allah, lalu dalam kitab Budha Tripitaka
disebut Pancasila, and dalam Islam ada yg disebut rukun islam, hadis
nabi n msh bnyk lagi, kalo dalam Hindu aku ga tau kekekekeke...ga
pernah belajar agama hindu soalnya kekekekeke....
Kalo aku sendiri lebih mengarah pada hubungan sebab akibat, hubungan
timbal balik...dimana perbuatan seseorang "pasti" terkait dengan
perbuatan sebelumnya dan sesudahnya.
Tuhan yang seperti apa yang melarang ciptaannya belajar ? kekekeke...
pertanyaannya : Tuhan yang mana nih ? kekekeke...becanda om...
Aku rasa sih bukan larangan, tapi peringatan.
Begitu juga Tuhan menurutku, karena kaitan dengan hubungan sebab
akibat, saat manusia melakukan sesuatu buruk atau mungkin jahat yang
udah diperingatkan lantas terjadi deh hal2 buruk atau mungkin musibah
dll, yang pada akhirnya oleh sebagian (besar) orang dianggap
hukuman...padahal kan itu adalah "buah perbuatan" orang itu sendiri,
bener ga ? kok malah dibilang hukuman kekekekeke....tanpa mau
menyadari hukuman itu dia bikin sendiri kekekekeke....sampe ada yang
bilang Tuhan itu pemarah dan pencemburu kekekekekekeke **nyindir mode
one....wakakakakakaka :D
Nah kalo kita pikir secara simple aja, seandainya kita Baik apa untung
dan ruginya buat Tuhan ? dan kalo kita Jahat apa untung dan ruginya
buat Tuhan ? lha kita kok yang tersiksa kalo jahat kekekekekke...dan
kita juga yang enak kalo kita baik, tul ga ?
Tapi kok Sang Pencipta mau memberitahukan hal2 yang bisa membuat kita
tersiksa dan menderita ? Apa itu namanya bukan baik dan bijaksana juga
penyayang ? kekekekeke....

Salam Kasih
Selly
--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "bally_s9"
<bally_s9@...> wrote:
>
> Agamaku masih sama dari dulu sampe sekarang, mungkin hanya 'sosok
> Tuhan'nya aja yang berubah....kq...kq...kq... Entahlah apakah itu
> juga bisa disebut berpaling? tapi buatku itu sah-sah aja, tohk di
> alkitab pun tidak disebutkan bahwa Tuhan itu wujudnya harus begini
> ato begitu... semuanya serba abstrak + samar. Lalu kunamai itu
> sebagai proses yang ujung-ujungnya punya kompleksitas kalo dikaitkan
> dengan budaya.
>
> Aku jadi tertarik dengan penjelasan mbak mengenai, "Tuhan telah
> begitu baik dan bijaksana, dengan memberitahukan apa saja yang jangan
> dilakukan supaya terhindar dari hukuman".
>
> Apakah itu terkait dengan cerita tragedi Buah Pengetahuan Baik dan
> Jahat? Jika iya, pertanyaan nya cuma satu, apa yang salah ketika
> manusia ingin belajar berpengetahuan? bukankah seorang anak tidak
> akan tau bahwa jatuh itu sakit sebelum ia jatuh? dan setelah ia tau
> bahwa ternyata jatuh itu sakit dengan demikian ia akan belajar untuk
> engga lari ato loncat2 misalnya. Jadi, Tuhan yang seperti apa yang
> melarang ciptaannya untuk berpengetahuan? ato jangan2 lantaran biaya
> pengetahuan mahal seperti sekarang ini?
>
>
>
>
>
>
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Selly"
> <nira.selly@> wrote:
> >
> > Aku yakin tidak ada emosi dalam Keagungan Sang Pencipta.
> > Tuhan tidaklah pemarah dan pencemburu, Tuhan Maha Pengasih dan Maha
> > Pemaaf. Hukuman bukan lah emosi dari Tuhan, tetapi buah perbuatan
> dari
> > manusia itu sendiri. Ujian juga bukan hukuman dari Tuhan karena
> emosi,
> > tetapi jalan agar manusia tersebut lebih kuat dan sabar menjalani
> > hidup di dunia.
> > Bukankah Tuhan telah begitu baik dan bijaksana, dengan
> memberitahukan
> > apa saja yang jangan dilakukan supaya terhindar dari hukuman itu ?
> > Dan bukankah telah banyak juga kita dengar bahwa Tuhan masih menjaga
> > kita dan membimbing manusia walau sudah membandel dan menentang Nya.
> >
> > Btw kalau "Berpaling dariNya" ini apakah maksud nya pindah Agama ?
> > Atau kah tidak mendengar ajaran Tuhan ? :D kalau ga denger ajaran
> > Tuhan gw da jawab diatas kekekeke....
> > Kalau masalah pindah agama agak sensitif untuk dijawab yah, karena
> > bisa2 ntar topiknya jadi SARA deh :D.
> >
> > Tapi kalau untuk gw pribadi semua agama itu baik. Tidak ada satu
> agama
> > pun yang mengajarkan manusia untuk menjadi jahat.
> >
> > Salam Kasih
> > Selly
> >
> >
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "bally_s9"
> > <bally_s9@> wrote:
> > >
> > > Benarkah tidak ada emosi dalam cinta Sang Khalik?
> > >
> > > Setauku, Tuhan itu pemarah dan pencemburu. Bahkan tak segan-segan
> Ia
> > > menghukum manusia yang berpaling dariNya. Bukankah itu juga emosi?
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Nira.Selly"
> > > <nira.selly@> wrote:
> > > >
> > > > Ga salah juga sih, memang cinta itu ada yang berasal dari emosi
> juga
> > > > tapi yang gw pertanyakan adalah cinta seperti apakah yang
> berasal
> > > dari
> > > > emosi ? dan cinta seperti apakah yang gw maksud ? Mungkin lo
> bisa
> > > > sedikit menelaah what kind of love yg gw maksud. Apakah cinta
> Sang
> > > > Pencipta pada Kita juga terbuat dari emosi ? Gw yakin tidak ada
> > > emosi
> > > > didalam cinta Sang Khalik kepada Umatnya.
> > > > Dan gw juga setuju bahwa emosi itu manusiawi, dan selama tidak
> > > > berlebihan itu ga masalah. Tetapi permasalahan yang dibahas
> adalah
> > > > bagaimana seorang manusia mencapai tahap MULIA...
> > > > Banyak cara yang ditempuh seorang manusia utk mencapai MULIA,
> contoh
> > > > secara religi...dalam agama khatolik ada yg menjadi pastur atau
> > > > suster, mereka menjauhi kehidupan duniawi utk mengendalikan
> emosi
> > > dan
> > > > ego...hanya cinta dan pengabdian kepada sesama dan TUHAN,
> begitu
> > > juga
> > > > dengan Bikhu dari agama Budha...
> > > > Mungkin lo bisa dapat sedikit bayangan what kind of love yg gw
> > > maksud.
> > > >
> > > > Salam Kasih
> > > > Selly
> > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "bally_s9"
> > > > <bally_s9@> wrote:
> > > > >
> > > > > Lho??? gue koq engga mudeng...
> > > > >
> > > > > Dirimu bilang, "Dalam hidup ini kita dikendalikan oleh Cinta.
> Dan
> > > > > cinta itu sendiri terdiri dari Sayang, Suka, Manja, Sakit
> Hati,
> > > > > Cemburu, Marah, Sedih, Bahagia, Dendam."
> > > > >
> > > > > Sederetan kata yang dirimu sebut sebagai bagian dari cinta
> itu
> > > kan
> > > > > berasal dari emosi???
> > > > >
> > > > > Pokoke buat gue, emosi itu bersifat manusiawi...
> > > > > selama ia tidak berlebihan.
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > >
> > > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Nira.Selly"
> > > > > <nira.selly@> wrote:
> > > > > >
> > > > > > Dear all of u,
> > > > > >
> > > > > > Gw baru join di milist ini but anyway kompatiologi bukan
> hal
> > > baru
> > > > > bagi
> > > > > > gw.
> > > > > > Gw udah belajar ilmu ini sekitar 2 tahun yang lalu, mungkin
> > > saat itu
> > > > > > milist ini belum ada atau bahkan mungkin vincent pun belum
> > > selesai
> > > > > > mengkaji ilmu kompatiologi ini.
> > > > > >
> > > > > > Setelah gw baca sekian kasus, sifat kompatilogi yang
> katanya
> > > > > subjective
> > > > > > tidak tercermin di milist ini.
> > > > > > Seperti opini dibawah gw ini semuanya bersifat monolog,
> satu
> > > arah.
> > > > > > Yang gw pelajari dulu segala hal itu tidak bisa bila
> didasari
> > > > > kebohongan
> > > > > > (bukan berarti gw menuduh salah satu diantara kalian ada yg
> > > > > berbohong,
> > > > > > tidak lho). Kejujuran bisa mendasari kebersihan hati
> seseorang
> > > yang
> > > > > mana
> > > > > > hati itu akan menjadi cermin dan jendela untuk kita bisa
> > > menentukan
> > > > > > sikap dari suatu kejadian.
> > > > > >
> > > > > > Setiap kejadian atau pun musibah yg dialami memiliki link
> dengan
> > > > > > kejadian sebelum atau bahkan sesudah kejadian.
> > > > > > Guru gw selalu menekankan kejujuran dalam setiap
> komunikasi,
> > > > > sehingga
> > > > > > akhirnya bisa timbul yang disebut kepercayaan.
> > > > > > Disini vincent menurut gw masih sangat jauh mencapai taraf
> > > mulia,
> > > > > kenapa
> > > > > > ? Karena setelah gw banyak membaca sekian mail yg ada,
> vincent
> > > masih
> > > > > > dipengaruhi oleh emosi dan sikap kekanak2an.
> > > > > >
> > > > > > Emosi hanya akan menhancurkan jiwa yang baik, emosi hanya
> > > meracuni
> > > > > jalan
> > > > > > hidup kita.
> > > > > > Secara teori mungkin vincent sudah paham benar tentang ilmu
> > > ini,
> > > > > tetapi
> > > > > > belum matang pada penerapannya.
> > > > > > Diatas emosi masih ada ego dan pikiran yang harus kita
> > > kendalikan,
> > > > > yang
> > > > > > mana ego dan pikiran akan mengacu kepada hal yang disebut
> > > > > penghargaan.
> > > > > > Dan akhirnya akan berujung pada ambisi.
> > > > > > Dan vincent menurut saya masih sangat tinggi egonya dan
> pikiran
> > > > > ingin
> > > > > > dihargai juga masih sangat tinggi.
> > > > > >
> > > > > > Kalau kita masih berkutat dengan diri sendiri bagaimana
> kita
> > > bisa
> > > > > > menyatu dengan orang di sekitar ?
> > > > > > Kalau kita masih berkutat dengan manusia bagaimana kita
> bisa
> > > menyatu
> > > > > > dengan alam ?
> > > > > > Pernahkan semua yg membaca milist ini memahami arti
> kata "MAAF"
> > > yang
> > > > > > sesungguhnya ?
> > > > > > Setelah kita mampu memahami alam dan dunia, barulah tahap
> mulia
> > > itu
> > > > > akan
> > > > > > didapat. Dimana tidak lagi ada emosi bermain, tidak ada ego
> yang
> > > > > > berpihak maka pengharapan atas penghargaan pun akan berubah
> > > menjadi
> > > > > > sikap yang tulus.
> > > > > >
> > > > > > Vincent, gw ga bermaksud untuk menghakimi siapa pun dan
> tidak
> > > juga
> > > > > lo
> > > > > > vincent.
> > > > > > Gw pun hingga hari ini masih belajar sama guru gw. Dan
> > > > > sepenglihatan gw,
> > > > > > syukurlah gw sudah sampai pada tahap pengendalian ego dan
> > > pikiran.
> > > > > > Sampai hari ini gw bersyukur mampu menanggalkan emosi dalam
> > > diri,
> > > > > > berusaha bijaksana pada siapa pun disekitar gw.
> > > > > >
> > > > > > Dalam hidup ini kita dikendalikan oleh Cinta. Dan cinta itu
> > > sendiri
> > > > > > terdiri dari Sayang, Suka, Manja, Sakit Hati, Cemburu,
> Marah,
> > > Sedih,
> > > > > > Bahagia, Dendam.
> > > > > > Yang mungkin perlu kita renungkan bersama, bagaimana kita
> mampu
> > > > > > menjalani hidup ini dengan semua bagian dari cinta dengan
> tetap
> > > > > > mengartikannya sebagai cinta ?
> > > > > >
> > > > > > Kawan kawan pernahkan terlintas dalam benak kalian, bahwa
> > > seseorang
> > > > > yg
> > > > > > mampu membaca "sesuatu" harus lah didasari dengan jiwa dan
> hati
> > > yang
> > > > > > bersih ?
> > > > > > Dan kalau kita membahas TUHAN, pernahkah kalian mendengar
> TUHAN
> > > > > > menhakimi umatnya ?
> > > > > > pernahkah TUHAN menyudutkan umatnya ?
> > > > > > dan pernahkah TUHAN mengedepankan KEINGINAN NYA daripada
> > > keperluan
> > > > > kita
> > > > > > ?
> > > > > > pernahkah TUHAN memaki umatnya ?
> > > > > >
> > > > > > Gw rasa ga perlu jawaban dr pertanyaan gw ttg TUHAN, kita
> pasti
> > > bisa
> > > > > > menjawabnya dalam nurani kita sendiri.
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > Salam kasih
> > > > > > Semoga semua mahluk dibumi dapat hidup saling mengasihi.
> > > > > > Selly.
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "gotholoco"
> > > > > > <gotholoco@> wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > Dari membaca tulisan dibalik tulisan, gaya bahasa serta
> isi,
> > > para
> > > > > > > kompatiolog umumnya menjadi orang-orang monolog, dialog
> hanya
> > > > > searah,
> > > > > > > dari dirinya saja yang inginnya didengar. Entah mengapa
> jadi
> > > > > begini.
> > > > > > >
> > > > > > > Baik dari pendiri maupun pengikut-pengikutnya.
> > > > > > >
> > > > > > > Menurut hemat saya, dekontolog itu salah sasaran(dalam
> > > > > ajarannya), ia
> > > > > > > mencari api (panasnya) bukan mencari cahayanya atau
> terangnya.
> > > > > > >
> > > > > > > Boleh jadi lama-lama kalau tidak tertolong bisa
> > > menjadi "killed by
> > > > > > > myself" atau "suicide" bukan "to killed or to be
> killed".
> > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > > > > luluk megister (1/18/2008 12:28:19 PM): Tuhan g mau
> > > dengerin
> > > > > apa2
> > > > > > > > vcl (1/18/2008 12:29:28 PM): kalau nga ada input
> audifax
> > > maka
> > > > > nga
> > > > > > ada
> > > > > > > > perang ini
> > > > > > > > luluk megister (1/18/2008 12:29:35 PM): Tuhan bkn
> jongos
> > > siapa2
> > > > > > > >
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Weight Loss Group

on Yahoo! Groups

Get support and

make friends online.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: