Sabtu, 09 Februari 2008

[psikologi_transformatif] Sebuah Monolog di Akhir Pekan

SEBUAH MONOLOG DI AKHIR PEKAN

Gw juga daydreaming terus nih, hmmm hmmm hmmm...
Bayangin orang yang mukanya gak jelas, yang jelas
rasanya doang, tapi rasanya gak tau dimana; di mata
ketiga, di kedua mata, atau di well,... I dunno, man,
life is like that, hmmm hmmm hmmm...

Ngomong kebanyakan entar gimanah, ngomong kedikitan
ntar gimanah juga. So,... akhirnya jadi gini2 aja,
daydreaming aja. Sampe kapan yaaahhh... hmmm sampe
pulang kampung even though gak jelas juga kampungnya
dimana. N ntar kalo udah pulang kampung maybe dikirim
lagi ke mission impossible kayak ginih, cappe dehh...

Hmmm.. enakan jadi malaikat aja yah, enak karena
teorinya kan malaikat itu sexless. Kalo sexless kan
enak tuh, jadi gak ada yang ngerepotin lagi. Kalo
kayak gini terus cappe dehh, soalnya biarpun gak ada
nyamuk juga bisa kegatelan terus.

Ya udah, loe tidur lagi aja yah, gw juga tidur bangon
nih. Tidur bentar bangon bentar, ntar juga tidur lagi,
hmmm hmmm hmmm... bisa ketemu loe juga maybe kalo gw
tidur. Tapi mukanya itu gak jelas euyy... mukanya
susah dibayangin sih, bisanya dirasain aja. Oh, ini
rasanya begitu, tapi mukanya gak keliatan.

Kalo melek rasanya SAMA PERSIS seperti tidur, ganti
berganti satu episode ke episode lain. Kalo tidur juga
begitu, one episode changes to another. Gak ada
surprise lagi... Gak takut, gak excited, semuanya
biasa2 aja, hmmm hmmm hmmm..

Abis musti bilang apa lagi ? It has come to this,...
jadi LIFE is like that, passing by like shadows. Men
and women are like SHADOWS. Like phantoms, hmmm hmmm
hmmm...

+++

Gw tuh heran orang pengen hidup lama2 di dunia,
ngapain aja sih, kan begini2 aja, makan, tidur, kerja,
sex (kalo ada), terus mati. Mendingan langsung mati
aja deh, hmmm hmmm hmmm...

Mati juga gak bener2 mati, cuma mati boong2an doang,
kesadarannya juga tetap ada. Dan itu lebih ok karena
bukan di fisik, kalo gak pake fisik kan bisa terbang2,
bisa jalan2 kemana-mana WITHOUT harus beli tiket
pesawat, WITHOUT perlu bawa credit card, hmmm hmmm
hmmm... So, ngapain lama2 disini yah, cappe
dehh !!

Tapi gw lagi DISETRAP gak boleh pulang, musti kelarin
dulu MISSION IMPOSSIBLE. Huh... sampe kapan yah, this
mission impossible, hmmm hmmm hmmm... gak tau
ujung2nya apaan. Kalo ujung2nya dead kan mendingan
langsung dead aja yah, hmmm hmmm hmmm...

Bangon tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok
gigi. Loe udah mandi dan gosok gigi belom ? Kalo gw
emang belom, hmmm hmmm hmmm... Ngapain mandi dan gosok
gigi, ntar juga kotor lagi kan, hmmm hmmm hmmm...

Tangan gw jalan sendiri nih, pegangin dunk supaya diem
aja, hmmm hmmm hmmm.. Hus hus, tangan GAK BOLEH jalan
sendiri, nanti bisa bahaya. Oops... ternyata tangannya
jalan terus, blah blah blah, katanya. Aku mau
menari-nari di atas tuts keyboard katanya. Aku mau
menari POCO2 seperti SBY kata jari2 tangan gw. Jari2
tangan gw mao protes ke Megawati, plisss gw juga bisa
nari poco2 kata jari2 tangan gw, memangnya SBY aja
yang bisa kayak gitu, hmmm hmmm hmmm...

Kok gw jadi nge-blank, ada yang masuk nih, gw kesambet
kayaknya, hmmm hmmm hmmm... Kesambet
JIN Tarot Rider-Waite kali, hmmm hmmm hmmm...

Pertanyaan pertama: Apa yang saya inginkan dalam hidup
ini ? Jawaban: Tidak ingin apa2.

What for what ? Apa yang untuk apa ? Please be
spesific. Pertanyaan umum jawabannya umum, pertanyaan
khusus jawabannya BISA khusus pula, cieile, hmmm hmmm
hmmm...

Untuk apa ? Ya mana gw tau. Tangan gw kan JALAN
SENDIRI. Sama kayak SBY, jari2 tangan gw tuh suka nari
POCO2, hmmm hmmm hmmm...

Maju dua langkah, mundur dua langkah. Maju kena,
mundur juga kena,... hmmm hmmm hmmm...

Double meanings, double meanings, that's my specialty,
kata jari2 tangan gw sambil pasang action serious,
hmmm hmmm hmmm...

+++

Hari ini saya mengirimkan tulisan berjudul "Antara
Berbagi Tuhan dan Berbagi Pacar". Kalau ditanya
mengapa saya memberi judul seperti itu, jawab saya,
well, gak tau deh, munculnya begitu saja di kepala
saya. Kedengarannya enak dibaca dan agak sexy juga.

Tuhan itu kan KEKASIH. Pacar itu juga "kekasih". Yang
satu itu (the Tuhan) adanya di dalam kepala doang.
Yang kedua (the Pacar) adanya di, hmmm hmmm hmmm...
mana yah ? Actually I have NO EXPERIENCE with the
second one. Cuma sok tau aja, supaya orang2 pada baca.

Pok ami2, belalang kupu2... Itu ada si Ani, orang
bilang dia itu kupu2. Kupu2 alias perki. Pekcun
whatever. Tapi gw bilang sih just a human being,
biasa2 aja. Not better or worse than me. Malah maybe
gw yang LEBIH BEJAT daripada dia, hmmm hmmm hmmm...

Dia itu kan VERY HONEST. Gw kan muna2 dari ujung
rambut SAMPE ujung kaki. Luar dalem en lahir batin.
Muna abis, hmmm hmmm hmmm...

So,... the person is actually quite mengagumkan juga.
Gw sendiri gak bisa kayak begitu. Enak yah, jadi
jablay terus NGAKU ke semua orang kalo dia itu jablay.
Gw ? Kalo gw jadi jablay,... gw rasa gak bakal berani
ngaku begitu kayak dia. So, she is herself. Udah JADI
DIRI SENDIRI.

Yayaya... muna2. Kalo gw gak muna2, ntar orang2 pada
KAGET2. Kalo kaget2, ntar ada yang jantungan bisa mati
berdiri juga, hmmm hmmm hmmm..

Udah ah, tangan gw ini nakal sekali yah.

+++

Waktu gw masih kecil, masih banyak juga tuh yang maen
layangan di Jakarta. Sekarang udah gak ada. Gw orang
jaman dulu nih. Reinkarnasi dari jaman Mesir Kuno,
hmmm hmmm hmmm... Capek juga yah kalo musti
reinkarnasi again and again.

Gw GAK BISA maen layangan. Dari jaman dulu gw itu gak
bisa maen layangan en naek motor. Eh, maen gundu juga
gak bisa. Gak bisa maen layangan, gak bisa maen gundu,
dan gak bisa naek motor. Gw gak bisa gundu, gundunya
LICIN, meleset terus dari tangan gw. Tangan gw GAK
BISA megang yang licin2, hmmm hmmm hmmm...

Gak tau tuh alesan benernya kenapa gak bisa maen
gundu,... gak bakat permainan COWOK kali tuh. Gundu
kan maenan cowok, layangan juga. Gw gak bisa dan gak
suka maenan cowok, cappe dehh !! Gak tau maenan apaan
yang gw suka nih, pedahal di kehidupan sekarang
kan gw udah BUKAN cewek lagi.

Gw juga kenal tuh fashion designers yang gimana
gituh... gak napsuin deh. Daripada maen sama bences,
mendingan maen sama cewek. Tapi ini OFF THE RECORD
yah, gw kan musti jaim nih, gak boleh ngomong/nulis
yang SARA en gimanah gituh. Kalo nyebut 'bences' kan
artinya "sara" juga tuh... gak boleh tuh, dosa, hmmm
hmmm hmmm...

Yang MACHO2 juga nyebelin. Seyyeeeeemmmm.... Lari aja
ah, mendingan semedhi aja ah, aummm aummm aummm...

Loe be careful yah, di AS itu bences-nya macho2. Di
Europe juga gitu. Gw pernah di AS disamperin sama yang
macho kayak begitu, takut. Gw suka sama yang biasa2
aja, hmmm hmmm hmmm... Kalo biasa2 aja, gak apa2, gak
nyeremin. Gw kan penakut nih.

Well, gw gak tau situasinya seperti apa sekarang di
Indonesia. I'm not that close anymore dengan mereka.
Gw pernah kenal ini dan itu, tapi yah semuanya itu
seperti PASSING SHADOWS aja... Datang dan pergi begitu
saja. Ketemu sebentar dan gak ketemu lagi. Maybe ada
gak ok-nya, tapi namanya manusia memang gak ada yang
perfect. Nobody's perfect.

+++

Hmmm hmmm hmmm... kalo lagi di Bali please try melukat
(ritual mandi air suci) di Tirta Empul, Tampak Siring.
Very refreshing. Itu mata air yang paling SUCI buat
orang Bali. Kita bisa mandi disana juga. Ada Istana
Tampak Siring,... dan Tirta Empul itu PERSIS di bawah
Istana Tampak Siring.

Well, mereka percaya itu BISA membantu proses
pembersihan diri. Belief System mereka seperti itu.
So,.. ada orang yang lakonnya itu mandi di Tirta
Empul hampir tiap hari. GW dulu ke Tirta Empul, terus
ke Pura Besakih.

MUSYRIK asli,... pake sarung ala Bali dan sembahyang
di Pura Besakih, hmmm hmmm hmmm... Musyrik dan
Syirik,,, hmmm hmmm hmmm...

Keluarga gw GAK tau. Gw diem2 aja sampe sekarang kalo
gw udah kemana-mana. My family doesn't know. Nyokap gw
kalo tau bisa mencak2. So, I'm a DIFFERENT PERSON di
rumah. Di luar rumah another different person. Itu
yang gw bilang MUNA2. Gw ini banyak munanya.

For some circle of friends, I am A. For another circle
of friends, I am B. For you, I am C. And these are NOT
the same. Gw ini bunglon abiesz...

Abis gimana yah, maybe perannya musti seperti itu. Ada
temen gw di Jepara, dia itu kesel karena dia bisa liat
di conversations2 itu gw berubah-ubah. Seperti
kompromi sama orang2. Well... memang kompromi. Kalo
orang baru sampe A, masa gw musti bilang gw udah sampe
Z. So,... kalo orang baru sampe A, paling gw bilang gw
baru sampe B (dengan buntut yang masih nempel di A).
Always like that. Itu ILMU BUNGLON.

Mungkin itu disebut sebagai Metode Konseling juga.
Psikolog kan biasanya bilang: Saya mengerti
perasaanmu, something like that. Dan gw LEBIH dari
psikolog. Gw bilang GW JUGA seperti itu. Pedahal,
benernya nggak gitu. Pedahal gw itu HAMPIR gak ada
haramnya. Tapi kalo orang yang gw ajak bicara punya
batas haram di titik itu, ya gw ikutin aja, hmmm hmmm
hmmm...

Metode konseling aja, yah MUNA2 lah. Because only in
that way can we help other people. Kalo gak kayak
bunglon, susah untuk help other people. It's my
method. Ya, beda2... tiap orang beda2. Karena gw
langsung ngadepin banyak orang at personal level,
makanya RANGE ke-bunglonan gw besar banget. Bisa dari
ekstrim satu ke ekstrim satunya lagi.

For the sake of helping other people musti gitu
caranya. That's REAL empathy. Jadi gak asal nabrak
orang. Malah, if possible, gak usah pake nabrak
but ... gimana gituh.

Being a chameleon is fine, anybody IS a chamelon.
Karma karma karma chameleon... kata si Boy George. I'm
a man without conviction... blah blah blah...

+++

I'm really glad to see you happier. Udah gak ngomong
tentang alam barzakh lagi. Enakan disana yah, gw juga
mao cepet2 kesana aja nih. It's better there actually.

Kalo ternyata dosa gak diitung, kan kita bisa merasa
rugi juga tuh pas sampe di Alam Barzakh. Well, gak
gitulah. Dosa is our own MEASURE di dunia ini. Yang
kita anggap dosa, ya itulah dosa. Tapi gw sendiri udah
gak mikir pake gituan lagi. Apa adanya aja.

Kalo soal the other world, gw bisa LEBIH FREE...
memang bener2 udah gak pake ngitung2 amal ibadah lagi.
I believe that.

Yang ribet itu karena MASIH di dunia, jadi walopun
maonya itu ke kanan, tapi musti kompromi dan ngomong
ke kiri. Pedahal kalo mao jujur, mustinya bilang ke
kanan. Itu yang bikin capek in this world.

Well, anything done NOT in faith is dosa. Kalo loe
melakukan sesuatu TIDAK dengan iman, itu dosa. Well,
kalo kita melakukan sesuatu TIDAK dengan iman, ya akan
kena "penghakiman". Jadi, di dunia sana seperti ada
macam2 lapisan juga. Ketika orang baru meninggal,
muncul simbol2 yang dekat dengan kehidupan ini. Terus,
kalo orangnya itu banyak "dosa", akan ada semacam
"penghakiman" juga.

Tetapi itu kan semacam RUANG KELAS juga. Setelah
orangnya sadar bahwa semuanya di ALAM PIKIRAN dia
sendiri, ya udah. Berarti udah selesai, things like
that.

Terus, Roh kita itu mau kemana. Apakah mau pergi ke
Dimensi Lebih Tinggi, mau tetap sementara di Alam
Antara itu, atau... mau BALIK LAGI ke dunia ini. Ya,
ada semacam itu juga. Makanya harus Ikhlas dan Pasrah.
Kalo kita bisa completely Ikhlas dan Pasrah,... kita
BISA LEWAT Shirataal Mustakim itu. Ikhlas dan Pasrah
EVEN tanpa mengandalkan Amal dan Ibadah. Kalo masih
mau bawa Amal dan Ibadah berarti BELUM ikhlas dan
pasrah. Kalo kita hitung Amal dan Ibadah, berarti Dosa
kita juga dihitung. Kalo kita gak ngitung amal dan
ibadah, completely ikhlas dan pasrah, maka bisa lewat.
Itulah.

Orang2 itu kan korupsi jalan terus DAN amal / ibadah
itu jalan terus. Perhitungannya, maybe somewhat
somehow bisa gimana gituh sehingga akhirnya NYELIP
juga masuk sorga. That's nonsense. Itu cara pikir
manusia. Emangnya Tuhan bisa dikibulin? Emangnya Tuhan
akuntan? Orang2 pikir Tuhan itu kayak akuntan
aja, ngitungin dosa dan amal / ibadah orang.

So, mestinya kita berbuat baik karena kita mau berbuat
baik. Bahkan itu tidak kita sebut baik atau tidak
baik. Just be yourself. Orang lain bilang baik atau
tidak, just be yourself. Ikhlas dan Pasrah aja.

Ikhlas dan Pasrah artinya ikhtiar jalan terus tapi
pasrah aja, apapun yang terjadi, terjadilah. Gak
dipikirin. Berarti gak ngarepin ini dan itu. Melakukan
apa yang dirasa harus dilakukan. Just that. Apa adanya
saja, menjadi diri sendiri saja.

Dan kalo gw mao konsekwen dengan itu, berarti gw juga
musti LEPASIN segala yang gw mao. Berat euyyy...

Well, gw MENJADI DIRI SENDIRI for myself. Gw menjadi
BUNGLON for the sake of other people. Kalo gw jadi
diri sendiri dan itu ternyata TIDAK MEMBANTU orang,
mendingan gw jadi BUNGLON dan membantu orang.

Gw sama loe juga jadi bunglon nih... Warnanya UNGU
nih. Bunglon ungu itu cute juga yah, hmmm
hmmm hmmm... Purple Chameleon, that's me, for you...

+++

Too much spirituality is boring. Too much religion is
also boring. Too much FUN is also boring. Oh my, I
have done that all. Terlalu banyak fun, even yang
gimana gituh, itu juga membosankan. So,... life is
like that. Jadi memang mustinya itu balanced aja.
Seimbang aja. Mau jadi orang yang terlalu baik is
boring, definitely. Mao jadi orang yang gak baik is
the same also. Thus, bener yang dibilang sama Solomon
itu, enakan di tengah2 aja. Gak usah terlalu taat, dan
gak usah terlalu urakan.

Everything should be balanced, seimbang aja. Berarti,
bener dong apa yang dilakukan oleh most people itu
yah, yang NONETHELESS berusaha menyeimbangkan Dunia
dan Akhirat. Dunia jalan terus WHILE at the same time,
menabung buat akhirat juga jalan terus. Itu JALAN
TENGAH. Any extreme is hurting.

Semua yang ekstrim2 itu menyakitkan. Yang sakit ya
diri sendiri. I know people who have the so called
"principles",... dan itu membikin mereka
susah menyesuaikan diri. Seperti orang "aneh" di
lingkungannya sendiri. So, whether the principle is
"right" or "wrong" is NOT the matter, actually.

It's BELIEF SYSTEM only. What for some people is
"right" doesn't mean that it is so for everybody.

VALUES are RELATIVE. Relatiflah,... semuanya itu kan
ditentukan oleh orangnya sendiri. Dia bisa percaya itu
benar, and that's his or her own RIGHT to say and
practice so. Tetapi gak berarti harus berlaku untuk
semua orang lain. Nah, akhirnya segalanya itu
berbenturan kan. Gak ada VALUES (NORMS) itu yang bisa
dipegang. Yang namanya NORMS (norma2) itu berubah
juga, dan tergantung orangnya mau pegang yang mana.

Bisa ngotot dan konsekwen. Bisa lukewarms. Bisa masa
bodoh. Dan itu hak orang masing2. It's THEIR lives,
anyway. Akhirnya kita itu GAK bisa judge bahwa ini
baik atau itu buruk. Segalanya itu relatif. Dan gak
ada satupun yang bisa jadi pegangan di dunia ini
kecuali HUKUM (The Law).

Dan yang namanya LAW itu kan juga KONSENSUS dari the
Political Unit. Konsensus is THE LAW, ada civic law
(hukum perdata); and ada juga penal law (hukum pidana)
untuk mengatur yang lebih luas. Just that. Abis apa
lagi, hmmm hmmm hmmm...

So,... akhirnya akan tersisa begitu banyak PRIVATE
DOMAINS (ruang lingkup pribadi) yang mencakup
religions, life styles (oh, yes),... blah blah blah...
yang UP TO THE PERSON to have it. Selama gak
bertentangan dengan THE LAW, ya ok2 aja...

Nah, the problem is, the LAW itu kan bergerak terus.
Selalu dimodifikasi. Apa yang dianggap tabu di masa
lalu sekarang ternyata biasa2 saja. Selalu di
modifikasi. Something like that... It's very normal.

Tapi jalan menuju, even, sampai bisa memperoleh suatu
SYSTEM yang berjalan lancar seperti itu kan gak
gampang. Banyak jatuh bangunnya juga. Itu politik,
kemasyarakatan, dan semuanya tumplek blek disitu,
gontok2an. Biar aja, memang jalannya seperti itu. It's
the way THE WORLD works, dimana-mana begitu cara
kerjanya. Selalu gontok2an, selalu fight sampai yang
lebih oke tercapai. Udah gitu fight lagi, on and on.

Ada thesis, ada antithesis, sampai akhirnya muncul
sinthesis yang baru. The new synthesis is also the new
thesis yang akan memunculkan another antithesis.
Begitu seterusnya, gak ada akhirnya. --- Well,
benernya semuanya seperti itu. Di religions juga
seperti itu cara kerjanya, di traditions juga seperti
itu. Even di PERSONAL LIVES juga seperti itu cara
kerjanya. Kita mulai dengan satu KONSEP (biasanya
ketika mulai sadar in our teens),... lalu konsep itu
dipakai. Ternyata cuma bisa jalan setengah. Lalu
banting setir, coba lagi another konsep. Jalan
sebentar lalu mandeg. Coba lagi, dan coba lagi. Always
like that. Life is like that... cappe kaaaannnn ???

So, what's the PURPOSE of all these ? Cosmic drama ?
Pembelajaran jiwa ? Ahhh.... semuanya is tiring, bikin
cappe, dan boring juga. Then, kalo udah boring dengan
semuanya, so what ? Mao apa lagi ? ... That's the
question kan ?

Ada yang lari ke HEDONISM (hura2 doang),... ada juga
yang lari ke SPIRITUALISM (spirit2 doang). Sama aja,
cappe dehh !!

So, akhirnya kita akan sampai ke kesimpulan seperti
yang dicapai oleh Solomon, King of Israel, son of
David... yang bilang THERE IS NOTHING NEW UNDER THE
SUN. Apa yang ada, sudah pernah ada. Apa yang akan
kejadian, sudah pernah kejadian juga sebelumnya.
Nothing is new under the sun. DAN apapun yang
dilakukan oleh manusia itu cuma CHASING THE WIND.
Mengejar angin saja... Mengejar angin ? ... Well,
that's exactly the words recorded.

Itu toh yang diucapkan oleh Nabi Sulaiman dan dicatat
di Kitab Suci. Mengejar angin which means GAK ADA
GUNANYA. Useless semuanya useless.

Terus Sulaiman terpojok sendiri oleh pemikirannya
(walaupun konon dia itu orang yang paling bijaksana se
dunia di jamannya). Akhirnya Sulaiman bilang: Just
Enjoy Yourself. Enjoy aja... jalanin aja.

Gak usah ngotot dan ngoyo, biasa2 aja, enjoy aja. Just
that. Be yourself, artinya GAK MEMAKSAKAN DIRI untuk
jadi ini atau itu. Biasa2 aja deh, enjoy aja deh, hmmm
hmmm hmmm...

+++++++++++++

[Leo seorang praktisi Psikologi Transpersonal dan bisa
dihubungi di no HP: 0818-183-615. Untuk bergabung
dengan Milis Spiritual-Indonesia, please click:
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia/join>.
NOTE: Except mine, all names used in the YM / email
conversations are PSEUDONYMS.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Instant hello

Chat over IM with

group members.

All-Bran

Day 10 Club

on Yahoo! Groups

Feel better with fiber.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: