Sabtu, 09 Februari 2008

Re: [beasiswa] [Butuh Info] pengaruh referensi terhadap peluang mendapat beasiswa

Halo Tryana,
Setau saya referensi itu bisa merupakan syarat dari pemberi beasiswa tetapi kadang juga ada beasiswa tertentu yang tidak mensyaratkan tetapi merupakan nilai plus buat aplikasi beasiswa kita. Saya dulu apply ADS, waktu saya apply tidak ada keterangan untk master harus ada referensi, tetapi untuk phd atau s3 refrensi itu wajib.
Anyway, saya tetap melampirkan referensi dari dosen skripsi saya waktu s1. Saya pikir itu juga bisa menambah nilai plus di mata interviewer nantinya. Saya juga dulu tidak bisa mendapat referensi dari tempat saya bekerja, apalagi saya dari LSM dan belum sampai setaun saya bekerja.
Dan biasanya, referensi digunakan oleh penilai untuk meyakinkan kalo si calon penerima beasiswa mampu menyelesaikan study tepat pada waktunya. Bahkan setau saya juga referensi itu bisa dari dosen mata kuliah (misalnya kita pernah ikut kuliah dia trus dia mengetahui betul kemampuan kita di kelas).
Terus balik lagi ke pertanyaan ke sejauh mana refrensi berpengaruh terhadap applikasi kita, ya bisa jadi refrensi kita kadang yang menentukan applikasi kita lebih bernilai plus daripada orang lain. Karena umumnya kalo di antara sekian pelamar memiliki kualifikasi yang setara nah refrensi nya itu yang dapat membantu melebihkan kualifikasi kita.
Dan biasanya background yang ngasih refrensi juga ikut menentukan. Misalnya jika yang pemberi refrensi itu gelarnya phd tentu itu juga lebih Qualified dibanding yang master. Juga jika yang pemberi refrensi ternyata ada hubungannya dengan institusi pemberi beasiswa (misalnya dia alumni penerima ADS dan anda ingin melamar ADS atau jika anda pengen kuliah di Unimelb dan pemberi refrensi itu alumni Unimelb), itu juga bisa merupakan nilai tambah tersendiri.
Begitu, sepengetahuan saya berdasar pengalaman pribadi. Selamat berjuang.
Enok
Master of Accounting
University of Melbourne


---------------------------------
Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: