Rabu, 22 Agustus 2007

[beasiswa] Re: [Butuh Info] Tanya2 ttg ADS 2008"

Dear Komalia,
Saya mau urun rembug nih..Tapi mungkin tidak semua pertanyaan Komalia kali ya..Yang saya bisa aja.
1. Mengenai rangking universitas di OZ saya kurang paham. Saya sependapat dengan beberapa teman yang mengatakan bahwa satu uni mungkin paling bagus di satu jurusan belum tentu bagus di jurusan yang Komalia mau ambil. Kalau Komalia nanya ranking uni because you want to go there, saya sarankan lebih baik Komalia browsing jurusan commerce aja dari bbrp uni yang kerja sama dengan ADS (setahu saya ADS sudah py daftar uni itu yang tertera di application form nya). Browsing aja mata kuliah yang ditawarkan tiap uni untuk jurusan itu. Biasanya itu yang menjadi pedoman. karena mata kuliah yang di tawarkan di jurusan itu sesuai dengan kebutuhan mbak dan keinginan mbak serta disiplin ilmu sebelumnya (mslnya aja). Jadi ntar ketika wwcr, Komalia sudah py alasan specific mengapa milih jurusan itu, di uni itu.

Bbrp teman memilih uni karena berbagai pertimbangan. Misalnya karena durasi kulian yang dua tahun, biaya hidup rendah, gampang cari kerjaan, karena sudah banyak teman indo, dan lain sebagainya. Tapi jarang sekali yang alasannya karena uni tsb masuk 100 besar (walopun mungkin ada)

3. Kalo anda memilih jurusan dengan apply ADS, biasanya yang penting anda diterima ADS nya dulu. Nah ntar kan ketahuan berapa itu IELTS (kalo ke OZ bukan pake TOEFL) nya dan berapa lama anda ikut pre-departure program. Kalau lewat STUNED misalnya, memang anda harus diterima dulu oleh uni nya baru bisa apply scholarship. Australian scholarship agak beda. Jadi, yang penting menurut saya, mbak Komalia konsentrasi ke pengisian application form dulu aja sebelum memilih uni mana dan ranking berapa. Ntar kalo dapet panggilan wwcr, baru deh dipikirin lagi.

4. Yang memilih uni itu BIASANYA kita sendiri. Kita pun juga bisa merubah pilihan kita. Biasanya kalo sudah pasti kita sbg awardee-nya, kita diminta mengajukan 3 uni beserta jurusannya pilihan berddasarkan prioritas kita. ADS ntar yang meng-apply ke uni untuk kita. Tinggal nanti IELTS kita masuk nggak. Kalo enggak ya berari pilihan ke 2 dan seterusnya.

5. Biasanya memang begitu. Pemberangkatan dimulai intake semester 1 (bulan januari). Kalo misal pre-departure program nya cuma 6 minggu (biasanya bln November sampe mid december), Januari sudah harus berangkat. Tapi kalo semuanya bisa berangkat Kalo programnya HANYA ditawarkan semester 2 (bln Juli), biasanya akan diarahkan oleh ADS, apakah mbak harus memilih jurusan dan uni lain ato boleh ikut intake Juli. Dan ini kasuistik ya..gak bisa di generalisasi. Tapi kalo jurusan itu ditawarkan sepanjang tahun sih dan anda juga tdk ada masalah pribadi, ADS, I think, can't see the reason why you should postpone your departure.

6. Kasus teman anda itu tergantung, siapa yang mewawancarai, gimana teman anda mempresentasikannya dan gimana keadaan karir teman anda waktu itu. Jadi, no body can guarantee whether ADS will accept her/his explanation. Dan alasan itu is not the only reason why someone won the scholarship.

7. Thesis itu bisa diambil major ato minor. Major thesis biasanya takes up 50% of the overall units (SKS istilah kita) a student has to take. Sedang kan minor thesis biasanya ya..sebagian kecil aja. 12, 18 , 24 unit depending on the uni. Mau gak nulis tesis juga boleh. Itu yang disebut full course work. Tapi mbak Komalia harus lihat bener2 uni mana yang menawarkan fullcoursework karena not all universities offer full coursework.

8. Tips nya..ya..PD aja kali ya....

Good luck mbak Komalia,

Cheers,
Jackie



---------------------------------
Choose the right car based on your needs. Check out Yahoo! Autos new Car Finder tool.

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: