Kamis, 09 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] Fwd: Re: Activating Evolution

And this one, too (Leo).

--- In Komunikasi_Empati@yahoogroups.com, leonardo rimba
<leonardo_rimba@...> wrote:

Dear Bang Arma,

You were correct. Buku kedua itu, yang ditulis oleh
Jane Roberts itu, judulnya memang:
"The Nature of Personal Reality".

That's my bible! That's my bible! Aku belajar Bahasa
Inggris pake buku itu yang aku beli waktu aku baru
saja masuk semester satu di FISIP UI. Gak tau udah
berapa puluh kali buku itu aku baca sampe sekarang.
Dan masih aku baca juga, selain buku2 lain karya Jane
Roberts like:

"The Nature of the Psyche"
"The Unknown Reality" (Book 1 and Book 2)
"Seth Speaks"
"The Seth Material".

Sampai sekarang, I feel a certain vibrational
connection with Jane Roberts. Begitu juga dengan Oom
Wiliam James itu. Bukunya "Varieties of Religious
Experience" udah sampe protolan aku bacain puluhan
kali sejak jaman masih kuliah. Kalo buku Watchman Nee
itu, belinya waktu aku kuliah di PennState, AS.
Ceritanya waktu itu aku dapet voucher $ 25 dari credit
card Citibank. Aku beliin buku itu aja. Luar biasa
sekali: Universalitas disguised as christianity. Di
Jakarta, kayaknya buku itu bisa dibeli/dipesan di TB
Immanuel, Jl. Proklamasi.

Terakhir yang aku recommend, buku Carl Gustav Jung
yang berjudul Man and His Symbols itu, buat aku,
seperti semacam lucu2an aja. Very cute. I love it
karena banyak gambar2nya yang emang lucu.

Geetuh aja dulu yah.

Yours,
Leo

Note: forwarded message attached.

Send instant messages to your online friends
http://uk.messenger.yahoo.com
Salam buat mas Leo dan mas Vincent

Terima kasih mas Leo yang sudah kasih saya referensi
empat buku

1. William James "Varieties of Religious Experience";

2. Jane Roberts "The Nature of Personal Experience";

3. Watchman Nee "The Spiritual Man";

4. Carl Gustav Jung "Man and His Symbol" ;

Kebetulan saya punya buku 1 dan 4. Sedangkan yang ke 3
saya nggak punya, tapi untung ada internet dan saya
bisa mencarinya di sana. Sekarang saya punya buku ke 3
itu. Buku kedua yang saya punya adalah "The Nature of
Personal Reality" bukan "The Nature of Personal
Experience". Dan kebetulan saya punya beberapa buku
Jane Roberts yang lain. Saya tertarik pada buku itu
karena saya lagi di Tucson sana beli buku "Seth Speak"
sesudah itu hampir setiap buku Jane Roberts di toko
buku di Bandung saya sabet. Saya juga penggenmar James
dan Jung, karena itu hal yang sama saya lakukan untuk
buku-buku mereka. Menurut saya Roberts mensintesakan
model-model dalam buku 1 dan buku 4 dalam suatu model
yang sama sekali baru yang melibatkan fisika ke
dalamnya. Namun yang menarik adalah model Watchman Nee
dalam buku "The Spiritual Man" yang menurut saya
memang universal.

INTEGRALITAS VERTIKAL

Soalnya, setelah membaca Watchman Nee "The Spiritual
Man" saya jadi ingat model prisma individu manusia
yang saya temukan pada tahun 80-an. Lalu saya coba
memprismakan model Nee dan meletakkannya secara
sejajar

MODEL INTEGRALIS MODEL
KRISTIANI NEE

islam
conscience
^ ^
/|\ /|\
/ | \ / | \
/NILAI\
SPIRIT\
/ | \ / |
\
/ | \ / |
\
iman+-----------+ihsan
intuition+-----------+communion
| moralita | | will
|
| ^ | | ^
|
| /|\ | | /|\
|
| / | \ | | / | \
|
| /INFOR- | | /
SOUL\ |
| / MASI \ | | / |
\ |
|/ | \| |/ |
\|
intelektualita+-----------+sensibilita
mind+-----------+emotion
| fisikalita| | |
|
| ^ | | ^
|
| /|\ | | /|\
|
| / | \ | | / | \
|
| / | \ | | /
LIFE\ |
| / ENERGI\ | | / |
\ |
|/ | \| |/ |
\|
instingtualita+-----------+vegetativita
+-----------+
| rangka | | ^
|
| / \ | | / \
|
| / \ | | / \
|
| / \ | | /BODY
\ |
| / MATERI\ | | /
\ |
|/ \| |/
\|
susunan saraf+-----------+sistem organ
+-----------+

Jika dilukiskan demikian, maka tampak adanya
kesejajaran antara kedua model tersebut.
Namun, sebenarnya saya menambahkan SUMBER sebagai
titik di atas titik berat segitiga NILAI (jadi berada
pada garis vertikal yang menghubungkan semua titik
berat segitiga
masing-masing level) yang justru saya identifikasi
dengan SPIRIT.

Dalam pikiran saya
SUMBER identik dengan SPIRIT
NILAI identik dengan SOUL
INFORMASI identik dengan MIND (mind dalam soul pd
model Nee adalah knowledge)
ENERGI identik dengan LIFE
MATERI identik dengan BODY

Jadi jika Nee mengenal integrasi BODY-LIFE-SOUL-SPIRIT
Saya mengenal integrasi BODY-LIFE-MIND-SOUL-SPIRIT.
Tampaknya antara kedua model itu terdapat sedikit
perbedaan,
namun pada dasarnya kedua model mempunyai ESENSI yang
sama:
mengakui adanya hirarki antara Materialita dan
Spiritualita
Inilah yang saya sebut sebagai
INTEGRALITA INTERNAL atau
INTEGRALITA VERTIKAL.

Apakah adanya kesejajaran kedua model itu
mengherankan?
Buat saya tidak. Karena saya sebelumnya sudah
menemukan
kesejajaran antara model saya dengan model-model
psikologi
tradisional Yahudi, Kristen, Islam, Buddha, Hindu dan
Tao.
(rinciannya lain kali saja, kalau diperlukan). Itulah
sebabnya saya menganggap model Nee itu universal.

INTEGRALITAS HORISONTAL

Namun, psikologi tradisional juga melihat adanya
hirarki
realitas yang sejajar pada MAKROKOSMOS di samping
Hirarki Kesadaran yang disebutnya MIKROKOSMOS. Jadi
ada
polarisasi MIKROKOSMOS/MAKROKOSMOS. Integralisme hanya
memperluas polarisasi itu menjadi integralitas
horisontal
atau integralitas eksternal:

MIKROKOSMOS-MESOKOSMOS-MAKROKOSMOS-SUPRAKOSMOS-METAKOSMOS

Yang mungkin paralel dengan realitas TAO

bumi-manusia-langit-Tao-*.*.*.*

(saya menggunakan notasi mas Vincent untuk Tao yang
tak bernama)

Saya sendiri hidup menjalani integralitas tersebut
dalam kehidupan sehari-hari. Saya kira semua orang
menjalani JALAN (TAO) yang sama, hanya saja mereka
memberi nama yang
berbeda-beda. Itulah sebabnya saya masuk ke milis
psikologi_transpersonal mas Leo dan milis
komunikasi_empati karena saya melihat bahwa polarisasi
instink-intuisi Vincent-Leo
harus diintegrasikan menjadi integrasi
instink-inteligensi-intuisi yang mempunyai
kesejajarannya dalam bidang sosial dalam integrasi
imitasi-inovasi-invensi sebagai modus kehidupan
bermasyarakat. Saya tidak tahu apakah mas Vincent dan
mas Leo setuju dengan itu.

REINTEGRASI VERTIKAL HORISONTAL

Kenapa saya mendekati kedua mas-mas? Soalnya, saya
sepakat dengan Maurice Bucke yang dalam bukunya
"COSMIC CONSCIOUSNESS" melihat bahwa
pengalaman-pengaman kesadaran transpersonal itu adalah
produk evolusi yang akan menjadi kesadaran sehari-hari
di masa depan. Mungkin pendapat saya ini selaras
dengan pendapat tokoh fiktif Profesor Chandra Suresh
yang menulis buku ACTIVATING EVOLUTION dalam film seri
TV berjudul HEROES. Dalam hal itu saya melihat
fenomena anak indigo sebagai produk evolusi biologis
juga yang menurut saya harus diintegrasikan dengan
evolusi kultural yang biasanya saya sebut sebagai
koevolusi sosioteknologis. Itulah motivasi saya
bergabung dengan kedua milis anda. Mudah-mudahan kita
mempunyai keyakinan evolusioner yang sama.

Salam damai
bang Arma

PS:
Saya benar-benar shock ketika googling "activating
evolution" justru menemukan bahwa Chandra Suresh bukan
tokoh fiktif, tetapi tokoh nyata hidup di dunia kita,
bukan di dunia fantasi, dan anaknya Mohinder Suresh
punya website
http://www.activatingevolution.org/
Saya belum periksa apakah ini hoax atau sinkronisitas?
Saya berterimakasih pada saudara-saudara Salim dan
Firman dari Institut Integral Indonesis yang
memberitahu saya akan adanya film seri itu.
Salam
b Arma

__________________________________________________________
______________
Take the Internet to Go: Yahoo!Go puts the Internet in your pocket:
mail, news, photos & more.
http://mobile.yahoo.com/go?refer=1GNXIC

--- End forwarded message ---

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Yahoo! Avatars

Make a Virtual You

Show your style &

mood in Messenger.

Y! Messenger

Send pics quick

Share photos while

you IM friends.

Yahoo! Mail

Drag & drop

With the all-new

Yahoo! Mail Beta

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: