Kamis, 09 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] Td malem ga nyadar kalo ada gempa

Dear Friends, Berikut percakapan melalui e-mail antara
Mas Puguh di Bandung dan saya di Jakarta, tentang
KARTU TAROT dan INTERPRETASINYA. Semoga bermanfaat
bagi rekan2 lainnya. (Leo).

+++++++++++++

EMAIL DARI MAS PUGUH:

Mas Leo, minta saran kritik tanggapan dunks:

Abiz baca2 bbrp files dari Mas Leo ttg tarot, saya
kepikiran mo nyoba, tp karena tarot wayang pun
harganya Rp 185rb (d togamas bandung), akhirnya saya
bikin sndiri arkana mayor dari kertas HVS yg tak
gunting2 sndiri, he3.

Trus sore2 saya coba ramal temen kost, 3 kali, ttg
love, kul, n kerja... eee nurut dia sih 'klop' bgt,
pdhl kami sndri jarang ngobrolin mslh pribadi antar
sesama anak kost.

Malemnya, sebelum gempa mpe sesudahnya (ga krasa sih
gempanya), saya coba lagi ma tmn yg beda, ni bbrp
kasusnya yg saya inget2 (urutan bukaannya past,
present, future):

1. Ttg love: 12, 10, 1
Bacaan saya: dari dulu lo punya cara sndiri dalam
nyenengin cewe', yg kadang bahkan ga umum, ya gpp lha
wong itu urusanmu dw kok, so ga perlu nanggepin
commonly used method. Cm krn mngkn trllu 'ga umum', lo
sndiri jd kurang pede n ga nglakuin smua yg kaya yg lo
penginin, ntah karena takut bener salah, malu, dll
dll. Now, mending lo jalanin deh yg ada d dpan lo, krn
nurut bacaan ini (sambil saya tunjukin arti umum
tiap kartu), most kasus yg kluar angka 10 tu takdir,
walo ttg jodoh tu pilihan mo gini pa gitu, u know what
i mean lah.. buat k dpnnya, lo sndiri sbtulnya dah
punya niat, greget... cuma perlu dilakuin, lakuin
aja, coba, itung2 iseng ^_^

2. Ttg family: 6, 19, 10
Bacaan saya: dari dulu lo & kluarga tu sbtulnya anget2
aja, itu bagus lo, banyak orang sing nasib e ga trllu
seberuntung itu ttg kluarga. Cuman, kok kayaknya lo
trllu ngejar 'something' n kurang njoy life mu
dgn kluarga (trus tak selingin ngobrol2 bahwa aku dulu
ya pernah gitu ma kluargaku, nyoba nyenengin tp lupa
ga ngliat kahanan yg ada bahwa uda tinggal dinikmatin
aja). Buat k dpannya, wah aku yo ga ngerti ni angka 10
napa nongol d sini yaaa.... well, mungkin emang harus
dinikmati aja kali ya, mengacu ke kartu no 19
sebelumnya (maksa bgt bacanya sehhhh ^_^)

3. Ttg karir: 17, 5, 8
Bacaan saya: dari dulu lo trllu introvert, mgkn dulu
ga sempat ntoba2 yg aneh2 mnrurut lo atow jg ga smpat
ngobrol2 ma orang2/komunitas yg ga tiap hari lo temuin
itu. Tp that's fine, lo skarang stabil dlm
ralationship, mgkn maksud e dah punya hubungan baek ma
dosen (trus kami ngobrolin kondisi dia skrg ma dosen n
bbrp chance yg dia dapet) dlm artian ga canggung n ga
ngrendahin. Atow everything ttg karir yg lo maksud uda
jadi 'biasa2 aja', ga terlalu 'wah' buat lo sendiri
setelah proses yg lo lewati slama ini. Nah, buat k
depannya, kayanya lo harus rada 'action', jgn trllu
ngeflow ma keadaan sing wis penak ini, kalo lo mo
ngehasilin sesuatu.

4. Ttg workshop yg lg dia ikutin: 13, 16, 9
Bacaan saya: kayanya dari awal rada monoton ya, need a
litl' bit change, ga perlu ekstrim2 kok, nyantei aja
prubahannya. Mgkn krn lo trllu monotonnya, yg 'di
atas' gregetan n bentar agi mo 'interfere' dlm hal
ini, mbuh kaya apa tp siap2 ae yen ada sing
aneh2/unpredictable , nyantei n ga usah trll shock.
Well, sbtlnya lo sndiri tau kok mo gmana ttg workshop
ini, dan kaitannya ama TA (tugas akhir) yg lg lo
kerjain skrang)... Trus dilanjutin kami ngobrol ngalor
ngidul ttg workshop yg dia ikutin akhir2 ni mpe minggu
dpn, n ttg TA.

Tanggapan dia: yg rada ga sreg cm ramalan ttg family,
krn ada angka 10 nongol d situ (n kita ga tau apa
maksudna). Kalo yg laen sih, kayanya banyak 'essensi'
yg nempel k dia, walo obrolannya ga nyambung
sometimes... He3 (beda yg dia ma saya maksudin).

Nah, trus saya penasaran juga, mo diramal dunks...
gantian. ...trus dia kocok, saya kocok, trus dia
sebar, trus saya pilih, trus kita baca bareng2:

1. Ttg love: 11, 9, 18
Dulunya, saya emang blom 'adil', trutama ma diri
sendiri karena uda terbiasa 'saling ngemong' d
kluarga, n itu saya terapin juga di hidup saya, trmsuk
dlm relationship ma cewe'. Jadi, kaya ngalah terus n
nunggu dianya ngerti sendiri bahwa ada yg ngeganjel,
eee trnyta harapannya tak terwujud terus, kaciannnn
deh gw... Now, gw sendiri sbtulnya dah tau mo ngaps,
ttg relationsip ma bbrp cewe', cm emang kadang masih
kebawa itu tadi,'ngemong' yg kadang ga 'pas' waktu n
orangnya. Next, gw perlu ngejalanin feeling2 yg gw
sbtulnya dah punya, ttg relationship ma cewe', such
as: omongin aja feeling yg dirasain, complain kalo
emang ga nyaman, tetep jadi diri sendiri, ga usah
ngladenin kalo ga mo sama2 fair, dll dll.

2. Ttg TA/skripsi: 14, 13, 5
Awal pengerjaan, emang gw kurang 'connect' ma
pembimbing n temen TA, krn saya sndiri jg cm ikut2an
doang awalnya, n waktu itu entah napa orang2 td tu
pada punya masalah sendiri2 n ga trllu fair dalam
bekerjasama ttg TA ini, so saya males bgt n ga peduli
(itu setelah sakit DB gara2 trllu mikirin rasa
'perkewuh tp jg marah' trhdp orang2 itu, skitar
1 bulanan, tiap hari tiap malem....kepikir terus,
kepikir doang...jebol deh badannya...). Sekarang, gw
tau gw perlu lulus deket2 ni, makanya gw kejar lg, tp
honestly, emang sbtulnya gw ga sreg ngerjainnya krn
trkesan formalitas (gw tau kaya gmn harus lulus &
cuman gitu2 aja, tp kalo gw mo all out ya emang ga
bakal cukup waktunya, n tujuan utama gw buat lulus
bisa ga kesampaian. Sialan, napa ga smuanya lgsg
dilulusin aja sih kalo emang cm formalitas.. ..),
mgkn itu yg dimaksudin monoton ma kartu 13, so gw
perlu nyoba enjoy dikit2, nyantei dikit, tetep
dikerjain aja sambil diselingi ngapain kek ^_^ next,
gw perlu ngobrol intensif lg ma pembimbing n temen2
TA gw, krn waktunya dah mepet, n sbtulnya emang yg
kita perluin 'sekedar' buat lulus deket2 ni emang dah
ada. Yaaaa, walo hati ga sreg dgn hasil ini, tp
jalanin ajalah, biar tetek bengek 'kuliah dan
formalitas2 lainnya' ini kelar, n gw bisa tentuin
hidup gw mo ngapain nantinya.

Nb: sory panjang mas, tp tak tunggu commentnya ^_^

Regards,

-yg td malem ga nyadar kalo ada gempa krn lg maen
tarot HVS bikinan sendiri-

+++++++++++++

JAWABAN DARI SAYA:

Dear Mas Puguh,

Berarti anda membuat potongan2 kertas HVS sebanyak 22
helai. Bagi rekan-rekan pemerhati lainnya, barangkali
perlu saya tuliskan juga bahwa Kartu tarot bagian
arkana mayor terdiri dari 22 kartu yang bernomor 0
(nol) plus angka Romawi I s/d XXI. Jadi memang
jumlahnya 22 kartu. Dan itu Arkana Mayor saja.

Kalau seluruh kartu tarot, jumlahnya 78 helai yang
terdiri dari 22 Arkana Mayor dan 56 Arkana Minor. Ada
bermacam cara untuk menggunakan kartu tarot. Dan
memang bisa juga kalau mau pakai Arkana Mayor saja,
yang 22 helai kartu itu saja.

Cara buat kartu Arkana Mayor juga mudah saja. Potong2
saja kertasnya, bisa HVS, bisa juga karton yang agak
tebal. Atau, bisa juga kartu remi biasa yang dinomori
0 (nol) dan I s/d XXI. Gambar2 yang ada di kartu
tarot itu tidak terlalu penting, sebenarnya. Saya bisa
pakai kartu tarot yang total kosong gak ada gambarnya
sama sekali. It won't be a problem. Tetapi, memang
harus dinomori. Ada urutan nomornya.

Kalau saya sendiri akan memberikan advis agar anda
mulai membacakan tarot bagi orang2 yang sama sekali
anda tidak kenal. Orang2 yang belum pernah anda temui
sebelumnya. Itu latihannya, mas. Latihan yang paling
ok punya adalah membacakan tarot untuk mereka yang
sama sekali tidak anda kenal sehingga, mau tidak mau,
anda akan mengandalkan INTUISI anda itu yang datangnya
dari MATA KETIGA.

Akan ada kilatan2 intuisi yang muncul begitu saja di
kepala anda ketika orang bertanya kepada anda.
Pertanyaannya bisa apa saja. Bahkan semakin spesifik
orang itu bertanya, semakin spesifik anda akan bisa
memberikan jawaban. Seringkali, bahkan anda akan tidak
tahu mengatakan apa saja,... ada "aliran kata-kata"
yang akan muncul begitu saja di dalam pikiran anda.
Dan itu harus langsung anda ucapkan kepada yang
bertanya. Aliran kata-kata itu lewat begitu saja. Srat
sret srat sret,... seperti kilat. Muncul dan hilang.
Muncul dan hilang. Begitu seterusnya setiap kali orang
itu bertanya dan anda jawab.

Anda tidak tahu anda bicara apa, tetapi orang yang
bertanya kepada anda akan tahu apa yang anda ucapkan.
Dan, setelah anda mengucapkannya, anda akan lupa tadi
anda mengucapkan apa saja. Setelah "aliran kata-kata"
itu keluar dari mulut anda, anda akan lupa. Memang
seperti itu seharusnya. Itu kan INTUISI, sesuatu yang
masuk begitu saja di pikiran anda karena ada
pertanyaan. Karena MATA KETIGA anda terbuka, anda bisa
merasakan pertanyaan dan jawaban sekaligus di MATA
BATIN anda itu. Ada sesuatu disana, dan itu bisa
dirasakan. Menurut pengalaman saya, terkadang kita
tahu ada jawaban disana, tetapi susah menemukan
kata-kata yang tepat. Perbendaharaan kata-kata kita
itu terbatas, mas. Intuisi itu, pada pihak lain, tidak
selalu muncul berupa kata-kata. Terkadang munculnya
berbentuk "gambar". Simbol2. Dan itu harus
di-interpretasikan lagi. Terkadang interpretasinya
muncul sekaligus di kepala kita which is very good.
Cuma, terkadang simbol itu muncul "mentah", dan kita
tetap harus menggunakan nalar untuk menyampaikannya.

Nalar is always necessary. Kita kan disekolahin oleh
ortu kita supaya bisa bernalar. So, biarpun pake
tarot, nalar is always dipake.

Bacaan2 (readings) yang anda berikan memang ok punya.
Saya gak baca, tapi saya tahu itu ok. It's ok, bisa
dirasain. Energinya aja berdesir-desir, gak apa2, the
"medium is the message", that's how I got about your
interpretation. Ok aja. Very much ok.

And, buat other friends yang interested sama tarot,
please click these link, enjoy:

<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia/message/1049>

All the Best,
Leo

+++++++++++++

[Leo adalah alumnus UI dan PennState, seorang praktisi
PSIKOLOGI TRANSPERSONAL. Untuk membuat appointment,
please contact him at HP number: 0818-183-615.
E-mail: <leonardo_rimba@yahoo.com>.
Tentang REKON MATA KETIGA, please see these link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia/message/1046>.
Tentang PROFILE LEO, please see this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia/message/992>.
Untuk bergabung di MILIS SPIRITUAL-INDONESIA, please
click this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia/join>].

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Yahoo! Avatars

Make a Virtual You

Show your style &

mood in Messenger.

Y! Messenger

Instant hello

Chat over IM with

group members.

Endurance Zone

on Yahoo! Groups

Communities about

higher endurance.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: