Sabtu, 29 September 2007

[psikologi_transformatif] CARL GUSTAV JUNG DAN HIGHER SPIRIT

CARL GUSTAV JUNG DAN HIGHER SPIRIT

Ngomong2 tentang "Higher Spirit", bukan orang Timur
aja nyang punya ternyata. Carl Gustav Jung, seorang
pioneer Depth Psychology yang orang Switzerland itu,
diem2 ternyata punya simpenan higher spirit juga.
Menurut Jung, namanya itu Philemon, and I don't
have any other explanation or excuses to hold my
personal view of it than refering to the FACTS that
many other people living in the past and even today
could and DID CLAIM to also have SUCH SPIRITS.

They claim that the SPIRITS living in their own
CONSCIOUSNESS as separate, clearly identifiable in
matters such as personality, vocabulary used, and even
MOOD and other traits common to exist in a living
person. Itu banyak, bahkan di Indonesia banyak yang
klaim bahwa ada ROH LELUHUR, JIN, atau bahkan MALAIKAT
yang hidup di dalam dirinya, dan memberikan BIMBINGAN
dengan SUARA2 yang jelas dan berbeda dengan
yang dimiliki orang orang itu sendiri. Terkadang, si
"Higher Self" itu cuma muncul ketika orangnya sedang
Trance (=kesurupan), terkadang bisa juga
muncul ketika orangnya sedang dalam keadaan mood
kontemplatif, terkadang bisa muncul anytime tanpa ada
pertanda aneh2. Banyak variasinya dan, nampaknya, yang
cukup umum adalah KLAIM bahwa yang ada di DALAM DIRI
itu adalah suatu kepribadian yang berbeda dan,
biasanya, memiliki KEARIFAN LEBIH TINGGI dan KEKUATAN
ROHANI LEBIH BESAR daripada yang dimiliki oleh orang
itu sendiri. Itu menurut yang aku amati.

So, to STATE IT POSITIVELY bahwa itu adalah bagian
dari diri, dan selayaknya disebut sebagai HIGHER SELF
mungkin juga merupakan suatu "klaim" yang masih perlu
dibuktikan pula. So what ? Tapi jangan aku yang
buktiin deh, aku kan praktisi, dan bisanya cuma
bantu orang dengan memakai TERMINOLOGI yang as neutral
as possible. Biasanya aku lihat2 juga kok, kalo
orangnya bisa menerima, aku memakai istilah Higher
Self tapi, kalo orangnya agak kental budaya
spesifiknya, aku akan pakai term yang diterima di
budayanya itu. Namun, lucunya, di Indonesia sekarang
banyak juga orang yang budayanya mixed (seperti aku
juga). Jadi, mereka terkadang gak pasti harus merujuk
ITU sebagai apa. Sebagai JIN, sebagai SPIRIT, sebagai
HIGHER SELF, atau sebagai MALAIKAT ?

Teyus gimanah ? Teyus yang PRACTICAL AJA deh. Yang
paling disukai istilah mana ? As long as the person is
COMFORTABLE with a specific term, I'll use it for THAT
PERSON. And that person only. Begini neh, cara pandang
seorang praktisi. Abis gimana lageeh ? ... Trus, aku
juga pernah ditanya tentang apakah kalau sesuatu yang
ADA DI DALAM diri orang itu dipisahkan akan
menyebabkan kematian which I answered that I've
actually NEVER thought of that. Gimana mao pisahinnya,
that's the question, jawab aku. Itu kan sama aja kayak
mao bilang:

"Now, Leo, you have to DISCARD that GUIDING SPIRIT
(whoever he/she/it is called) living inside your
spirit. Whether you are willing or not, you have to
discard it. From now on, blah blah blah, blah blah
blah..."

Nah, supposed ada SKENARIO semacam itu, is it possible
? Menurut aku, it's IMPOSSIBLE. Gak bisa dipisahkan
karena the GUIDING SPIRIT (HIGHER
SELF OR WHATEVER CALLED) is ALWAYS PART OF ME. Part of
my SELF. Bagian dari DIRI SAYA SENDIRI. Kalo bisa
dipisahkan, piye caranya ? Methodnya itu gimanah,
gitu. So, the answer is, according to my understanding
is INCONCLUSIVE. Gak tahu ya, setahu aku GAK BISA
DIPISAHIN. Kalo _bisa_ dipisahin juga
gimana, somebody might insist on my answering it which
I shall reply that I simply DON'T KNOW. Aku belum
pernah ngalamin keterpisahan seperti itu. Yang selalu
aku alami adalah KESATUAN itu.

ON THE OTHER HAND, kalau dalam PENGERTIAN ENERGI
memang YA, ADA ENERGI2 NEGATIF dan POSITIF yang _bisa_
menempel di diri seseorang dan itu bisa dipisahkan
tanpa menyebabkan seseorang itu meninggal. Dalam
Kristen itu namanya EXORCISM (Pengusiran Roh Jahat).
Dalam Kejawen mungkin dikenal dengan nama RITUAL
RUWATAN. Dalam Ruwatan yang lengkap akan digelar
WAYANG KULIT dengan LAKON TERTENTU yang dipercayai
mempunyai KEKUATAN MAGIS (Magickal Power) to banish
the evil spirits or SENGKOLO. Istilah JAWA itu
"sengkolo" if I'm correct. Nah, sengkolo iku opo? Ono
hubungan dengan "kolo" kan ? En "kolo" iku opo
kalo bukan TIME. WAKTU. DIMENSI WAKTU. Ada waktu yang
bisa bikin sesuatu menjadi PETOKO, dan itu adalah yang
namanya SENGKOLO. (Despite it, ada juga yang namanya
NISKOLO. Nah, niskolo iki opo kalo bukan NON KOLO
which is NON WAKTU. NO TIME. But we'd beter talk about
it at another occasion).

So, to continue with the RITUAL we are talking about,
maka akan diucapkanlah dengan penuh PD oleh sang MR
(Master of Ritual): Wuurrrrr wes ewes ewes, bablas
sengkolo ne ! Cihuy! Gitu kan critanya. Ehm, kalo di
Kristen namanya HALLELUYAH. Puji Tuhan, walopun in my
understanding si Tuhan cuek azzah. Wong yang bikin
sengkolo manusianya sendiri, wong sengkolonya gak ada,
wong semuanya itu INSIDE THE MIND azzah, but ok deh,
kata God. Pujiannya gw terima, kata God. En jangan
buat doca yagi yah, bay bay !!

Gitu kalo RITUAL EXORCISM dijalanin, eventhough with
any other name... --Everything is IN THE MIND. Jadi,
ada MIND yang DIBERSIHKAN dari segala sesuatu yang
berkaitan dengan KOLO (without R). KOLO, as has
already been mentioned above, means TIME. Segala
sesuatu yang berhubungan dengan Dimensi Waktu memang
mempunyai POTENSI untuk menjadi PETOKO. Dan itu ada
kaitannya dengan PIKIRAN (the MIND) which is
nonetheless, tidak lain dan tidak bukan adalah DIMENSI
BELIEF SYSTEM.

Nah, Belief System itu kan CULTURE, Budaya Bangsa or
even Non Bangsa yang dipakai, diyakini or dicemooh,
but tetap DIPAKAI. Itu kan sama aja kayak para
akademisi yang ngajar di PT, dan yang kalo secara UP
FRONT always bilang gak percaya klenik tapi ternyata
punya backing si mbah ini atau mbah itu yang
memberikan jampi2 cupaya segalanya berjalan lancar2
azzah. Sooo, everything is IN THE MIND kan ? You can
follow it kan ? Memang ada ENERGI itu, tetapi energi
itu kan di SIMULASI oleh THE MIND itu kan ? Dan yang
mempunyai MIND itu cuma manusia saja kan ? You, me,
and THOSE PERSONS who requested and were given the
RITUALS to banish the so-called EVIL SPIRITS.

Kalo tentang KHODAM yang sering juga ditanyakan,
menurut pengertian aku it is only ENERGY. Cuma dalam
Bahasa Arab. Ada pula yang namanya ILMU KHODAM which
is in practice gak beda jauh dengan REIKI (berasal
dari Jepang), TAICHI (berasal dari China), dan
KUNDALINI (berasal dari India). Cuma, ilmu khodam kan
pakai ayat2,... dan so pasti ayat2 itu bahasanya Arab
asli. Tapi, itu energi saja kok. Dalam bahasa Sanskrit
disebut PRANA. Dalam Japanese disebut REIKI. Dalam
Chinese disebut CHI atau KHI. En, mao gak mao, dalam
bahasa Arab disebut "khodam" (that's the khodam that
we understand nowadays). So what ? Memang energi itu
(khodam, reiki, prana, chi, dsb) bisa dipisah dan
orangnya gak apa2. Bisa DITAMBAHKAN energi itu ke
orang tertentu (kalau sifat energinya dinilai baik),
dan bisa pula dikurangkan atau dibuang dari orang
tertentu (kalau sifat energinya dinilai tidak baik).

This is MIND GAME and MORE. Mind Game and More. Yang
"MORE" itu yang tidak dikuasai oleh para psychologists
tradisional but yang cuka dimaen-maenin dengan penuh
enjoyment oleh mereka yang udah COMING
OUT as TRANSPERSONALIST cepeyti caya. (Leo).

+++++++++++++

KE-INDIGO-AN IS NONSENSE, GAK USAH DIPIKIRIN

N = Nurafni
L = Leo

N = Sore Pak Leo !

L = Sore Mbak Nurafni !

N = Mau nanya dong, benarkah ke-Indigo-an seseorang
itu bs ilang? knp?

L = KE-INDIGO-AN is NONSENSE, gak usah dipikirin.

N = Iya juga sih, kayaknya cuma teori yg dikarang
manusia aja dg tujuan ttnt.

L = Emang iyah, makanya aku BT ngomongin indigo.
Nonsense ah. Mending ngomongin MENJADI DIRI SENDIRI.
Itu yang paling OK dan gak dibuat-buat.

N = Hm, setuju. Tp istilah itu sdh terlanjur ada.
Terus, mgp topik menjadi diri sendiri itu lebih
menarik?

L = Karena itu selalu UP TO DATE. Selalu MENARIK
SEPANJANG MASA. Tidak lekang oleh hujan dan angin.
Cielee.. beney gak seh ?

N = Terus, gimana sih MENJADI DIRI SENDIRI ITU? saya
jadi pengen nulis di blog ttg itu, bisa kasih
penjelasan ga Pak Leo?

L = Wah, kan banyak SEGI dari PERIHAL MENJADI DIRI
SENDIRI. Dan itu semuanya ada di postingan2 aku. Kan
aku udah tunjukkin buat NYOMOT AJA postingan2 aku di
milis. Baca cendiyi ah, jangan manja ah !

N = Ok, terima kasih Pak Leo.. talk to you later
yah.. nanti setelah baca, Nurafni mau tanya kl ada yg
blom dimengerti, bye Pak Leo !

L = Sure, bay bay !!

+++++++++++++

SERING KALI MIMPI SAYA ITU JD KENYATAAN

I = Iwan
L = Leo

I = Sore Pak Leo, a u Busy ?

L = Sore, Mas Iwan. Lumayan, why ?

I = Seneng skli ketemu Pak Leo walau hanya di YM,
karena saya pemerhati milis Pak Leo. Ini ada
pertanyaan Pak Leo, ya samalah dengan pertanyaan para
temen2 milis, apakah MK3 saya on apa tidak ?

L = ON aja, emangnya kenapa ?

I = Karena saya kadang dlm keadaan santai lsg ada yang
kasih tau, bahwa si A lg gini2, apakah itu MK3?

L = Ya, itu namanya INTUISI. Datangnya dari Mata
Ketiga. Pengertian2 langsung, langsung tahu. Aku juga
geetuh.

I = Terus ini Pak Leo, sering kali mimpi saya itu jd
kenyataan.

l = Itu juga MANIFESTASI dari bekerjanya Mata Ketiga.
So what ?

I = Jd sebelum saya ke suatu Kota atau daerah, jd jauh
sebelum2nya saya sudah kayak sudah sampai disana. Ya
dulu bingung aja, kok bisa gitu; tapi ada untungnya
Pak Leo dengan mimpi jd kenyataan. Seperti kemarin,
saya bermimpikan 1 minggu lg saya akan pergi. Mimpi
malam keduanya saya ditikam oleh orang dengan bertutup
muka. Dengan mimpi itu saya bisa siap Pak Leo,
ternyata di mimpi itu saya diserang oleh
dukun dengan puluhan panah dan panah api, tapi
Alhamdulillah ada bantuan temen yang menghalau/
nangkap panah2 itu. ... Biar lebih sensitif MK3 itu
gmn Pak Leo ?

L = Biar lebih sensitif caranya cuma satu juga yaitu
IKHLAS dan PASRAH. Semakin Ikhlas dan semakin Pasrah,
maka akan semakin sensitif. Paling saya cuma
menyarankan DOA/MEDITASI/WIRID/TAFAKUR/TIRAKAT. Cuma
itu saja, mas. Jalan ke ATAS itu cuma satu, yaitu KE
DALAM DIRI SENDIRI.

I = Iya Pak Leo.

L = Only ONE WAY TO REACH GOD, THAT IS TROUGH
OURSELVES. By Being Honest. Honest to DIRI SENDIRI.
Honest to SESAMA. And Honest to GOD. Just that... Now,
I have to sign out soon. Talk to you later yah, bay
bay !!

I = OK, Thanks.. see u Pak Leo !

+++++++++++++

ILMU SEJATI ITU DATANGNYA DARI DALAM DIRI SENDIRI

R = Riza
L = Leo

R = Pak masih ol?

L = Masih.

R = Pak saya ilmu untuk pengobatan yang sesuai untuk
saya dan sesuai syariat saya ada gak yah, mau belajar
lebih banyak, bukan serakah tapi biar tambah peka buat
sesama.

L = Ada aja, makanya musti pake teknik coba2. Coba aja
sendiri caranya, ntar juga ngerti YANG MANA YANG
PALING PAS. Aku kan begitu, pake acara coba2. Kalo gak
dicoba sendiri, gimana bisa tahu ?

R = Takut kalo pake raba2 tar dibilang tukang grepe.

L = Itu yang enak. Kalo gak mao grepe, ntar di grepe,
mao ? Mayu ah Mayu ah !!

R = Saya baca artikel maha spiritual, disitu dia bisa
jual ilmu, apa bisa yah di beli, apa gak nyalahin
aturan? segitu murah nya ilmu dijualin? aduh gilingan
enak juga kaya makan pop mie, tinggal seduh.

L = Gak usah dibaca, nonsense, omong kosong. ILMU
SEJATI itu datangnya DARI DALAM DIRI SENDIRI.

R = Udah liat juga yah?

L = Aku gak liat, tapi aku tahu model kayak gitu.
Ngibulin orang doang bisanya.

R = Kenapa sebelum kita ketemu dan tau nya mt3 saya
terbuka mata saya agak lebih silau ya, apa emang gitu?

L = Aku ini, kalo "ngajarin orang", selalu aku
TEKANKAN untuk MENJADI DIRI SENDIRI. Kenapa ? Karena
ILMU SEJATI itu datangnya DARI DALAM DIRI SENDIRI. Gak
ada itu yang namanya "beli ilmu". Nonsense itu.
Biarpun aku ngajarin untuk "membuka" Mata Ketiga, itu
kan MATA KETIGA ORANG ITU SENDIRI. Dan itu _bukan_
tempelan. Bukan ilmu sunglap, bukan buat2an. So ?

R = Apa seh yg buat mata ke3 seseorang terbuka ?

L = IKHLAS dan PASRAH. Cuma itu saja. Kok yupa Kok
yupa ??

R = Kenapa sebelum kita ketemu dan tau nya mt3 saya
terbuka mata saya agak lebih silau ya... apa emang
gitu? apa emang silau gitu ciri2nya?

L = Gak gitu, silau karena MATAHARI TERANG BENDERANG.
Makin hari makin panas, ntar juga redup, ntar juga
mendung. Gitu azzah... --Now, I have to sign out soon.
Talk to you later yah, bay bay !!

R = Ok.

+++++++++++++

LOBSANG RAMPA BILANG SORRY

R = Ricky
L = Leo

R = Pagi atau siang pak !

L = Macih pagi.

R = Pak, saya pernah baca buku mata ketiga karya
Lobsang Rampa, nah kira kira bagaimana pendapat
bapak mengenai mata ketiga versi Lobsang Rampa? apa
sampai begitu sulit untuk memperoleh mata ketiga?

L = Nonsense, itu REKAYASA. Buat2an doang. Buku itu
ditulis oleh seorang Tukang Sepatu di London, orang
Inggris asli.

R = Hemm, jadi lobsang rampa itu?

L = Asli rekayasa, gak kehitung orang yang ketipu oleh
buku itu. Malah sudah diterjemahkan ke bahasa
indonesia lagi ya ?

R = Iya, saya baca versi indonesia.

L = Lobsang Rampa adalah TOKOH FIKTIF buatan seorang
Pembuat Sepatu di London, Inggris. Tukang sepatu itu
pun orang Inggris, BULE ASLI yang riset tentang Tibet
di British Library. Dia sendiri TIDAK memiliki
pengetahuan langsung tentang Tibet. Jadinya kan isinya
DONGENG asli, dongeng pengantar BOBO SABTU SIANG kayak
haree geeneh.

R = Betul...

L = Mau tau gak, aku ada CERITA ASLI.

R = Mau pak.

L = Dan ada hubungannya sama "Lobsang Rampa".

R = Boleh...

L = Waktu itu Crew TV TRANS 7 lagi ada di rumah aku.
Ceritanya lagi mau wawancara en pengambilan gambar
buat acara ASAL USUL di TV TRANS 7. Ini kira2 hampir
dua bulan yang lalu.

R = Trus gimana, pak ?

L = Nah, karena waktu itu topiknya tentang MIMPI, maka
datanglah mereka beramai-ramai ke tempat aku. Aku kan
AHLI TAFSIR MIMPI. Emmmmm emmmmmm emmmm.... ceyitanya
geetuh.

Ada pewawancaranya namanya Mbak X. Teyus ada cameraman
yang namanya Mas Y. Teyus ada yang bawa mobil TV Trans
7 yang namanya Mas Z.

Waktu udah klar shooting en pada ngobrol2 en
ketawa-ketawa tiba2: "WHAHAHHH I'M LOBSANG RAMPA!"
Asli tuh, ada yang KESURUPAN "LOBSANG RAMPA".

K = Siapa tuh? Orang trans?

L = Itu si Mas Z yang bawa mobil TV Trans 7. Iya,
orang TV Trans 7. ASTAGFIRULLAH ALAZZIM, nyebut,
nyebut dunk! Tapi gak ada yang nyebut. Cemuanya
diem aja, KAGET... --Nah, karena Roh "Lobsang Rampa"
itu ngomong pake Bahasa Inggris: "I'M LOBSANG RAMPA
HUA HA HA HA HA!" Aku jadinya SPONTAN bentak "NO!".

Eh, si "Lobsang Rampa" malah MANGGUT2 AJA. Kepalanya
naek turun. Matanya tertutup. Terus, keluar kata2 ini
dari mulutnya: "SORRY! SORRY! SORRY! SORRY!"... --En
abis geetuh, doi SADAR lagi. Roh "Lobsang Rampa" udah
keluar. Nah, Hikmahnya apa ? I knew the Hikmah even
then. Guess what ?

R = Hikmahnya...

L = Itu kan "Lobsang Rampa" yang ORANG INGGRIS itu,
yang tukang sepatu di London itu, yang udah dead itu,
yang rohnya MINTA MAAF ke aku karena tulisannya itu
TELAH MENYESATKAN BANYAK ORANG. Mungkin jutaan orang
yang telah tersesatkan karena dia nulis tentang MATA
KETIGA yang ternyata GAK BENER, boten2.

R = Oo.....

L = Sedangkan aku mengajarkan MATA KETIGA yang ASLI,
yang berdasarkan KONEKSI kita dengan ROH ILLAHI. Itu
ada di tiap manusia dan syaratnya cuma IKHLAS dan
PASRAH. Itu yang asli,.. dan yang FAKE itu, yang PALSU
itu adalah si LOBSANG RAMPA alias BULE TUKANG SEPATU
DI LONDON ITU. Tetapi, walaupun udah jadi ROH,
ternyata dia masih punya manners juga. Orang Inggris
itu punya MANNERS, biarpun semasa hidup ngibul,
ternyata setelah mati masih bisa MINTA MAAF. SORRY
SORRY SORRY SORRY,,,,, geetuh kan katanya.

R = Hehehe...

L = Yo wis, I forgive you, aku bilang. Aku maafkan.
And that's the end of that REAL STORY.

R = Jauh jauh si inggris ke orang indo ya ?

L = Itu bener lho mas, crita asli. Ok Ricky, udah duyu
ya, campe nanti ya, aku mao keyja yagi cekayang. Bay
bay !!

R = Nah mengenai mata ketiga itu, apa bisa saya
kuasai? waa kasih clue pak?

L = Bisa, bacain aja postingan2 aku di milis. Clue
nya, hmmmm bayangin aku aja, liat fotonya di web itu
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>.
Hmmmm hmmmmm hmmmm... bay bay

R = Oke sir..........

+++++++++++++

[Leo adalah seorang praktisi PSIKOLOGI TRANSPERSONAL.
Untuk membuat appointment, please call / sms him at
HP: 0818-183-615. Untuk bergabung dengan milis
SPIRITUAL-INDONESIA, please click this link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia>].

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Yahoo! Groups

Cat Zone

Connect w/ others

who love cats.

Yahoo! Groups

Join a yoga group

and take the stress

out of your life.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: