Selasa, 18 September 2007

[psikologi_transformatif] Feng Shui - Apa Yang Lama Adalah Baru Lagi

Feng Shui – Apa yang Lama Adalah Baru Lagi
Oleh : Suhana Lim**

17-Sep-2007, 11:55:29 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - Ada pameo "There is nothing new under the sun" atau "Di dunia ini tidak ada yang baru."  Sepanjang sejarah kehidupan di dunia ini bukankah semuanya pernah terjadi. Pada masa dan setting yang berbeda sajalah yang membedakannya. Kehidupan manusia dengan segala suka-duka, aneka pernak-perniknya masih kita alami di era digital ini, hal mana juga dirasakan oleh setiap generasi sejak berabad silam. Apa-apa yang lama menjadi baru lagi. Hal ini nyata sekali pada dunia fashion, musik dan film misalnya.  

Sebagai suatu produk beberapa milenia silam, feng shui juga menjadi "baru" lagi. Dengan semakin canggihnya teknologi komunikasi, berbagai informasi menjadi begitu cepat dan mudah diakses termasuk informasi mengenai feng shui. Makin banyak orang yang mengerti dan menyadari bermanfaatnya ilmu feng shui dan mengaplikasikan dalam kehidupan mereka.

Berbagai kalangan menerapkan feng shui dalam kehidupan mereka, termasuk orang-orang terkenal seperti Bill Clinton, Pangeran Charles, Donald Trump, Tommy Hilfiger, Sir Richard Branson, George Clooney, Johnny Depp, Oprah Winfrey, Sarah Jessica-Parker Boy George, David Duchovny, Gillian Anderson, Cher, Brooke Shields, Madonna, Sharon Stone, Cybil Sheperd, Eric Clapton, Shirley MacLaine, Andie McDowell, Patricia Arquette, Fran Drescher, Rosanne, Susan Lucci, Mariah Carey, Ricky Martin, Courtney Cox, Lisa Kudrow, Kevin Spacey, Lily Tomlin, Julie Andrews, Ellen Degeneres & Anne Heche.*  

Perusahaan-perusahaan ternama seperti The Body Shop, British Airways, CBS TV Studios, Motorola, Panasonic, Hyatt Hotels, Kellog's, Chase Manhattan Bank, Citi Bank, Bank of China, Morgan Stanley, Lehman Brothers, City of Manchester Stadium* adalah beberapa contoh dari organisasi yang menggunakan ilmu feng shui untuk membantu meningkatkan produktivitas dan keberhasilan mereka.

Masih banyak lagi individu dan organisasi yang secara terbuka maupun tidak mengaplikasikan teknik feng shui. Feng shui bukan produk baru yang sedang popular, feng shui sudah eksis sejak ribuan tahun. Sebagai suatu ilmu yang dapat membantu meningkatkan banyak aspek dalam kehidupan, jutaan orang di berbagai pelosok bumi sudah merasakannya. Jadi merupakan kekeliruan besar anggapan bahwa feng shui hanya sesuatu yang tidak berdasar dan irasional.

Dalam bahasa yang sederhana, feng shui merupakan ilmu dan teknik yang mempelajari qi (energi), bagaimana qi (energi) bergerak di suatu lingkungan (alami maupun buatan), dan bagaimana qi (energi) mempengaruhi hidup dan kehidupan manusia di lingkungan tadi.

Teknik dan kaidah dalam feng shui merupakan hasil analisa dan pengamatan mengenai lingkungan, manusia dan kehidupannya dari ribuan tahun lalu. Jadi feng shui muncul dan berkembang dari observasi bahwa kehidupan kita dipengaruhi (secara positif maupun negatif) oleh lingkungan.

Ilmu feng shui merupakan kombinasi dari studi mengenai geologi, arsitektur, psikologi, musim dan cuaca, psikologi dan metafisika. Semua hal yang dipelajari dan dianalisa dalam ilmu feng shui berabad silam, hingga masa kini merupakan hal-hal yang masih revelan. Bukankah banyak kalangan yang prihatin dan makin sadar akan masalah lingkungan (pemanasan global, melebarnya lubang ozon, penebangan hutan, polusi, rumah ramah lingkungan dan lainnya) serta pengaruhnya terhadap kehidupan kita.  

Jadi masuk di akal dan revelan ungkapan "What is Old, is New Again." Ilmu dan teknik feng shui tetap dan sama bergunanya sejak milenia silam sampai era digital ini. Mempunyai pola pikir yang terbuka dan positif merupakan syarat awal dalam mengaplikasikan feng shui. Mengaplikasikan feng shui tidak akan membuat kita kehilangan apa-apa, malah sebaliknya akan banyak yang dapat kita raih dalam kehidupan.

*dikumpukan dari berbagai sumber
**Penulis adalah praktisi feng shui, Ngo Cho Kun kungfu dan reiki Tummo


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Yoga Groups

Exchange insights

with members of

the yoga community.

Yahoo! Groups

Cat Zone

Connect w/ others

who love cats.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: