Selasa, 18 September 2007

[psikologi_transformatif] Kompatiologi bukan Grounded Theory

Kompatiologi bukan Grounded Theory
 
Oleh:
Audifax
 
Pada esei sebelumnya telah saya jelaskan mengenai GT, pada bagian ini kita lihat klaim Vincent Liong dalam esei 'Kompatiologi dan Grounded Theory'. Di situ Vincent mengklaim bahwa Kompatiologi dilakukan seperti GT. Apakah benar demikian? Jelas tidak. Ini Cuma model mengaku-ngaku seperti juga terjadi di milis analisis eksistensial saat Vincent mengaku-ngaku tahu fenomenologi. Setelah Bung Harez dan Alexander sempat mencermati, sayapun akan turut memberikan cermatan atas esei Vincent tersebut. Melalui esei ini, saya berharap kita semua bisa belajar banyak, terutama pada isyu-isyu yang dibawa, seperti isyu Grounded Theory ini. Besar harapan saya, melalui pembelajaran ini kita bisa tahu hal-hal baru dan lebih jeli dalam mencermati isyu apapun di milis ini.
 
Vincent Liong mengira bahwa tipe penelitian GT yang tujuannya menghasilkan teori dan bukan mengonfirmasi teori, adalah seperti apa yang telah dilakukan kompatiologi seperti ditulisnya: "Penelitian kompatiologi yang mirip dengan metode Grounded Theory itu" (link: http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/31033). Dikiranya GT yang menghasilkan teori itu lantas tidak perlu membaca teori, seperti tersirat dalam kalimat: "Seperti metode penelitian Grounded Theory, yang ada pada seorang peneliti dengan kompatiologi hanyalah semangat, konsistensi yang tinggi, tidak perlu orang pintar. Peneliti tidak mengharapkan penelitiannya berakhir dengan kesimpulan yang dibakukan.". Ini logika yang salah kaprah. Justru sebaliknya, dalam GT diperlukan kemampuan review literatur yang kuat.
 
Review literatur yang kuat dibutuhkan karena persis di teori-teori yang muncul dalam penelitian GT, di situlah penelitinya mesti mampu menjelaskan ontologi, epistemologi dan metodologi dari teorinya sendiri. Persis di titik inilah kompatiologi terjungkal karena modal dari penemunya Cuma sok tahu dan bikin sensasi.
 
Tapi karena kita tengah ngomong GT, mari kita coba terapkan GT di milis Psikologi Transformatif untuk objek penelitian: Vincent Liong, Kompatiologi, berikut pengikut-pengikutnya seperti Iwan Boelle, Adhi Purwono, dll.
 
Langkah pertama, coba kita hadirkan beberapa data yang pernah ada di milis ini. Langkah pertama ini penting untuk menjelaskan ontologi teori ini kelak. Dari langkah pertama ini, kita munculkan teori sementara atau teori tentatif.
 
Nah, mari kita mulai langkah pertama dengan mencermati data sebagai berikut:
 
  1. Vincent Liong mengklaim tahu mengenai GT padahal tidak
  2. Vincent Liong mengklaim tahu mengenai fenomenologi padahal tidak.
 
Lalu coba kombinasikan dengan data-data sebelum ini, seperti:
  1. Vincent Liong mengaku-ngaku bahwa "Semiotika Tuhan" adalah hasil saduran dari kompatiologi tapi ketika ditantang membuktikan ternyata terbukti kalau Vincent Liong Cuma omong besar atau mau numpang ngetop.
  2. Vincent Liong mengaku-ngaku Ratih Kumala adalah muridnya yang ketika dikonfirmasi ke Ratih Kumala ternyata ketahuan Vincent bohong.
  3. Vincent Liong mengaku-ngaku buku "berlindung di bawah payung" adalah idenya, padahal ide editornya
  4. Vincent Liong mengaku-ngaku esei "Manusia dalam Bumi Manusia" adalah prestasinya padahal itu hasil rombakan total dari 10 editor yang dilibatkan untuk mengedit naskah itu.
  5. Vincent Liong mengaku-ngaku Isti adalah istrinya di kehidupan masa lalu lalu mengarang fiksi tentang kehidupan masa lalu
  6. Silahkan ditambah sendiri
 
Jadi, teori tentatif yang bisa kita susun di sini adalah: Vincent Liong sebagai penemu Kompatiologi, mendasarkan argumen teoritisnya pada:
  1. Mengaku-ngaku apa yang bukan haknya
  2. memanipulasi fakta
  3. Menciptakan fiksi-fiksi
 
Nah, sekarang mari kita sama-sama belajar GT. Silahkan anda semua mengingat-ngingat tiga proposisi di atas. Ketiganya bisa berkurang, bisa tetap, bisa bertambah, bisa pula berubah. Kita akan lihat bersama-sama seiring waktu ke depan, tentu dengan mencermati perilaku dari para objek penelitian kita.
 
Selamat mencoba Grounded Theory di milis Psikologi Transformatif


Be a better Globetrotter. Get better travel answers from someone who knows.
Yahoo! Answers - Check it out.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Best of Y! Groups

Discover groups

that are the best

of their class.

Endurance Zone

on Yahoo! Groups

Communities about

higher endurance.

Green Groups

on Yahoo! Groups

share your passion

for the planet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: