Minggu, 14 Oktober 2007

Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] Alternate Candidate Fulbright?

Dear Palupi (dan juga kakaknya),

tahun lalu saya mengalami perjalanan rollercoaster yang luar biasa
saya mendaftar program Fulbright untuk tahun 2007 ini
dan setelah semua seleksi, saya mendapatkan amplop tipis yang mengatakan bahwa saya tidak mendapatkan beasiswa tersebut
tapi kemudian saya menerima imel beserta amplop besar dan tebal yg dikirim via TIKI yang mengatakan bahwa saya mendapatkan beasiswanya
bisa dibayangkan bagaimana kagetnya saya
saya kemudian mengirim imel ke Piet Hendrarjo untuk memastikan
dan dalam imel beserta surat yang dikirim kepada saya tidak ada kalimat "alternate" sama sekali
jadilah saya berjuang keras mengerjakan segala formulir tambahan dan persiapan tes GRE dan TOEFL dalam waktu yang singkat
(padahal waktu itu sedang libur lebaran, jadilah saya tidak liburan tapi stress membuat ini itu, hahaha...)

setelah semua effort dilalui dan sampai harus mendaftar online untuk urusan pendaftaran uni, tibatiba awal tahun ini saya mendapatkan amplop tipis lagi yang mengatakan bahwa saya tidak bisa berangkat tahun ini karena dana dari kongres tidak sesuai harapan dan saya diundang untuk apply lagi
benar2 mengecewakan dan saya terpukul sekali
setelah berpikir 3 hari, kemudian saya kirim surat ke Michael E. McCoy dan saya tembuskan ke Pak Piet Hendrardjo
yang intinya saya mengerti kalau keputusan terakhir tidak ada di tangan panitia Indonesia tapi sebagai lembaga dengan reputasi besar seperti Fulbright, konsolidasi sangat penting, cek dan ricek jumlah beasiswa yang avail juga penting
saya sampaikan bahwa saya masih pikir-pikir untuk apply lagi
(padahal saya berencana akan mencoba lagi, cuma mau kasih sdkt ancaman saja, hahaha..)
dan Fulbright beserta Aminef perlu membuat sistem yang lebih baik supaya tidak ada lagi kejadian serupa di masa datang
rupanya perbaikannya adalah dengan menyisipkan kata "alternate" sebagai cue bahwa kita dalam daftar cadangan...
jadi, berharap saja yang terbaik tapi rencana kedua juga harus ada...

untungnya, setelah wawancara dengan Fubright dan sebelum ada kepastian jawaban, saya juga mengirimkan aplikasi ADS
ternyata, setelah mendapat amplop besar dari Fulbright, saya juga mendapat amplop besar dari ADS
dan saya dijadwalkan ikut tes IELTS dan wawancara di pertengahan dan akhir Januari
karena saya belum pernah ikut tes IELTS dan penasaran dengan bentuk tesnya, jadilah saya ikut
waktu itu saya ikut dengan perasaan "nothing to lose" krn sudah merasa akan sekolah ke US
lalu kawan saya yang pernah mendapat ADS mengatakan kalau saya tidak akan tahu hasil IELTS saya kalau saya tidak ikut wawancara
karena hasilnya hanya akan dirilis kalau kita ikut wawancara ADS
karena niat awal ingin tahu seperti apa tes IELTS dan berapa skor saya maka akhirnya saya ikut juga wawancara ADS
lalu dua minggu kemudian datanglah amplop tipis Fulbright tersebut yang mengobrak-abrik emosi
tapi memang ada kekuatan yang lebih besar dari kita
yang mengatur kita semua seperti bidak-bidak dalam permainan catur
sembilan hari dalam kesedihan, saya dikabari teman bahwa ADS sudah mengumumkan hasilnya di website
lagi-lagi kebodohan terjadi, saya tidak tahu nomor ADS saya, yang saya tau hanya nomor tes IELTS saya
(ADS tidak mengumumkan nama2 penerima beasiswa di website ADS awardee 2007)
ketika saya cek, nomor itu tidak ada di website
iseng-iseng saya cek kolom tanggal lahir dan ternyata ada tanggal lahir saya disana tapi nomornya benar2 berbeda
saya pun berpikir kalau orang ini sangat beruntung
anehnya saat itu saya tidak merasa terlampau sedih
mungkin efek rollercoasternya Fulbright masih terasa
ketika saya sampai rumah, ternyata amplop besar ADS saya sudah menunggu
ternyata orang yang beruntung itu adalah saya sendiri... hahaha... sampai sekarang saya masih sering senyum2 sendiri mengingat kejadian itu
dan ternyata lagi, saya bisa berangkat Mei 2007 (dan April saya sudah harus ikut EAP)
justru lebih cepat dari perkiraan semula kalau saya berangkat sekolah atas beasiswa Fulbright
sempat pontang-panting mengurus semua pekerjaan
tapi semua berhasil diselesaikan dengan baik

jadi disinilah saya sekarang...
sedang berjuang dengan major assignments setelah naik rollercoaster emosi yang luar biasa
dan ternyata di sini saya bertemu seorang teman yang juga menaiki rollercoaster yang sama
rolercoasternya pemburu beasiswa, hahaha...
rasanya benar2 sureal tapi itulah yang terjadi

untuk Palupi dan kakaknya,
selamat saja
semoga bidaknya kali ini memang harus melangkah ke US
kalau tidak, mungkin ada rencana lain untuk kakak Palupi
semoga semua yang terbaiklah yang terjadi pada kita semua ya

salam,
Nunik Maharani Hartoyo
"Freedom is not a tea party. Freedom is war!"
(Salman Rushdie, Shalimar the Clown,2005)


----- Original Message ----
From: palupi margiastuti <lupee309@yahoo.com>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Saturday, October 13, 2007 11:32:48 PM
Subject: [beasiswa] [BUTUH INFO] Alternate Candidate Fulbright?




moderator:

sbg alternate candidate, peluang mendapatkan beasiswa tidak bisa diprediksi. begitu ada penerima beasiswa yang tidak bisa berangkat, alternate candidate nomor 1 menggantikan (diikuti nomor 2, 3, dan selanjutnya)

setahu saya, semua penerima beasiswa Fulbright bisa hidup cukup2 saja tapi tidak berlebihan sekali, ya kalau mau menabung berarti harus hidup hemat (potong dari living expenses)

-----------

Dear all,

Kakak saya telah melampaui proses2 seleksi beasiswa Fulbright sampai wawancara.

Kemudian datang imil ini, yang disitu disebutkan bahwa dia telah terseleksi sebagai alternate candidate.

-Adakah dari milister semua yang pernah punya pengalaman serupa (menjadi alternate candidate Fulbright)?

-Bagaimana ya kira2 peluang alternate candidate untuk mendapatkan grant fulbright?

-Mohon sharingnya dari yang pernah berpengalaman mendapatkan beasiswa ini, mengenai uang beasiswa yang sekitar 30,000 USD/tahun itu apakah hanya pas untuk mengcover tuition+fees+ living expenses ataukah ada uang lebih yang bisa tertabung?

-Terimakasih banyak atas perhatian semuanya-

(^_^)

============ ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= =========

Dear ****, Selamat! Anda terpilih menjadi calon penerima beasiswa Program Fulbright. Surat di bawah ini dikirim per TIKI siang ini.

Terlampir tiga formulir (Study Objective, Personal Statement, dan University Preferences) untuk diisi dan dikembalikan sebagai e-mail attachment ke saya sebelum tgl. 18 Oktober.

Terlampir pula lembar informasi mengenai penulisan Study Objective dan Personal Statement serta beberapa contohnya untuk dijadikan bahan pertimbangan, Harap diperhatikan sungguh-sungguh tanggal Anda dijadwalkan mengambil tes TOEFL dan GRE.

Konfirmasi tanggal dan tempat tes akan menyusul. Bilamana ada pertanyaan, jangan segan-segan menghubungi saya atauAdeline. Salam, Piet HendrardjoProgram Officer ------------ --------- ----- Oktober 10, 2007

Dear **********

I am pleased to inform you that you have been

officially nominated as an alternate candidate for a Fulbright Program

scholarship to pursue study for a Master's degree in the United States

commencing with the Fall 2008 academic term. Official and final selection

for this prestigious program is contingent upon the approval of the J. William

Fulbright Foreign Scholarship Board (FSB) in Washington,

D.C., the amount of scholarship funds

available for the 2008 Fulbright program, and your acceptance for admission by

an accredited college or university in the United States.

Please note that as an alternate candidate your

participation in the program is contingent on the availability of additional

scholarships for the 2008 Fulbright program. There is no guarantee that

this will be available. Usually, we will know some time in July 2008 about

your status with the program. However, in the meantime, we have to submit

your application to several universities in the U.S. and process your application

due to deadlines.

Your preliminary selection as an alternate candidate

in what is widely acclaimed as one of the premiere and most esteemed academic

exchange programs in the world is an acknowledgement of your academic and

professional accomplishments. I am confident that you will exemplify the

same standards of excellence if and when you assume the responsibility as a

representative of Indonesia

to the United States of

America. In doing so, you would

exemplify the guiding principle of the Fulbright program which seeks to enhance

mutual understanding and cooperation between the people of the United States and Indonesia through educational and

cultural exchange.

Please accept my personal congratulations for your

selection as a new Fulbright alternate candidate representing the Republic of Indonesia.

Sincerely yours,

Piet Hendrardjo

Program Officer

============ ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= =========

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _

Looking for a deal? Find great prices on flights and hotels with Yahoo! FareChase.

http://farechase. yahoo.com/

[Non-text portions of this message have been removed]




<!--

#ygrp-mkp{
border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:14px 0px;padding:0px 14px;}
#ygrp-mkp hr{
border:1px solid #d8d8d8;}
#ygrp-mkp #hd{
color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:bold;line-height:122%;margin:10px 0px;}
#ygrp-mkp #ads{
margin-bottom:10px;}
#ygrp-mkp .ad{
padding:0 0;}
#ygrp-mkp .ad a{
color:#0000ff;text-decoration:none;}
-->

<!--

#ygrp-sponsor #ygrp-lc{
font-family:Arial;}
#ygrp-sponsor #ygrp-lc #hd{
margin:10px 0px;font-weight:bold;font-size:78%;line-height:122%;}
#ygrp-sponsor #ygrp-lc .ad{
margin-bottom:10px;padding:0 0;}
-->

<!--

#ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:arial, helvetica, clean, sans-serif;}
#ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}
#ygrp-mlmsg select, input, textarea {font:99% arial, helvetica, clean, sans-serif;}
#ygrp-mlmsg pre, code {font:115% monospace;}
#ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}
#ygrp-text{
font-family:Georgia;
}
#ygrp-text p{
margin:0 0 1em 0;}
#ygrp-tpmsgs{
font-family:Arial;
clear:both;}
#ygrp-vitnav{
padding-top:10px;font-family:Verdana;font-size:77%;margin:0;}
#ygrp-vitnav a{
padding:0 1px;}
#ygrp-actbar{
clear:both;margin:25px 0;white-space:nowrap;color:#666;text-align:right;}
#ygrp-actbar .left{
float:left;white-space:nowrap;}
.bld{font-weight:bold;}
#ygrp-grft{
font-family:Verdana;font-size:77%;padding:15px 0;}
#ygrp-ft{
font-family:verdana;font-size:77%;border-top:1px solid #666;
padding:5px 0;
}
#ygrp-mlmsg #logo{
padding-bottom:10px;}

#ygrp-vital{
background-color:#e0ecee;margin-bottom:20px;padding:2px 0 8px 8px;}
#ygrp-vital #vithd{
font-size:77%;font-family:Verdana;font-weight:bold;color:#333;text-transform:uppercase;}
#ygrp-vital ul{
padding:0;margin:2px 0;}
#ygrp-vital ul li{
list-style-type:none;clear:both;border:1px solid #e0ecee;
}
#ygrp-vital ul li .ct{
font-weight:bold;color:#ff7900;float:right;width:2em;text-align:right;padding-right:.5em;}
#ygrp-vital ul li .cat{
font-weight:bold;}
#ygrp-vital a{
text-decoration:none;}

#ygrp-vital a:hover{
text-decoration:underline;}

#ygrp-sponsor #hd{
color:#999;font-size:77%;}
#ygrp-sponsor #ov{
padding:6px 13px;background-color:#e0ecee;margin-bottom:20px;}
#ygrp-sponsor #ov ul{
padding:0 0 0 8px;margin:0;}
#ygrp-sponsor #ov li{
list-style-type:square;padding:6px 0;font-size:77%;}
#ygrp-sponsor #ov li a{
text-decoration:none;font-size:130%;}
#ygrp-sponsor #nc{
background-color:#eee;margin-bottom:20px;padding:0 8px;}
#ygrp-sponsor .ad{
padding:8px 0;}
#ygrp-sponsor .ad #hd1{
font-family:Arial;font-weight:bold;color:#628c2a;font-size:100%;line-height:122%;}
#ygrp-sponsor .ad a{
text-decoration:none;}
#ygrp-sponsor .ad a:hover{
text-decoration:underline;}
#ygrp-sponsor .ad p{
margin:0;}
o{font-size:0;}
.MsoNormal{
margin:0 0 0 0;}
#ygrp-text tt{
font-size:120%;}
blockquote{margin:0 0 0 4px;}
.replbq{margin:4;}
-->



____________________________________________________________________________________
Be a better Globetrotter. Get better travel answers from someone who knows. Yahoo! Answers - Check it out.
http://answers.yahoo.com/dir/?link=list&sid=396545469

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: