Jumat, 30 November 2007

[psikologi_transformatif] Apa pertanyaan kita?

Apa pertanyaan kita?

Pertanyaan kita adalah diri kita.


Pertanyaan kita membentangkan jalan kehidupan yang akan kita tempuh. Jalan yang menjadikan kita seperti saat ini.


Apa pertanyaan yang paling sering muncul di benak anda? Perhatikan. Sadari bagaimana pertanyaan itu memandu langkah anda. Lihatlah bagaimana anda berkutat mencari jawaban-jawaban yang lebih memuaskan atas pertanyaan itu. Sayang, semakin anda berkutat maka semakin anda terpengaruh oleh kekuatan pertanyaan itu. Semakin anda dibawah pengaruh pertanyaan itu.


Pertanyaan semacam apa yang paling sering terbayang dalam pikiran anda? Apakah pertanyaan seperti "Siapa yang salah?"? Atau "Apa yang salah"? Rasakan bagaimana pertanyaan itu mempengaruhi anda! Lihatlah bagaimana pertanyaan itu menular, menciptakan pertanyaan-pertanyaan serupa. "Apa yang salah dengan diri saya?" "Apa yang salah di tempat ini?"


Pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat kita melahirkan respon-respon yang reaksioner. Tindakan kita tergantung pada tindakan orang lain. Tindakan kita tergantung situasi. Kita terpaku pada situasi yang ada. Terwujudlah relasi kalah-menang. Akibatnya, orang lain pun akan merespon dengan cara yang serupa. Mulailah lingkaran setan menyalahkan terbentuk. Kita gagal melihat alternatif yang berbeda. Kita gagal berpikir kreatif. Masuk dalam kubangan lumpur, kata Marilee Adams, Ph.D.


Lalu bagaimana? Gampang banget! Read the rest of this entry »




Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Endurance Zone

on Yahoo! Groups

Communities about

higher endurance.

Best of Y! Groups

Discover groups

that are the best

of their class.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: