Jumat, 30 November 2007

Re: [psikologi_transformatif] Re: Pak Man lagi ;) Ooo, Swas lagi toh?



fatalism adalah :
 

1. The doctrine that all events are predetermined by fate and are therefore 
    unalterable.

2. Acceptance of the belief that all events are predetermined and inevitable.


pradita@telus.net wrote:
Ooooooo......panteeeeeeeeeees. Padahal udah begitu gamblangnya, ya? Wah,
kayanya juga bakal percuma diterangin: buang-buang waktu, dan hasilya bisa
dipastikan bakal tetap nggak ngerti. Ini tak terkait dengan situ pinter atau
bodoh, tapi lebih menyangkut situ punya empati atau enggak. Mungkin perlu di-
dekon?

manneke

Quoting was_swas <was_swas@yahoo.com>:

>
> Artinya "fatalistis", Pak? Waaah.. saya nggak paham tuh ;) Kan saya
> nggak sepintar itu ;)
>
> Uhm.. bagaimana kalau Bapak yang menerangkan saja artinya :)? Kalau
> menerangkan arti suatu kata, kan nggak akan kena tuduhan apa2 toh, Pak
> ;)? Jadi nggak ada dampak seriusnya ;)?
>
> Salam,
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@... wrote:
> >
> > Ya, selamat menikmati pujianku. Seneng saya bahwa itu menyenangkan
> hatimu :)
> >
> > Eh, Swas, ngomong-ngomong Anda ngerti enggak sih arti kata
> "fatalistis"? Kok
> > sekarang malah saya yang dibilang menganggap "nasib adalah sesuatu
> yang
> > terberi"? Bukankah dalam reply saya terakhir saya katakan justru tidak
> > demikian, dan statement Andalah yang menyiratkan hal itu? Bolak-balik
> kata
> > lagi, ya? Makin kehilangan fokus aja kau.
> >
> > Emang apa yang keliru dengan saran yang berpatokan pada psikologi dan
> bukan
> > agama? Atau kalo bukan psikolog nggak boleh ngomong psikologi sama
> sekali? Kok
> > makin nggak jelas aja posting-posting Anda?
> >
> > manneke
> >
> > Quoting was_swas was_swas@...:
> >
> > >
> > > Hahaha.. wah, makasih, Pak, kalau sempat "dikira" pintar, apalagi
> segitu
> > > pintarnya sampai bisa menampilkan "kebijakan superfisial" ;) Itu
> pujian
> > > yang tinggi banget deh :)
> > >
> > > Pandangan saya fatalistis ya :)? Ya maaf deh, saya kurang menyadari
> > > bahwa untuk Bapak "nasib" itu sesuatu yang terberi dan tidak dapat
> > > diubah :). Mungkin saya terlalu terpaku pada ajaran agama saya bahwa
> > > nasib itu dapat diubah, yang tidak dapat diubah hanya tiga hal yang
> > > termasuk takdir mubrom: jodoh, lahir, dan mati :). Makanya saya
> berani
> > > menyarankan bahwa Bapak meniru Mas Agussyafii, walaupun nasib Bapak
> > > mungkin tidak ubahnya seperti nasib saya dulu :)
> > >
> > > *eh, dan saran untuk mencoba memahami persepsi orang lain itu
> dasarnya
> > > psikologi lho, bukan agama ;)*
> > >
> > > Salam,
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@ wrote:
> > > >
> > > > Ah, Swas, bolak-balik kata tak akan membawa kita ke mana-mana
> kecuali
> > > makin
> > > > rapih membungkus keculasan dengan kebijakan artifisial. Anda
> meminta
> > > > saya "mencoba memahami" Anda? Ha ha ha, ini baru beneran lucu.
> Asli.
> > > Sesuatu
> > > > yang sejak awal kami yang kristen ini dambakan dari teman-teman
> Muslim
> > > di milis
> > > > ini, tapi yah...harapan tinggal harapan. Dan sekarang Swas minta
> saya
> > > memahami
> > > > Anda? Oalah...
> > > >
> > > > Ini kutipan ucapanmu, Swas: "kalo menurut saya sih itu nasib jadi
> > > minoritas di
> > > > mana-mana". Pandangan yang amat fatalistis dan menyarankan
> submission
> > > ini apa
> > > > persepsi saya sendiri? Tak ada yang namanya "nasib" dalam soal
> zolim
> > > menzolimi
> > > > antar manusia, Swas. Kok nyalahin nasib? Bahwa Anda pernah
> mengalami
> > > > diskriminasi rangkap tiga, ini seharusnya tidak menjadi
> justifikasi
> > > bahwa
> > > > lumrah buat orang lain untuk mengalami hal serupa dengan Anda.
> > > Lagi-lagi cara
> > > > berpikir superrasional yang sangat dingin dan tak berjiwa. Dan
> Anda
> > > suruh saya
> > > > melihat dengan "hati"? Wuahahahahaha.....(sori, ketularan
> hendrik).
> > > >
> > > > Dengan enteng menganjurkan saya melakukan hal sama seperti
> dilakukan
> > > Agus
> > > > Syafii adalah ucapan asal njeplak seseorang yang berada dalam
> posisi
> > > mayoritas
> > > > and has nothing to lose because her position is always-already
> safe
> > > and
> > > > superior. Jika Agus Syafii atau Anda melakukan sosialisasi
> > > ajaran-ajaran agama,
> > > > dampaknya jelas jauh beda dengan saya sebagai bagian dari kelompok
> > > minoritas
> > > > jika melakukan hal serupa. Tapi, itulah. Yang absen pada diri Anda
> > > adalah ke-
> > > > sensitif-an, dan mungkin juga empati. Bikin saran tanpa mikir
> sikon
> > > orang yang
> > > > dikasih saran, karena kau hanya mampu mencerna persoalan dari
> posisimu
> > > sendiri.
> > > > Di Indonesia, jika seseorang dituduh melakukan "kristenisasi"
> > > dampaknya sangat
> > > > serius, dan ini yang tak Anda tangkap. Asbun. Saya kembalikan deh
> > > saranmu:"coba
> > > > dirasakan dengan hati."
> > > >
> > > > Saya terlalu banyak mikir? Alhamdullilah masih bisa mikir. Mungkin
> > > Anda
> > > > semestinya juga perlu lebih banyak mikir, sehingga tidak "malas"
> > > seperti
> > > > sekarang ini. Mikir dalama arti seluas-luasnya, Swas, bukan cuma
> > > demonstrasi
> > > > rasio yang dingin yang tampak impresif di permukaan tapi kosong
> affect
> > > di
> > > > dalamnya.
> > > >
> > > > Oh ya,kamu boleh menggunakan kata-kata saya yang mana aja untuk
> > > membalik meja,
> > > > Swas. Silakan. Bebas aja mau diputar balik kaya apa, as if I care?
> > > Ayo, balikin
> > > > cepetan. Saya tantang. Pasti akan sangat menghibur :) Belakangan
> saya
> > > mulai
> > > > menikmati menyaksikan keahlian dan bakatmu dalam hal yang satu
> ini.
> > > >
> > > > Lho? Soal devil's advocate belum ngerti juga toh maksudnya sampe
> masih
> > > nanya
> > > > lagi yang nggak kacangan itu kaya apa? Kirain pinter... Saya
> ulangi
> > > lagi ya:
> > > > kalo betul mau jadi devil's advocate, jadilah devil's advocate
> untuk
> > > memberikan
> > > > benefit of doubt pada keyakinanmu sendiri. kalau jadi devil's
> advocate
> > > buat
> > > > keyakinan orang lain, itu namanya bukan "devil's advocate". Baca
> dong
> > > yang
> > > > beneeeer....capek nih ngulang-ulang.
> > > >
> > > > manneke


Support the World Aids Awareness campaign this month with Yahoo! for Good

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Green Groups

on Yahoo! Groups

share your passion

for the planet.

Best of Y! Groups

Check out the best

of what Yahoo!

Groups has to offer.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: