Jumat, 30 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: Pak Man lagi ;) Ooo, Swas lagi toh?


Artinya "fatalistis", Pak? Waaah.. saya nggak paham tuh ;) Kan saya
nggak sepintar itu ;)

Uhm.. bagaimana kalau Bapak yang menerangkan saja artinya :)? Kalau
menerangkan arti suatu kata, kan nggak akan kena tuduhan apa2 toh, Pak
;)? Jadi nggak ada dampak seriusnya ;)?

Salam,

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@... wrote:
>
> Ya, selamat menikmati pujianku. Seneng saya bahwa itu menyenangkan
hatimu :)
>
> Eh, Swas, ngomong-ngomong Anda ngerti enggak sih arti kata
"fatalistis"? Kok
> sekarang malah saya yang dibilang menganggap "nasib adalah sesuatu
yang
> terberi"? Bukankah dalam reply saya terakhir saya katakan justru tidak
> demikian, dan statement Andalah yang menyiratkan hal itu? Bolak-balik
kata
> lagi, ya? Makin kehilangan fokus aja kau.
>
> Emang apa yang keliru dengan saran yang berpatokan pada psikologi dan
bukan
> agama? Atau kalo bukan psikolog nggak boleh ngomong psikologi sama
sekali? Kok
> makin nggak jelas aja posting-posting Anda?
>
> manneke
>
> Quoting was_swas was_swas@...:
>
> >
> > Hahaha.. wah, makasih, Pak, kalau sempat "dikira" pintar, apalagi
segitu
> > pintarnya sampai bisa menampilkan "kebijakan superfisial" ;) Itu
pujian
> > yang tinggi banget deh :)
> >
> > Pandangan saya fatalistis ya :)? Ya maaf deh, saya kurang menyadari
> > bahwa untuk Bapak "nasib" itu sesuatu yang terberi dan tidak dapat
> > diubah :). Mungkin saya terlalu terpaku pada ajaran agama saya bahwa
> > nasib itu dapat diubah, yang tidak dapat diubah hanya tiga hal yang
> > termasuk takdir mubrom: jodoh, lahir, dan mati :). Makanya saya
berani
> > menyarankan bahwa Bapak meniru Mas Agussyafii, walaupun nasib Bapak
> > mungkin tidak ubahnya seperti nasib saya dulu :)
> >
> > *eh, dan saran untuk mencoba memahami persepsi orang lain itu
dasarnya
> > psikologi lho, bukan agama ;)*
> >
> > Salam,
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@ wrote:
> > >
> > > Ah, Swas, bolak-balik kata tak akan membawa kita ke mana-mana
kecuali
> > makin
> > > rapih membungkus keculasan dengan kebijakan artifisial. Anda
meminta
> > > saya "mencoba memahami" Anda? Ha ha ha, ini baru beneran lucu.
Asli.
> > Sesuatu
> > > yang sejak awal kami yang kristen ini dambakan dari teman-teman
Muslim
> > di milis
> > > ini, tapi yah...harapan tinggal harapan. Dan sekarang Swas minta
saya
> > memahami
> > > Anda? Oalah...
> > >
> > > Ini kutipan ucapanmu, Swas: "kalo menurut saya sih itu nasib jadi
> > minoritas di
> > > mana-mana". Pandangan yang amat fatalistis dan menyarankan
submission
> > ini apa
> > > persepsi saya sendiri? Tak ada yang namanya "nasib" dalam soal
zolim
> > menzolimi
> > > antar manusia, Swas. Kok nyalahin nasib? Bahwa Anda pernah
mengalami
> > > diskriminasi rangkap tiga, ini seharusnya tidak menjadi
justifikasi
> > bahwa
> > > lumrah buat orang lain untuk mengalami hal serupa dengan Anda.
> > Lagi-lagi cara
> > > berpikir superrasional yang sangat dingin dan tak berjiwa. Dan
Anda
> > suruh saya
> > > melihat dengan "hati"? Wuahahahahaha.....(sori, ketularan
hendrik).
> > >
> > > Dengan enteng menganjurkan saya melakukan hal sama seperti
dilakukan
> > Agus
> > > Syafii adalah ucapan asal njeplak seseorang yang berada dalam
posisi
> > mayoritas
> > > and has nothing to lose because her position is always-already
safe
> > and
> > > superior. Jika Agus Syafii atau Anda melakukan sosialisasi
> > ajaran-ajaran agama,
> > > dampaknya jelas jauh beda dengan saya sebagai bagian dari kelompok
> > minoritas
> > > jika melakukan hal serupa. Tapi, itulah. Yang absen pada diri Anda
> > adalah ke-
> > > sensitif-an, dan mungkin juga empati. Bikin saran tanpa mikir
sikon
> > orang yang
> > > dikasih saran, karena kau hanya mampu mencerna persoalan dari
posisimu
> > sendiri.
> > > Di Indonesia, jika seseorang dituduh melakukan "kristenisasi"
> > dampaknya sangat
> > > serius, dan ini yang tak Anda tangkap. Asbun. Saya kembalikan deh
> > saranmu:"coba
> > > dirasakan dengan hati."
> > >
> > > Saya terlalu banyak mikir? Alhamdullilah masih bisa mikir. Mungkin
> > Anda
> > > semestinya juga perlu lebih banyak mikir, sehingga tidak "malas"
> > seperti
> > > sekarang ini. Mikir dalama arti seluas-luasnya, Swas, bukan cuma
> > demonstrasi
> > > rasio yang dingin yang tampak impresif di permukaan tapi kosong
affect
> > di
> > > dalamnya.
> > >
> > > Oh ya,kamu boleh menggunakan kata-kata saya yang mana aja untuk
> > membalik meja,
> > > Swas. Silakan. Bebas aja mau diputar balik kaya apa, as if I care?
> > Ayo, balikin
> > > cepetan. Saya tantang. Pasti akan sangat menghibur :) Belakangan
saya
> > mulai
> > > menikmati menyaksikan keahlian dan bakatmu dalam hal yang satu
ini.
> > >
> > > Lho? Soal devil's advocate belum ngerti juga toh maksudnya sampe
masih
> > nanya
> > > lagi yang nggak kacangan itu kaya apa? Kirain pinter... Saya
ulangi
> > lagi ya:
> > > kalo betul mau jadi devil's advocate, jadilah devil's advocate
untuk
> > memberikan
> > > benefit of doubt pada keyakinanmu sendiri. kalau jadi devil's
advocate
> > buat
> > > keyakinan orang lain, itu namanya bukan "devil's advocate". Baca
dong
> > yang
> > > beneeeer....capek nih ngulang-ulang.
> > >
> > > manneke

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Endurance Zone

A Yahoo! Group

Learn how to

increase endurance.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: