Jumat, 30 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: Pak Man lagi ;) Ooo, Swas lagi toh?

Ooooooo......panteeeeeeeeeees. Padahal udah begitu gamblangnya, ya? Wah,
kayanya juga bakal percuma diterangin: buang-buang waktu, dan hasilya bisa
dipastikan bakal tetap nggak ngerti. Ini tak terkait dengan situ pinter atau
bodoh, tapi lebih menyangkut situ punya empati atau enggak. Mungkin perlu di-
dekon?

manneke

Quoting was_swas <was_swas@yahoo.com>:

>
> Artinya "fatalistis", Pak? Waaah.. saya nggak paham tuh ;) Kan saya
> nggak sepintar itu ;)
>
> Uhm.. bagaimana kalau Bapak yang menerangkan saja artinya :)? Kalau
> menerangkan arti suatu kata, kan nggak akan kena tuduhan apa2 toh, Pak
> ;)? Jadi nggak ada dampak seriusnya ;)?
>
> Salam,
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@... wrote:
> >
> > Ya, selamat menikmati pujianku. Seneng saya bahwa itu menyenangkan
> hatimu :)
> >
> > Eh, Swas, ngomong-ngomong Anda ngerti enggak sih arti kata
> "fatalistis"? Kok
> > sekarang malah saya yang dibilang menganggap "nasib adalah sesuatu
> yang
> > terberi"? Bukankah dalam reply saya terakhir saya katakan justru tidak
> > demikian, dan statement Andalah yang menyiratkan hal itu? Bolak-balik
> kata
> > lagi, ya? Makin kehilangan fokus aja kau.
> >
> > Emang apa yang keliru dengan saran yang berpatokan pada psikologi dan
> bukan
> > agama? Atau kalo bukan psikolog nggak boleh ngomong psikologi sama
> sekali? Kok
> > makin nggak jelas aja posting-posting Anda?
> >
> > manneke
> >
> > Quoting was_swas was_swas@...:
> >
> > >
> > > Hahaha.. wah, makasih, Pak, kalau sempat "dikira" pintar, apalagi
> segitu
> > > pintarnya sampai bisa menampilkan "kebijakan superfisial" ;) Itu
> pujian
> > > yang tinggi banget deh :)
> > >
> > > Pandangan saya fatalistis ya :)? Ya maaf deh, saya kurang menyadari
> > > bahwa untuk Bapak "nasib" itu sesuatu yang terberi dan tidak dapat
> > > diubah :). Mungkin saya terlalu terpaku pada ajaran agama saya bahwa
> > > nasib itu dapat diubah, yang tidak dapat diubah hanya tiga hal yang
> > > termasuk takdir mubrom: jodoh, lahir, dan mati :). Makanya saya
> berani
> > > menyarankan bahwa Bapak meniru Mas Agussyafii, walaupun nasib Bapak
> > > mungkin tidak ubahnya seperti nasib saya dulu :)
> > >
> > > *eh, dan saran untuk mencoba memahami persepsi orang lain itu
> dasarnya
> > > psikologi lho, bukan agama ;)*
> > >
> > > Salam,
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@ wrote:
> > > >
> > > > Ah, Swas, bolak-balik kata tak akan membawa kita ke mana-mana
> kecuali
> > > makin
> > > > rapih membungkus keculasan dengan kebijakan artifisial. Anda
> meminta
> > > > saya "mencoba memahami" Anda? Ha ha ha, ini baru beneran lucu.
> Asli.
> > > Sesuatu
> > > > yang sejak awal kami yang kristen ini dambakan dari teman-teman
> Muslim
> > > di milis
> > > > ini, tapi yah...harapan tinggal harapan. Dan sekarang Swas minta
> saya
> > > memahami
> > > > Anda? Oalah...
> > > >
> > > > Ini kutipan ucapanmu, Swas: "kalo menurut saya sih itu nasib jadi
> > > minoritas di
> > > > mana-mana". Pandangan yang amat fatalistis dan menyarankan
> submission
> > > ini apa
> > > > persepsi saya sendiri? Tak ada yang namanya "nasib" dalam soal
> zolim
> > > menzolimi
> > > > antar manusia, Swas. Kok nyalahin nasib? Bahwa Anda pernah
> mengalami
> > > > diskriminasi rangkap tiga, ini seharusnya tidak menjadi
> justifikasi
> > > bahwa
> > > > lumrah buat orang lain untuk mengalami hal serupa dengan Anda.
> > > Lagi-lagi cara
> > > > berpikir superrasional yang sangat dingin dan tak berjiwa. Dan
> Anda
> > > suruh saya
> > > > melihat dengan "hati"? Wuahahahahaha.....(sori, ketularan
> hendrik).
> > > >
> > > > Dengan enteng menganjurkan saya melakukan hal sama seperti
> dilakukan
> > > Agus
> > > > Syafii adalah ucapan asal njeplak seseorang yang berada dalam
> posisi
> > > mayoritas
> > > > and has nothing to lose because her position is always-already
> safe
> > > and
> > > > superior. Jika Agus Syafii atau Anda melakukan sosialisasi
> > > ajaran-ajaran agama,
> > > > dampaknya jelas jauh beda dengan saya sebagai bagian dari kelompok
> > > minoritas
> > > > jika melakukan hal serupa. Tapi, itulah. Yang absen pada diri Anda
> > > adalah ke-
> > > > sensitif-an, dan mungkin juga empati. Bikin saran tanpa mikir
> sikon
> > > orang yang
> > > > dikasih saran, karena kau hanya mampu mencerna persoalan dari
> posisimu
> > > sendiri.
> > > > Di Indonesia, jika seseorang dituduh melakukan "kristenisasi"
> > > dampaknya sangat
> > > > serius, dan ini yang tak Anda tangkap. Asbun. Saya kembalikan deh
> > > saranmu:"coba
> > > > dirasakan dengan hati."
> > > >
> > > > Saya terlalu banyak mikir? Alhamdullilah masih bisa mikir. Mungkin
> > > Anda
> > > > semestinya juga perlu lebih banyak mikir, sehingga tidak "malas"
> > > seperti
> > > > sekarang ini. Mikir dalama arti seluas-luasnya, Swas, bukan cuma
> > > demonstrasi
> > > > rasio yang dingin yang tampak impresif di permukaan tapi kosong
> affect
> > > di
> > > > dalamnya.
> > > >
> > > > Oh ya,kamu boleh menggunakan kata-kata saya yang mana aja untuk
> > > membalik meja,
> > > > Swas. Silakan. Bebas aja mau diputar balik kaya apa, as if I care?
> > > Ayo, balikin
> > > > cepetan. Saya tantang. Pasti akan sangat menghibur :) Belakangan
> saya
> > > mulai
> > > > menikmati menyaksikan keahlian dan bakatmu dalam hal yang satu
> ini.
> > > >
> > > > Lho? Soal devil's advocate belum ngerti juga toh maksudnya sampe
> masih
> > > nanya
> > > > lagi yang nggak kacangan itu kaya apa? Kirain pinter... Saya
> ulangi
> > > lagi ya:
> > > > kalo betul mau jadi devil's advocate, jadilah devil's advocate
> untuk
> > > memberikan
> > > > benefit of doubt pada keyakinanmu sendiri. kalau jadi devil's
> advocate
> > > buat
> > > > keyakinan orang lain, itu namanya bukan "devil's advocate". Baca
> dong
> > > yang
> > > > beneeeer....capek nih ngulang-ulang.
> > > >
> > > > manneke
>
>
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Yahoo! Groups

Get info and support

on Samsung HDTVs

and devices.

Yahoo! Groups

Special K Challenge

Learn how others are

shedding the pounds.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: