Selasa, 20 November 2007

[psikologi_transformatif] Model Berpikir Think CoW!

Model Berpikir Think CoW!

Strategi Berpikir Matematika untuk memecahkan Soal Cerita bersandar pada Model Berpikir Think CoW!. Di dalam Model Think CoW! Ò yang diinspirasi oleh struktur otak manusia terdapat 4 (empat) Komponen Utama yang diwakili oleh warna tertentu, yaitu:



1. Goal (Tujuan)

Diwakili oleh warna Putih (white–Blank Sheet) merupakan komponen yang mengkontrol semua proses berpikir yang lain agar bekerja secara efektif dan efisien dalam mencapai Tujuan (Goal) yang telah ditetapkan.





2. Knowledge (Pengetahuan)

Diwakili oleh warna Biru (blue – Sky) merupakan komponen yang mengumpulkan semua pengetahuan (data, informasi, fakta, teori dsb) yang diperlukan dalam memecahkan problem yang dihadapi.





3. Inductive (Penalaran Induktif)

Diwakili oleh warna Hijau (green-Plant) merupakan komponen untuk melihat pola keseluruhan dari problem yang dihadapi. Komponen ini meliputi: melihat keseluruhan problem, mengajukan ide-ide sebagai alternatif jawaban, membuat pendekatan baru jika terbentur oleh kendala.



Proses penalaran induktif (Inductive) biasanya didominasi oleh aktifitas berpikir kreatif, imajinatif dan sintesis sehingga banyak menggunakan Otak Kanan (Right Brain). Pembelajaran secara Induktif menyebabkan kita mampu mengenali pola-pola yang muncul berulang secara kreatif dalam pengetahuan (Knowledge) yang telah dimiliki. Yang menjadi fokus pembelajaran dalam komponen penalaran induktif (Inductive) adalah banyaknya pola yang bisa dikenali oleh kita (bukan kebenaran dari pola yang dikenali tersebut)



4. Deductive (Penalaran Deduktif)

Diwakili oleh warna Ungu (Purple-Indigo) merupakan komponen untuk menilai pola yang telah dikenali dan menurunkan jawaban terhadap problem yang dihadapi sesuai dengan pola tersebut. Komponen ini meliputi merepresentasikan pola dalam bahasa matematika, menganalisa pola yang dikenali, dan menurunkan jawaban berdasarkan pola tersebut.



Proses penalaran deduktif (Deductive) biasanya didominasi oleh aktifitas berpikir kritis, logis dan analitis sehingga banyak menggunakan Otak Kiri (Left Brain). Fokus dalam pembelajaran deduktif (Deductive) adalah menilai kebenaran suatu pola yang telah dikenali dan kemampuan untuk menarik konsekuensi berdasarkan pola tersebut.



Tujuan Think CoW!

Tujuan utama dari Think CoW!Ò adalah mengembangkan kemampuan untuk memecahkan problem (problem solving) yang berkaitan dengan Logika dan Matematika, yang seringkali didefinisikan sebagai `kemampuan berpikir Matematika' (mathematical thinking).



Problem Matematika yang dihadapi Think CoW!

Bentuk Problem Matematika yang menjadi fokus dari Think CoW! adalah Soal Cerita (Word Problem), karena dengan bentuk Soal Cerita ini dapat dijembatani antara problem dalam dunia nyata dan problem dalam Matematika, terutama dalam Permodelan Matematika. Bentuk Soal Cerita adalah bentuk problem matematika dimana informasi dalam problem tersebut disajikan dalam kata-kata, alih-alih daripada dalam Notasi Matematika.

Soal Cerita merupakan bentuk yang umum untuk melatih dan menguji pemahaman konsep-konsep matematika, alih-alih daripada hanya sekedar mengajarkan dan menguji prosedur manipulasi matematika. Sehingga diharapkan dengan Soal Cerita, matematika dapat dilihat dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari


TEAM METRIS
http://groups.yahoo.com/group/think_cow
http://groups.yahoo.com/group/metode_horisontal
www.sigmetris.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Yahoo! Groups

Endurance Zone

A Yahoo! Group

for better endurance.

Fitness Challenge

on Yahoo! Groups

Get in shape w/the

Special K Challenge.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: