Sabtu, 03 November 2007

[psikologi_transformatif] Re: Mengurangi Tawuran (TIDAK ADA PERANG!)

Saya mengembalikan pertanyaan anda: bagaimana cara mengukur kualitas
massage dalam milis ini?

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "wolikertajiwa"
<wolikertajiwa@...> wrote:
>
> Bagaimana menjaga kualitas messages dalam milis ini secara
sistemik ?
>
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "Alexander"
> <alexanderkhoe@> wrote:
> >
> > ACHTUNG! ACHTUNG!
> >
> > TIDAK ADA PEPERANGAN ATAU TAWURAN DALAM BENTUK APAPUN DALAM MILIS
> INI!
> > HENDAKNYA SEMUA SADAR SESADAR-SADARNYA MELIHAT REALITAS TANPA
> MINUM
> > TEH OPLOSAN! TIDAK PERLU ADA DRAMATISIR APALAGI GOSIP-GOSIP!
> >
> > KEBENARANNYA ADALAH: KITA TELAH BERMAIN-MAIN DENGAN ANJING-ANJING
> > YANG LUCU-LUCU!!!
> >
> > INGAT BAHWA HIBURAN BERSAMA ANJING-ANJING INI DAPAT MEMBUAT KITA
> > TERTAWA TERBAHAK-BAHAK YANG DAPAT MENYEHATKAN BADAN KITA.
> >
> > MAKA KAMI YANG SUDAH MERASA TERHIBUR INGIN SEKALI MENGUNGKAPKAN
> RASA
> > TERIMA KASIH SEBESAR-BESARNYA PADA ANJING-ANJING SIRKUS YANG LUCU-
> > LUCU TERSEBUT DENGAN MEMBERIKAN RECEHAN SEBESAR 50 PERAK PER
> ANJING!
> >
> > SALAM,
> >
> >
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "gotholoco"
> > <gotholoco@> wrote:
> > >
> > > Mbak was yang swasta..
> > > Bila tidak ada "peperangan" mana mungkin "pedang/ilmu" tetep
> dalam
> > > bungkusnya atau "sarangka"nya.
> > >
> > > Ayo keluarkan "kepunyaannya" masing-masing!!! he..he..he..
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "was_swas"
> > > <was_swas@> wrote:
> > > >
> > > >
> > > > Saya ingin ikut komentar sedikit, borongan aja menanggapi
para
> > penulis
> > > > "serius" di topik ini: Bang Harez, Mas Wolker, Pak Jusuf, dan
> Mas
> > Rahmat
> > > > Budi :)
> > > >
> > > > Mengenai jabaran Bang Harez tentang disertasi Mbak Wina, pada
> > prinsipnya
> > > > setuju banget. Dan itu memang yang tidak tertampil di milis
> ini.
> > Ada
> > > > sebagian orang yang di kedua belah pihak yang berseteru yang
> > memang
> > > > senang mempublikasikan "pertarungan" di milis ini kemana-
mana.
> > Satu aksi
> > > > tentunya memancing reaksi: ketika satu pihak
> merasa "dipermalukan"
> > > > karena diumumkan kemana2 sebagai tukang ribut, maka besar
> > kemungkinan
> > > > bahwa pihak tersebut akan membalas - salah satunya dengan
> gantian
> > > > mengumumkan kemana2 bahwa yang salah bukan dia. Terus demikian
> > > > sambung-menyambung reaksinya, hingga nggak jelas lagi siapa
> yang
> > duluan
> > > > membuat keributan; dan orang2 yang menonton kemudian akan
punya
> > > > interpretasi sendiri2. Jika si A mulai menonton saat si B
> > dipojokkan
> > > > oleh si C, maka di mata A korbannya B dan penganiayanya C.
> > Sebaliknya,
> > > > nanti ada orang2 yang juga yang akan mengatakan bahwa si C
> memang
> > mulai
> > > > duluan, B hanya membalas. Kebetulan aja B bikin masalah ke
> banyak
> > orang,
> > > > sehingga akhirnya ketika C membalas, si D, si E, si F ikutan.
> > > >
> > > > Ini sudah saya perhatikan sejak awal, dan seingat saya, saya
> > pernah
> > > > memberikan saran untuk menghentikannya, dalam sebuah posting
> > berjudul
> > > > "Menghentikan Perang" (cari saja di arsip, saya nggak nyimpan
> > > > postingnya, dan saya terlalu malas untuk cari di arsip ;)).
> Saat
> > itu
> > > > saya katakan bahwa it takes two to tango, but it takes only
> one
> > to stop
> > > > the tango :) Nggak perduli siapa yang menyerang dan siapa
yang
> > diserang,
> > > > masing2 punya kemampuan untuk menghentikan perang, yaitu
> dengan
> > diam dan
> > > > tidak membalas lagi. Tapi.. tidak ada yang melakukannya :)
> > > >
> > > > Lebih dari sekedar memberi nasihat dan memberikan referensi
> buku
> > untuk
> > > > dibaca tentang it takes only one to stop the tango, saya juga
> > sudah
> > > > memberikan contoh ;). Ketika satu pihak "menuduh" saya
> > sebagai "tukang
> > > > cacimaki" (sesuatu yang TIDAK pernah saya lakukan), bahkan
> > memforwardkan
> > > > biodata saya kemana2 dengan fitnah seperti itu, saya TIDAK
> > membalas :).
> > > > Saya bisa saja membalas dengan cara yang sama atau lebih
> > kampungan, tapi
> > > > tidak saya lakukan. Why? Karena saya ingin memberikan contoh:
> it
> > takes
> > > > only one to stop the tango :) Biarkan saja satu pihak itu
sibuk
> > > > memfitnah saya kemana2. Toh saya yakin sebagian besar orang
> akan
> > bisa
> > > > menilai sendiri dengan melihat posting2 saya sekarang, yang
> lalu,
> > dan
> > > > yang akan datang ;). Ngapain saya repot2 membela diri? Nanti
> malah
> > > > tambah rame ;) Any guy can ask my hand for a tango, but I am
> the
> > one who
> > > > decide with whom I would like to dance ;-) Bukankah begitu ;-
)?
> > > >
> > > > Lalu mengenai usul Mas Wolker tentang penggunaan teknologi;
> ban
> > dan
> > > > remove anggota2 tertentu. Saran yang "mirip" (baca: tidak
sama
> > persis)
> > > > sudah pernah saya sampaikan setahun yang lalu. Waktu itu saya
> > tidak
> > > > menyarankan ban and remove, hanya menyarankan peran moderator
> > yang lebih
> > > > aktif: moderator tidak perlu mem-banned atau remove siapa
pun,
> > namun..
> > > > jika pembicaraan sudah terlalu menyimpang dari nettiquette
> (salah
> > > > satunya: kata2 kasar mulai bertebaran), maka moderator harus
> turun
> > > > tangan dan mengembalikan diskusi ke arah yang lebih nyaman
> > menurut umum.
> > > > Dengan campur tangan moderator, mungkin pihak yang berseteru
> tidak
> > > > merasa nyaman, merasa kenyamanannya dikurangi: wong lagi
asyik
> > maki2 kok
> > > > disuruh diam, kan menyesakkan data tuh ;-)? Tapi mungkin
> > menghilangkan
> > > > kenyamanan sebagian pihak lebih baik daripada semua pihak
jadi
> > sakit
> > > > mata baca cacimaki.
> > > >
> > > > Cuma.. ketika itu, moderator mengatakan bahwa itu
bertentangan
> > dengan
> > > > policy milis ini. Milis ini memang collosseum, dimana semua
> orang
> > boleh
> > > > jadi singa dan boleh jadi mangsa. Sampai saat ini saya lihat
> > moderator
> > > > masih konsisten memegang prinsip ini; walaupun dia juga saat
> ini
> > jadi
> > > > pihak yang dicacimaki (dan gantian mencacimaki ;-)), dan saya
> > > > menghormati pilihan moderator, meskipun tidak sesuai dengan
> > pilihan saya
> > > > ;-) After all, he's the boss ;-) Oleh karena itu, saya pikir
> > memang
> > > > saran Mas Wolker tidak bisa diterapkan di milis ini, KECUALI
> > kalau ada
> > > > yang meng-kudeta milis ini.. hehehe.. dan mengganti struktur
> > organisasi
> > > > milis (haiyah! bahasanya!).
> > > >
> > > > Saya sih tidak berminat mengkudeta milis ini.. hehehe.. Kalau
> ada
> > yang
> > > > mau, ya monggo2 aja. Pak Harto aja bisa lengser karena banyak
> yang
> > > > "mengkudeta".. hehehe.. Kalau saya sih tipenya adaptor aja
> deh:
> > apa pun
> > > > bentuk milisnya, saya ya seperti ini. Kalau ada topik yang
> bikin
> > saya
> > > > tertarik, saya nyemplung. Kalau enggak, ya pass ;-). Tetap
> tanpa
> > > > cacimaki, meskipun sudah "difitnah" sebagai tukang cacimaki ;-
)
> > > >
> > > > Yang terakhir buat Pak Jusuf ;-). Pak Jusuf menulis:
> > > >
> > > > Tidak nampak samasekali indikasi upaya untuk melihat masalah
> dari
> > sudut
> > > > ilmu pengetahuan dan bertanya pada orang yang berilmu supaya
> > masalah
> > > > yang dibahas menjadi terang ! Sehingga keadaannya mirip orang
> > botak dan
> > > > gundul yang sedang jambak-jambakan
> > > >
> > > > Lucunya lagi yang berpendidikan psikologi alih-alih ikut
> > menjernihkan,
> > > > malahan ada yang tampil dengan berbagai nama samaran dan ikut
> > tawuran
> > > > juga. Karena itu selalu saya ingatkan mengapa tidak
menyimak
> > kembali
> > > > disertasi Fuad Hassan bahwa manusia adalah mahluk yang belum
> > jadi dan
> > > > terus menerus sedang dalam proses eternal becoming !
> > > >
> > > > Hmm.. mosok sih, Pak, tidak ada usaha untuk melihat masalah
> dari
> > sudut
> > > > ilmu pengetahuan ;-)? Bukankah baru minggu lalu saya
> mengatakan
> > pada
> > > > Bapak bahwa pada akhirnya saya melihat "tawuran" ini sebagai
> > bentuk
> > > > negative reinforcement sebagaimana dijabarkan dalam ilmu
> > pengetahuan
> > > > berjudul psikologi, khususnya mazhab behavioristik ;-)? Ini
> kan,
> > yang
> > > > menjadi pangkal diskusi panjang kita ;-)?
> > > >
> > > > Eh, tapi.. bener nih.. Bapak ingin ada upaya melihat dari ilmu
> > > > pengetahuan ;-)? Nanti kalau ada yang usaha, Bapak bilang ia
> > adalah
> > > > kolektor ilmu pengetahuan.. HAHAHAHA.. ;-)
> > > >
> > > > Salah satu alasan saya tidak ikut2an mencacimaki NAMUN tidak
> juga
> > > > berusaha menghentikan cacimaki adalah: karena saya percaya
> kepada
> > > > kemampuan beberapa orang di sini untuk "menjernihkan masalah"
> > dengan
> > > > cara seperti ini. Dan saya tahu: dalam "terapi" seperti ini,
> > seringkali
> > > > sang klien menunjukkan reaksi lebih nasty dan lebih tantrum
> > daripada
> > > > biasanya ;-) Jadi saya masih memilih membiarkan dulu sampai
> > dimana hal
> > > > ini berakhir.
> > > >
> > > > Tidak ikut berusaha menjernihkan, Pak? Hmm.. beberapa kali
> saya
> > lihat
> > > > sudah banyak orang yang mencoba menjernihkan masalah. Tapi..
> > > > karakteristik beberapa orang yang berseteru memang bukan
jenis
> > yang suka
> > > > kejernihan.. hehehe.. Satu pihak melihat apa pun yang
> > berjudul "jernih"
> > > > atau "hati nurani" atau "sabar" sebagai kemunafikan ;-)
> Melihat
> > apa pun
> > > > yang tidak membelanya sebagai "serangan" dan boleh difitnah
> > kemana2.
> > > > Bagaimana bisa kepala kita tetap dingin dan menelaah secara
> > jernih jika
> > > > hati telah dibakar benci dan prasangka ;-)? Kadang, untuk
> > menghentikan
> > > > api, air saja tidak cukup. Perlu badai besar untuk
> > menghentikannya. Lucu
> > > > memang, angin (udara) biasanya membuat api makin besar,
> namun..
> > jika
> > > > terlalu besar, api itu justru padam :-)
> > > >
> > > > Tapi kalau Pak Jusuf punya ide tentang bagaimana menjernihkan
> > orang2
> > > > yang [menurut amatan saya] sudah tidak bisa diajak bicara
> baik2,
> > silakan
> > > > saja Bapak mencobanya ;-) Namun saya setuju dengan yang
> dikatakan
> > Mas
> > > > Rahmat Budi bahwa "Kearifan yang ada dibuku, bukan hanya untuk
> > > > dibicarakan dan dijual, silahkan diterapkan disini". Itu yang
> saya
> > > > perhatikan dari awal tentang Pak Jusuf: Bapak punya banyak
> konsep
> > arif,
> > > > namun semua itu terhenti di rangkaian kata2 dalam buku yang
> Bapak
> > jual
> > > > saja ;-). Itu sebabnya dalam diskusi lalu saya "mendesak"
> Bapak
> > untuk
> > > > mewujudkan rangkaian kata2 sebagai sesuatu yang nyata ;-)
> > > >
> > > > Salam,
> > > >
> > >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Fitness Edge

A Yahoo! Group

about sharing fitness

and endurance goals.

Popular Y! Groups

Is your group one?

Check it out and

see.

Yahoo! Groups

Going Green

Share your passion

for the planet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: