Senin, 26 November 2007

Re: Bls: Bls: Bls: [psikologi_transformatif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)

halooooo Pak Jusuf....
Bapak tahukan bagaimana ilmu psikologi itu lepas dari bayang bayang Filsafat? dan sebelum jamannya Wund Psikologi itu nyatu dengan Filsafat seperti ilmu ilmu yang lain (filsafat yang menembus dingding religion, politik, social budaya, kebijaksanaan dst...)....tentu lepasnya karena punya dasar dan tujuan tersendiri.
nah bapak tahukan apa itu Filsafat? nah sekarang keberatan Pak Jusuf itu gimana?
apakah Zen sebuah Filsafat? Mmmmmm...dalam hal ini saya rasa saya bisa menjawab, dan jawabannya adalah iya! Zen adalah bagian dari Filsafat timur.
(maaf jaka sembung.....:) mau kembali ke akarnya dulu ah)
tomy
 
 
 


----- Original Message ----
From: Jusuf Sutanto <jusuf_sw@yahoo.co.id>
To: psikologi_transformatif@yahoogroups.com
Sent: Sunday, November 25, 2007 2:07:14 AM
Subject: Bls: Bls: Bls: [psikologi_transformatif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)



----- Pesan Asli ----
Dari: Tomy T <tomigant@yahoo. com>
Kepada: psikologi_transform atif@yahoogroups .com
Terkirim: Minggu, 25 November, 2007 7:18:19
Topik: Re: Bls: Bls: [psikologi_transfor matif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)

Pak Susanto...
...dalam pendampingan inilah Pak...psikolog membutuhkan beberapa "instrumental" ..termasuk psiko tes, termasuk konseling, termasuk psiko analisis, termasuk soal comportament- nya dst...tapi itu adalah tetap sebuah instrumental. bapak membuat perbandingan ke bandung....cuma gimana mau menunjuk jalan ke bandung kalau psikolog itu sendiri belum pernah sampai di Bandung?

JS :
Instrumental dibuat berdasarkan paradigma yang menjadi latar belakang dibuatnya intsrument tsb. Repotnya cliennya yang di serut / diganjel spy masuk dlm paradigma tsb.
Kepekaan untuk tidak tergelincir ke lubang ini bisa diatasi kalau sistem pendidikannya disempurnakan sesuai dengan  perkembangan zaman  dimana semuanya semakin mengglobal dan kait mengkait.
Misalnya di tingkat 1 diajarkan : Teori Evolusi Darwin sampai ke Teilhard de Chardin, Perkembangan kosmologi setelah era astronaut, Pre-axial Age, pengalaman ahli fisika dalam mengembangkan model2 saat meneliti alam sehingga sampai pada Fisika Kuantum, ....dsb yang tujuannya adalah membangun pemahaman bahwa alam bergerak, demikian juga  manusia, sedang menuju era konvergensi. 
Bagaimana kaitan antara fakta dengan clouded mind seperti syair Seng T'san.
Mata pelajaran dan kegiatan ekstra-kurikuler apa yang bisa dipakai untuk mengasah  bidang ini.
============
namun walaupun demikian bukan berarti seperti ungkapan banyak orang (ada yang karena benci, frustasi ga bisa menyelesaikan kuliah, merasa di rugikan, menemukan psikolog palsu atau tidak punya kemampuan, saingan dst...) yang mengatakan.. .."ah psikolog itu ga benar" ini banyak kekurangannya dan  contohnya... .dst.....

JS :
Ilmu psikologi adalah ilmu masa depan. Fakultas yang lain di PT hanya memberikan pengetahuan tertentu untuk bisa diperdalam dan bisa memberikan penghidupan.
Tapi psikologi das Sollen adalah ilmu membina diri yang harus dimulai dari diri sendiri. Setelah diri cerah, baru bisa memfasilitasi orang lain spy menemukan sendiri pencerahannya. Karena itu ujung dari konseling psikologi adalah clien seharusnya suatu saat akan berteriak .......ahaaaa. Dan saat itu dia bisa terbebas dari persoalannya dan terbang seperti ulat yang keluar dari kepompong dan menjadi kupu-kupu
Karena itu psikologi adalah ilmu yang perlu diajarkan di semua jurusan di PT.
karena sifatnya yang universal, sehingga bisa difahami oleh siapa saja, sehingga berbeda dari agama yang bersifat 'kami'.
kalau ilmu lain diperlukan untuk 'to have', maka psikologi adalah untuk 'to be'
===========
 Zen dibutuhkan dalam sekoalh psikolog.... mmmmm, kenapa bapak enggak buat penelitian? di sekolah psikologi juga sebenarnya di tuntut  seseorang menjadi seorang psikolog yang mampu melihat manusia itu dalam semua seginya. tapi memang tidak semua psikolog dapat melakukan ini dengan baik. mungkin (ini mungkin, karena saya tidak kenal dalam sekolah ala ZEN) di sekolah Zen juga banyak orang yang tamat tapi apakah semua mereka itu menjadi seorang Zen yang unggul?
Selalu dikembalikan ke person-nya, ke-manusia-nya. ...karena apapun ilmunya, hanyalah sebuah instrumen (alat) saja...tidak lebih. 
kalau soal dekon, saya memang ga ngerti Pak....ga tertarik juga, makanya saya ga pernah bahas :)

JS :
Saya bukan psikolog dan peneliti. Saya hanya mengamati perlahan-lahan mulai mendapatkan tempat di pendidikan psikologi. Dalam buku Kearifan Timur diuraikan prinsip2 dasarnya. Gerinda hanya bisa berfungsi kalau sifatnya tajam dan keras sehingga mampu menggosok dan mengkilapkan batu permata.
Metodenya tidak untuk membuat orang menghafal, tapi akhirnya dia sendiri bisa meresponse situasi secara tepat dan akurat dan ' dia sendiri tidak tahu bahwa dia tahu'.
Kalau anda nonton film Tai Chi Master, inilah ilmu yang diajarkan oleh Thio Sam Hong, kepada cucunya Thio Bu Kie yang akan bertempur dengan lawan yang amat tangguh.

Semoga bermanfaat

Jusuf Sutanto


 
 
 


----- Original Message ----
From: Jusuf Sutanto <jusuf_sw@yahoo. co.id>
To: psikologi_transform atif@yahoogroups .com
Sent: Saturday, November 24, 2007 11:32:18 PM
Subject: Bls: Bls: [psikologi_transfor matif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)



----- Pesan Asli ----
Dari: Tomy T <tomigant@yahoo. com>
Kepada: psikologi_transform atif@yahoogroups .com
Terkirim: Sabtu, 24 November, 2007 10:02:39
Topik: Re: Bls: [psikologi_transfor matif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)

Pak Jusuf, saya dah coba cari buku itu...tapi bukunya "belum" dapat..di internet saya menemukan link ini http://www.nyenrode .nl/faculty/ faculty.cfm? faculty_id= 207
jadi kenal dikit dengan bapak itu (dia filsuf sekalius psikologi analisis n spiritual ya?)....cerita ttg dibutuhkannya para psikolog untuk menyeleksi tentara2 itu udah pernah dengar pak, dan itu memang bagian sejarah dari psikologi... bener apa yang bapak bilang. saya mau menambahi bahwa psikologi clinic memang sangat berkembang sebelum-pada waktu-sesudah perang karena di butuhkan. sekarang aja psiko clinic "agak" di tinggalkan karena masalah biaya, waktu yg panjang dst....

JS :
Ya dia orangnya ! Tapi bukan untuk menseleksi tentara yang sudah ada, tapi mencari anak2 muda yang bisa dijadikan tentara / recruitment.
====

soal psiko test tidak lagi menjadi faktor penting....Mmmm. ..sepertinya saat ini masih dibutuhkan Pak, cuma memang harus tahu memberi kadar dan porsi dan tempatnya.

JS :
Psiko test sebaiknya diperlakukan seperti melihat petunjuk arah, misalnya anak panah ke Bandung. Lalu kita mengikuti, tapi ketemu jalan bercabang dan ada petunjuk arah lagi  ...dst sampai akhirnya sampai di Bandung.
Psikotest masih dan akan selalu diperlukan, tapi seperti dikatakankan oleh Seng T'san, masalahnya perlu ditumbuhkan kemauan dan kemampuan pada psikolog supaya pikirannya menjadi seperti kaca yang jernih sehingga bisa memantulkan realitas sebagaimana adanya.

Yang sering terjadi adalah persepsinya sendiri yang dimunculkan dalam clientnya.
Seperti metafor client diibaratkan sebuah kaki yang harus  diserut (kalau terlalu besar)  atau diganjel (kalau terlalu kecil) supaya masuk dalam sepatunya sang psikolog. Masalah fundamental ini kurang disadari oleh pendidikan psikologi.

Fuad Hassan mengungkapkan hal ini 40 tahun lalu bahwa manusia adalah proses yang belum selesai dan terus berada dalam perjalanan (meski suatu saat berhenti cukup lama di suatu tempat) untuk menemukan dirinya sendiri.
Driyarkara juga mengajarkan manusia yang sedang menjadi, menyejarah.
Teilhard de Chardin (1881-1951)  palaentolog juga mengatakan bahwa setelah evolusi fisik (disebut 'the without') berlanjut dengan evolusi spiritual (the within/ noosphere), dari original proto-human  semakin menjadi manusia sejati / hominisasi. Ini paralel dengan tahapan Konfusius tentang ' learning tio be human ' seumur hidup dan ajaran ' hamemayu hayuning bawana "

Psikologi pada dasarnya adalah Science of the Mind sehingga tidak bisa / boleh direduksi menjadi sekedar mengerat /membiopsi manusia untuk diteliti behaviornya saat itu (seperti  Maslow)  lalu hasilnya dianggap sebagai mewakili keseluruhan. Karena itu kemampuan berpikirnya tidak boleh seperti garis lurus dan kotak, tapi bisa mengalir.
Itulah sebabnya Zen menjadi semakin dirasakan perlunya untuk dimasukkan dalam pendidikan psikolog.

Dalam perspektif ini sebenarnya tidak ada lagi jurusan klinis, karena semuanya sudah tercakup dalam konseling untuk menggosok batu ' inner beauty' client (dan juga  jam terbang psikolog dalam ' silih asah-asuh-asih) spy mengkilat.
Jurusan klinis hanya untuk bagian psikiatri.

Tapi masalahnya akan terbentur dengan materi  yang masuk dari SMU dengan metode belajar dan mengajar yang linier :  mendengar-mencatat- menghafal supaya lulus ujian (apalagi kalau sistemnya pilihan ganda )

Kita hrs berani mengungkap wacana ini ke permukaan (meski pahit) karena penting sekali untuk pengembangan SDM sehingga seperti bola salju sampai akhirnya bisa dirumuskan dalam sistem pendidikan intra- dan ekstra-kurikuler. Sayang sekali betapa waktu, tenaga, pikiran kita dihamburkan untuk mengurus soal ecek2 spt dekon - mendekon yang tidak memberikan solusi dan akhirnya hanya menambah banyak musuh saja dan membingungkan masyarakat.

Salam,
Jusuf Sutanto
 
 


----- Original Message ----
From: Jusuf Sutanto <jusuf_sw@yahoo. co.id>
To: psikologi_transform atif@yahoogroups .com
Sent: Saturday, November 24, 2007 1:36:30 AM
Subject: Bls: [psikologi_transfor matif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)

Mas Tomy,

Coba cari buku karangan Prof. Dr Paul de Blot SJ, judulnya saya lupa.
Pada waktu Perang Dunia II, Jerman perlu merekruit orang muda dalam jumlah banyak menjadi tentara.
Kalau melalui procedure biasa, dengan psiko-test segala, produktivitasnya tidak akan bisa memenuhi target.
Akhirnya ditemukan teknik wawancara yang ternyata hasilnya tidak jauh berbeda.

Karena itu psiko test tidak lagi menjadi faktor penting, apalagi setelah perkembangan ilmu fisika kuantum yang meneliti hal-hal kecil yang tak terbatas di dunia sub-atomic dan yang super besar tak terbatas seperti galaxies.
Anda bisa membayangkan apa yang terjadi dalam kesimpulan hasil observasi kita setelah ternyata bumi, observatorium tempat kita mengamati galaxies ternyata merupakan bagian dari dengan sedang menari bersama obyek yang sedang diamati.
Ahli fisika kuantum akhirnya menyimpulkan bahwa kedudukan elektron seperti kabut yang menari dan posisinya tidak bisa dipastikan karena hanya merupakan kebolehjadian saja. Apalagi kalau yang diteliti adalah psyche !
Ini berarti hasil pengamatan kita tidak lagi bisa obyektif, karena tergantung dari situasi dan kondisi sang peneliti seperti dikatakan dalam syair sbb.

" When you see everything through your personal bias ,
Your view of realiity is clouded.
Truth simply as it is, but the clouded mind cannot grasp it "

( Seng T'san,  606)

Psikotest hanya bisa menjadi pegangan dan boleh dipersepsikan sebagai " daripada tidak ada pegangan sama sekali ".
Kalau dipaksakan akan mudah tergelincir ke dalam episteme fallacy " yang mestinya tipis malah ditebalkan ; yang mestiinya tebal malah ditipiskan " .
Karena itu seorang psikolog sebaiknya diberikan wawasan dan dilatih supaya bisa mencapai tingkat " see the great in the small and see the small in the perspective of the great " sehingga cara pandangnya tidak hanya berupa line and bloc, tapi bisa flowing.

Salam,
Jusuf Sutanto

----- Pesan Asli ----
Dari: Tomy T <tomigant@yahoo. com>
Kepada: psikologi_transform atif@yahoogroups .com
Terkirim: Sabtu, 24 November, 2007 6:52:14
Topik: Re: [psikologi_transfor matif] Mas Tomy: Englishman in NY (was Re: Tecniche Proiettive & Art Therapy)

penting menurut mbak ya :)

Yang penting saja ya :)

> ------------ --------- ------
> t: udah di jawab berapa kali ya pertanyaan ini. udah ada! sudah digunakan untuk test IQ! mbak suka ga suka...apa boleh buat ahahahaha. test itu berdiri sendiri! bukanlagi digunakan hanya sebagai test proiettive.. ..saya bilang ngitungnya rumit di banding test lain (raven dst...), bukan soal tersirat, tekanan garis dst. misalnya: untuk gambar laki2 ada 73 skor, gbr perempua 71 skor, yang hrs dilihat dalam gambarnya itu...

Dipakai ;)?

T: yang ke berapa kali ya, jawabannya ya! untung sabar ngelayaninya. ...masih keras nich....sini biar aq lembekkan lagi.

 

Kalau gitu dijelaskan kenapa untuk tes IQ dipakai tes yang sebenarnya tidak dikembangkan untuk tes IQ?

T: ga ngerti nich maksudnya opo? ikut alur mbak....ga dikembangkan gimana? maksudnya ga populer? apriori itu lho.....ahahahah

 

Apakah keadaan tidak memungkinkan untuk menggunakan tes yang memang didevelop untuk mengukur IQ, apakah karena tes ini lebih baik untuk mengukur IQ, atau apa ;)

T: gimana ga memungkinkan? sekarang itu dah ada mbak..yang memang setelah melewati banyak "cobaan" (pasti ada juga yang menyangkalnya. ...tapi test yang lainjuga begitu...apakah semuanya bersih?). kalau test itu gunanya mana lebih baik....Mmmmm belum tahu....yang jelas test itu bisa di gunakan tuk test IQ. itu kan pertanyaan mbak dulu??? (kalau saya yang mbak tanya...itu bisa saya jawab...menurut saya.... ahahahahah)

 

Seperti Anda bilang sendiri, ngitungnya rumit :)

T:yup....kalau di bandingkan dengan test yang populer...ngitung skor satu orang aja membutuhkan waktu....kalau test seperti IS200 atau DAT, periksanya tinggal "timpluk aja plastik kunci jawabannya di atas kertas jawan subyek, tinggal itung langsung dapat.

 

So.. tentu ada alasan dan konteksnya mengapa dipakai sesuatu yang lebih rumit, sementara ada yang lebih gampang ;)

Segitu dulu... :)

T:yup.....motivnya mungkin kita hrs lihat sejarah ilmu ini. namun begitu bisa kita sebut untuk membuktikan ada cara lain untuk menghitung kemampuan (termasuk IQ), keadaan manusia selain cara lain, melihat kreativitas  (yang tidak kelihatan jelas dalam test IQ yg lain),  membantu psikoanalisi- klinic untuk melihat sekali-gus keadaan subyek.

(mbak....jangan jangan mbak pernah bilang sama orang kalau menggambar ini tidak bisa gunakan untuk mengukur IQ? kelihatanya. ..gimana ya.....ahahahah, ah tomy memang senang nebak aja :):):) )

tomy


Send instant messages to your online friends http://uk.messenger .yahoo.com



Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers


Send instant messages to your online friends http://uk.messenger .yahoo.com



Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers


Send instant messages to your online friends http://uk.messenger .yahoo.com



Kunjungi halaman depan Yahoo! Indonesia yang baru!


Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

Yahoo! Groups

Be a Better Planet

Share with others

Help the Planet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: