Rabu, 30 Januari 2008

[psikologi_transformatif] Akulah Sang Lelaki Pengejar Mimpi

Dear Friends, Berikut ini tanya jawab antara beberapa
orang rekan dengan saya yang diambil dari beberapa
milis; ada juga yang berasal dari pertanyaan yang
dikirimkan kepada saya langsung melalui japri. Semoga
bermanfaat deh ! (Leo)

+++++++++++++

AKULAH SANG LELAKI PENGEJAR MIMPI

Kalau aku ni lagi sebel ceritanya ama mimpi, soalnya
kirain apa (masih tetep rada2 heboh sih, masukan dari
mr Leo belum larut ke tubuhku hehehe) mimpi rada aneh
ni 3-4 hari yg lalu. Koq tiba2 dlm mimpiku itu aku
sedang jalan2 di toko buku Kinokuniya dan melihat
deretan buku2, ni pesen singkat apa lagi... tahu2 hari
ini aq di tlpt ama cust srvc itu toko, katanya tarot
yg aku pesan udah ada (AE Waite)... pikirku wah
nyambung ni ama mimpiku yg lalu itu, ini rupanya truss
disana ada apa ya (???) ... Ya emang dibilang nyambung
si nyambung cumaaaannnnn ngapain juga ni alam spirit
kasih sms (mimpi singkat red.) kayak gitu segala. Duh
gak penting banget deh. Sebodo akh mimpi. Kalau
saatnya tiba nanti (duh) kan kukejar kau mimpi
(wadaw). Dan bila saatnya tiba, akulah sang lelaki
pengejar mimpi (anjrit). Hi MIMPI godain kita dong
(cape dee). Salam Intermezzo, (E)

+++++++++++++

KOMENTAR SAYA: GANTIAN DONG NGEJERNYA

Ya udah, nanti ta' kirimin kumpulan PELAJARAN TAROT
yang pernah aku tulis. Aku bikin teknik sendiri yang
so pasti cespleng nih, dan gak perlu pake teknik
perenungan yang bikin orang jadi mboten2 nih, hmmm
hmmm hmmm... Kalo soal kejar mengejar mimpi itu oke2
aja nih, aku juga begitu nih. But the question is,
yang dikejer selama ini gimana nih. Dia mao gantian
ngejer gak nih... Just that. (Leo)

+++++++++++++

KAPAN SEJARAH DAN APA KEJAWEN ITU ?

Yth. Pak Kyai atau Ki Leo, dan juga Semuanya. Bolehkah
saya tahu: kapan sejarahnya dan apa Aliran
Kepercayaan Kejawen - seperti kutipan kata Pak Leo:

"...Waktu itu saya datang dengan teman2 dari Aliran
Kepercayaan Kejawen yang sudah kontak2 dengan kepala
rumah tangga Dalem Kalitan di Kota Solo (Dalem Kalitan
itu rumah Babe di Kota Solo)."

Kalau orang beragama Islam ada Kitab Suci Al Quran.
Orang Kristen (Katolik dan Protestan) ada Alkitab
(Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru). Orang Hindu
punya Kitab Weda. Orang Aliran Kepercayaan Kejawen
apa nama Kitab Sucinya ?

Matur nuwun sanget. Terima kasih banyak Pak Leo dan
Semua saja; maulah 'berisiko tinggi' tak apalah...
Wong, saya di Tasmania Utara, Australia. Salam, (M)

+++++++++++++

JAWABAN SAYA: PLIS JUST CLICK THE LINK DI BAWAH INI

Dear Mas M yang ada di Tasmania, Australia, hmmm hmmm
hmmm... Pembahasan tentang Kejawen yang paling UP TO
DATE dan OKE PUNYA ada di milis Spiritual-Indonesia.
Ditulis oleh teman saya Pakdhe WS dengan subject
"Kejawen Meneropong Musibah". Untuk membaca artikel
itu, please jangan ragu2 buat klik aja di:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia/message/3270>
That's a good start. Kalo kurang puas plis tanya
langsung aja sama penulisnya yah ! (Leo)

+++++++++++++

SAYA TIDAK PERNAH TAHU SIAPA ITU SAIDIN ALI

Salam kenal Mas Leo, saya anggota baru disini. Mas,
kalo boleh saya mau nanya ttg arti mimpi saya. Saya
pernah mimpi bertemu dengan seorang wanita yg mengaku
sebagai istri saya "zaman dulu". Oleh wanita ini saya
diajak pergi ke satu tempat dan bertemu malaikat maut.
Di tempat itu saya dijanjikan akan diberi bayi laki2
yg katanya juga ini adalah anak saya dulu, jika saya
hidup dgn baik. Cuma waktu saya lihat bayi itu
berbentuk tengkorak. Lalu saya disuruh keluar lewat
sebuah pintu. Ketika saya keluar dari pintu itu di
depan saya ada beberapa kuburan dan di depannya ada
hutan jati. Lalu ada sebuah rumah tua yg kosong di
sampingnya. Ketika saya melihat rumah itu rasanya
tidak asing buat saya. Ada perasaan bahwa ini adalah
tempat tinggal saya dulu, tapi dalam kenyataannya saya
tidak kenal tempat itu.

Nah setelah mimpi itu, beberapa hari kemudian saya
mimpi ada di Mekah. Di sekeliling saya penuh dengan
orang2 Muslim. Dalam mimpi itu saya lancar berbicara
dgn menggunakan Bahasa Arab membahas agama, lalu saya
dibawa ke sebuah benteng dan dipertemukan dgn Saidin
Ali. Mendengar suaranya yg keras saya kaget sampai
bangun. Perlu Mas Leo ketahui saya beragama Katolik,
jadi saya tidak pernah tau siapa itu Saidin Ali.

Sebenarnya saya sering sekali mimpi diiringi seorang
keturunan Arab dibelakang saya, terutama jika saya
mimpi diserang atau berkelahi, selalu ada yg membantu
saya. Mohon pencerahannya ya mas, terima kasih
sebelumnya. (R)

+++++++++++++

JAWABAN SAYA: ROH MANUSIA GAK ADA AGAMANYA

Dear Mas R, Thanks for sharing, hmmm hmmm hmmm... Kok
heran sih ? Biasa2 aja kok pengalaman seperti itu.
Kita manusia itu kan basic-nya ROH, dan bukan fisik.
Fisik ini cuma sementara aja, kayak Babe Harto yang
sekarang udah jadi tanah (asli tanah; tubuh fisik
manusia itu tanah thok). Tapi ROH manusia itu abadi,
tidak bisa mati. Kalo fisik udah jadi tanah, roh bisa
tetap hidup, so what ? Dan kalo tetap hidup berarti
GAK BISA MATI. Dan kalo gak bisa mati, berarti GAK
DICIPTAKAN. Memang udah ada dari sononya dan akan
tetap ada sampai kapanpun... --Disini kita mungkin
harus memakai pengertian REINCARNATION bahwa manusia
itu bisa hidup berulang kali. Pakai saja, gak apa2.
Asal gak ekstrim, pengertian Reinkarnasi itu membantu
juga. Membantu menjelaskan kenapa kadang2 kita bisa
merasa sudah pernah mengalami suatu hal, merasa sudah
pernah mengunjungi suatu tempat,... merasa memiliki
hubungan erat dengan suatu budaya yang benernya secara
fisik asing bagi kita. So, you are a Catholic who feel
to be close to Arab people. Lalu bisa juga kenal
dengan Sayyidina Ali, so what? Terima saja, enjoy
aja...

Aku juga begitu kok. Aku ini TIDAK BISA Bahasa Jawa,
tetapi kadang2 aku bangun tidur dan klayar kliyer
dengan kata2 Bahasa Jawa yang aku gak ngerti keluar
begitu saja dari mulut aku. Terus aku musti search di
internet buat cari artinya... Itu contoh yang simple,
yang lebih ribet juga ada, tapi untuk apa ? Yang
penting enjoy aja dan diambil hikmahnya bahwa
segalanya itu berhubungan. Gak ada tuh yang namanya
Roh Manusia Katolik dan Roh Manusia Islam. Gak begitu
kok. Roh manusia is roh manusia, GAK ADA AGAMANYA.
(Leo)

+++++++++++++

SUSI TANYA MIMPI JUGA DUNK

Dear Pak Leo, pengen ngobrol dunk Susi sama bapak.
Kapan ya bapak ada waktu. Sebentar aja kali kalo ada
kesempatan di YM. Sekarang, Susi ingin tanya sedikit
aja:) terima kasih sebelumnya jika Pak Leo sempet
baca:) Susi sering mimpi, n terkadang mimpi tersebut
menjadi de javu, kenapa ya ? Belakangan ini mimpi Susi
berkaitan dengan job offering di t4 part time. Jadi
gini... Susi kan part time juga di salah satu lembaga,
n lembaga tersebut menawarkan untuk full time. tapi
Susi belum bisa atau tepatnya gak berani mengiyakan
mengingat situasi lembaga yg menawarkan tersebut tidak
pasti, meski sebenranya Susi seneng2 aja kerja part
time di sini. Di sisi lain Susi berat untuk
meninggalkan lembaga tetap tempat Susi kerja.

Nah di mimpi, Susi bicara dg orang yang menawarkan,
dan juga dg direkturnya yang menanyakan Susi ambil or
gak penawaran tersebut. Susi bingung. Apa artinya ya
pak ? Terima kasih atas pencerahannya Pak Leo. Susi
tunggu. Salam, (Susi)

+++++++++++++

JAWABAN SAYA: KOMUNIKASI TELEPATIK MELALUI MIMPI

Dear Susi, Thanks for your sharing, hmmm hmmm hmmm...
kenapa heran ? Kalo kita berpikir keras ingin untuk
berbicara dengan seseorang, maka kita akan benar2
berbicara dengan seseorang itu secara TELEPATIK. Dan
komunikasi telepatik itu akhirnya muncul di mimpi
kita. So,... artinya memang BENER2 udah ngomong di
mimpi. Hal2 seperti itu termasuk very normal, jadi gak
usah heran. Kita memang bisa berkomunikasi tanpa
angkat telpon dan tanpa sms. Bisa komunikasi dengan
niat. Dan itu bisa muncul dalam bentuk mimpi. Gak usah
bingung lagi yah, telpon aja langsung orangnya. (Leo)

+++++++++++++

BER-AGAMA TIDAK MENJAMIN KEBAHAGIAAN ?

Saya setuju sekali bhw BER-agama tidak menjamin
kebahagian, tetapi bebas dr doktrin/dogma agama, juga
sebaliknya tidak berarti kita lebih baik/bahagia.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ikut agama ini or
itu :

1. Tergiur oleh janji2 surga. Dia ingin meraih
kebahagiaan yg telah di iming-imingkan or dijanji-
janjikan oleh petinggi2 agama.

2. Sebagai pelarian. Dia hidupnya susah, dan sudah
desperate, drpd lebih terjerumus n semakin merosot
hidupnya, dia mencoba mengadu nasib dgn berkecimpung
dlm keagamaan, krn "kata orang nih", yg udah ikut
agama tsb, hidupnya enak, mulus n blah 3x.

3. Sebagai pengaman. Dia TAKUT masuk neraka, takut
dianggap tidak bermoril n tidak ber-Tuhan, tp dia
sebenarnya juga tdk yakin apakah kalo ikut beragama
itu bener2 akan membebaskannya dr ancaman neraka, dan
mmg udah di takut-takuti kanan kiri ttg cerita neraka
utk org2 yg tidak mengenal Yesus dsb, tapi yah,
daripada ambil resiko ... yah ikut aja lah, lebih
"aman" menurut dia.

No 1,2,3, mungkin saja dia berhasil menjadi bahagia,
mungkin saja tidak.

Alasan ke 4...

4.Sebagai pencerahan. Dgn sangat IKLAS & penuh
kebijaksanaan, dia ingin mendalami arti & misteri
hidup ini, mau tau tujuan keberadaan-nya di atas bumi
ini utk apa, mesti apa n bgmn. Dia tau dia berada di
sini adalah menurut sebuah rencana n tujuan. Dan
kebetulan options yg dia rasa COCOK N NYAMAN adalah
agama yg dia pilih. --Org spt inilah yg bisa bahagia,
krn yakin sekali PASTI bisa membawa nya masuk ke dalam
kerajaan Allah/ Tuhan/ Buddha/ Yesus/ Shiva watever
deh sebutannya. Bukan krn dia percaya interprestasi/
ajaran/ doktrin/ filosopi dari pendeta/ romo/ ulama/
petinggi agama lainnya, tetapi karena dia menjalani
hidupnya di jalan Kebeneran & Kasih sesuai ajaran sang
Guru dahulu kala.

Maka orang2 lain yang masih belum menjalani hidup ini
dgn Christ/ Buddha/ Shiva consciousness, yg masih
belum LIVING THE WAY (walaupun dia udah ikutan &
menganut beliefs dari group new age/ spiritual/
universalism/ oneness concept) sebaiknya mencontoh
dari perilaku n cara hidup/berfikir org no 4 tsb.
Krn orang no 4 tsb jelas memahami SIAPA DIRI DIA,
regardless of whether dia ber agama or udah melepaskan
agamanya.

Sebaiknya kita bercermin n melihat diri sendiri,
apakah kita SUDAH memahami arti Kasih yg sebenernya?
Sendirinya belum bisa berenang, kalo kita mau tolong
org lain yg tenggelam, akan mencelakakan kita sendiri
n juga yg kita mau "tolong". SAVE YOURSELF FIRST (M)

+++++++++++++

KOMENTAR SAYA: BEGITU DONG ! BEGITU DONG !

Thanks, Mbak M. What a wonderful sharing ! You know
WHAT, when I talk with you, I feel like talking with
somebody very PROFESSIONAL about spirituality. You
take spirituality so SERIOUSLY, yet appear so off-
handedly. Jadi gimana gituh, rasanya seperti ngomong
about spirituality dengan seorang professor yang, I
know myself, memang bener2 PERNAH NYEMPLUNG dan sakit2
karena agak kelelep dan terus gimana gituh. Well,
anyway, I'm glad you DID share, and I KNOW that you
always share from your own experience and NOT from
just hearsayings or some textbooks. I just wanted to
say that I ENJOY your UN-ordinary way of thinking AND
expressing it. Begitu dong ! Begitu dong ! (Leo)

+++++++++++++

[Leo seorang praktisi Psikologi Transpersonal dan bisa
dihubungi di no HP: 0818-183-615. Untuk bergabung
dengan Milis Spiritual-Indonesia, please click:
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia/join>.
NOTE: Except mine, all names used in the YM / email
conversations are PSEUDONYMS.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Be a career mentor

for undergrads.

Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Special K Group

on Yahoo! Groups

Join the challenge

and lose weight.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: