Rabu, 20 Februari 2008

[beasiswa] Re:[butuh info] ke aussie membawa balita dgn sitter atau ortu?

Dear mbak Delvi,

Mbak, saya selalu menyarankan ke teman2 untuk membawa serta anaknya. Ada banyak mahasiswa Indo yang study di OZ terus melahirkan disana selalu berniat membawa pulang anaknya ke Indo takut dengan alasahan takut sekolahnya terganggu,ato takut anaknya gak keurus. Belum lagi bujuk rayu simbah2nya untuk meninggalkan cucunya di Indo dengan 'menakut2i' ntar sekolahnya gimana, anaknya gimana (termasuk dulu bapak ibu saya juga begitu lo).

Tapi pendapat saya justru kebalikan. Kalo anak saya tidak diajak (waktu itu umurnya 15 bln), justru saya gak bisa kuliah karena inget anak saya terus. Secara ekonomis, duit habis cuma buat pulang, nengok anak. Belum lagi ntar kalo ditelp anak sakit pileklah, panaslah, masuk rumah sakitlah. Waduh bisa pusing saya.

Justru anak itu bisa jadi pelepas capek mbak. Ketika kita habis dari kampus - capek, stress dengan thesis, ketemu anak jadi rasanya seger lagi. Tentu saja saya menitipkan anak saya di childcare center 4 hari seminggu, dari jam 9 - 5 sore dengan memanfaatkan child care benefits-nya pemerintah OZ. Kalo pas bener2 dikejar dead line, saya titipkan anak saya 5 hari seminggu. Biar ngerjain assignmentnya bisa penuh. Itu pun tidak terjadi setiap minggu kok. Paling cuma dua kali dalam satu semester. Itu pun nanti bisa di claim lagi di akhir tahun pajak kok.

Membawa baby sitter ato orang tua memang visanya (biasanya) cuma sampe 3 bulanan untuk ijin tinggal. Tapi tidak membawa siapa2 pun kita bisa kok. Memang penuh tantangan untuk - say, 3 bulan ato 6 bulan pertama. tapi gak bawa anak pun kita tetap penyesuaian. Apalagi mbak pergi sama suami anda. Apa lagi yang mesti ditakutkan.

Untuk masalah health insurance, teman2 yang terkena imbas kebijakan baru biasanya mendaftarkan dependant mereka dengan asuransi dimana kita terdaftar (kalo saya dulu di OSHC). Dengar2 gak banyak kok. Saya aja kaget pas dikasih tahu jumlah uang yang mereka bayarkan. Termasuk murah. Saya gak tahu pastinya karena saya beruntung masih dapat family allowance (saya berangkat Jan 06)

Saran saya sih. Mbak berankat sendiri dulu aja ke OZ. Cari rumah dulu untuk keluarga ketika datang. Cari child care center dulu yang mbak sukai terus booking karena tidak semua child care punya spot untuk hari2 yang kita inginkan, mbak sendiri kan harus penyesuaian. Ntar ketika keluarga - suami dan anak datang, mbak sudah settle secara fisik dan mental. Jadi bisa membantu anak dan suami adaptasi disanan. Insya allah, itu gak sampe satu bulan kok. Jadi gak lama2 pisah ma keluarganya.

To sum up, saya setuju supaya mbak jangan menganggap anak kita sebagai penghalang kita maju. Justru karena ada mereka kita harus maju. Tapi ketakutan mbak itu wajar kok mbak. Dan itu terjadi pada banyak orang, termasuk saya. Tapi alhamdulillah saya berhasil melalui semua itu dengan sukses. Sekarang saya sebenarnya secara pribadi saya siap untuk hunting S3 lagi dan pasti saya bawa keluarga saya, tapi institusi belum mengijinkan karena saya baru 2 bulan datang. Harus kerja dulu katanya. Hehehe...

Semoga info-nya membantu. Jangan menyerah. Sukses ya...

Jackie


---------------------------------
Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: