Rabu, 20 Februari 2008

Re: [beasiswa] [Butuh Info] Seputar Xiamen University, Cina

Jay,
saya dulu pernah riset di xiamen uni untuk program asf, ford foundationn.
Xiamen kotanya enak kog, bersih dan orang2nya relatif lebih beradab. Biaya
hidup murah. Xiada sendiri kampusnya cantik (kalau kamuu dapat kampus yang
di xicun ya, kalau di zhangzhou ya selamet aja deh. Saya dulu paling suka
duduk2 dekat danau. Apalagi xiamen itu terkenal sebagai penghasil bunga
potong, jadi bunga dimana-mana.

Makanan disana gak jauh beda sama makanan cina di sini, kue2nya juga sama
deh, model onde2, bakpia itu asli xiamen. Soal komunitas masyarakat Indo,
yang banyak disana anak2 huaren lulusan sma atau s1 yang ambil kuliah
bahasa. Dulu kayaknya saya disana pribumi totok sendirian, jadi dari
kejauhan pasti terlihat (hitam sendiri meskipun untuk hitungan orang Indo
saya tidak hitam lho), apalagi matanya besar. Saya jadi tidak banyak bergaul
dengan mahasiswa indo karena mereka relatif masih kategori teenager sedang
ssaya sudah young adult. Belum lagi beda persepsi pola pikir, mereka belajar
bahasa, saya meneliti soal kependudukan yang orang Cina sendiri heran kenapa
saya meneliti itu. Meskipun ya banyak juga anak Indo yang nanya PR bahasa
mandarin ke saya. Kalau di xiamen tidak bisa bahasa mandarin akan sulit,
disana saya hampir tidak pernah ketemu orang lokal yang bisa bahasa Inggris

Kalau anda Muslim akan sulit, karena dulu saya pernah ketemu rombongan
dokter belajar akupuntur dari makasar ya mereka ribet urusan makan, apalagi
dulu scholarshipnya mereka akomodasi dan makan ditanggung kampus. Kalau
tidak masalah mengkonsumsi mrs piggy dan teman2nya ya berat badan pasti
naik, soalnya buat lidah orang Indonesia makanan fujian itu yang paling
cocok.

Untuk akomodasi, kalau anda ditempatkan di international student housing,
itu sekamar berdua kamar mandi di dalam, kalau dengan lokal student sekamar
berempat kamar mandi di luar

Kalau mau tanya lebih detail japri aja ya. Selamet deh atas beasiswanya,
saya sebenarnya juga lagi mikir2 mau jalan2 lagi ke sana
AA


On 19/02/2008, jay jay <jaekeren@yahoo.co.id> wrote:
>
> Mohon bantuan informasinya kepada rekan2 sekalian;
>
> Sekitar bln September nanti, saya akan melanjutkan study S2 di Xiamen
> University, Cina. Barangkali diantara rekan2 sekalian ada yg memiliki
> informasi seputar Xiamen, misalnya tentang mhs Indonesia di sana
> (komunitasnya), alumni, milis atau informasi lainnya, saya sangat
> mengharapkan bantuannya.
>
> Terima kasih atas dukungan dan bantuan informasinya.
>
> Achmad Djaelani
> Sandwich Program in Marine and Coastal Resources Management,
> IPB - Xiamen University, Cina.
>
>


[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: