Minggu, 10 Februari 2008

[psikologi_transformatif] KOMENTAR dari Retret MMD: "Pikiran, Aku, Waktu"

[Toto Budiharto, 24 tahun, Islam, mahasiswa, adalah peserta termuda pada retret MMD tgl 8 - 10 Februari 2008 di Vihara Mendut. Komentarnya saya anggap paling menarik untuk ditampilkan pertama kali dalam rangkaian tulisan berikut ini. /hudoyo]

Pikiran, Aku, Waktu
Sebuah Review Meditasi Mengenal Diri
Mendut, 8 - 10 Februari 2008

oleh: Toto Budiharto <ottobaratisa@yahoo.com>

Siapakah 'diri' ini? Barangkali ini adalah pandangan filsafat yang paling esensial. Seumur hidup manusia mencoba memahami seutuhnya siapa 'diri' ini, selain bahwa hal ini dianjurkan oleh para orang besar dan nabi-nabi: mengenali diri.

Jika 'diri' adalah 'self' dalam bahasa Inggris, yang identik dengan 'keakuan', maka siapakah 'aku'?

Pagi ini, 10 Februari 2008, seakan sebuah pencerahan bagi saya, ibarat gerbang yang dibuka begitu saja, kala saya mendengar wejangan dari Pak Hudoyo mengenai tiga serangkai: pikiran, aku & waktu. Di mana ada pikiran, di situ ada aku sekaligus waktu. Sungguh tak terbersit dalam diri saya sebelumnya, yang begitu asyik bergaul dengan keakuan atau ego. Selama ini saya begitu terpesona dengan filsafat Barat, terutama rasionalisme dan materialisme: "Aku berpikir, maka aku ada." Filsafat ini berhenti [sampai di situ], tanpa dilanjuti: "Pikiran berhenti, maka aku lenyap." Dan lenyap di sini berarti abadi, timeless.

Hal tersebut di atas, bagi saya, adalah filsafat terindah, sebab bersifat pragmatis. Saya memraktikkannya dalam meditasi vipassana, dengan mencoba untuk berhenti berpikir. Begitu saya mulai duduk, saya melepas usaha mecoba untuk berhenti berpikir tersebut dan membiarkan segalanya seperti apa adanya. Mengamati bebunyian, ingatan, sensasi & tubuh, tanpa membiarkan diri terseret ke dalam pemikiran apalagi lamunan. Beberapa detik, dapat saya peroleh keheningan itu. Eling.

Sikap eling itu tidak hanya saya praktikkan dalma meditasi [duduk], namun juga saya senantiasa coba praktikkan manakala saya sedang sarapan, mandi dengan air dingin, berjemur, menulis ... Sungguh hidup menjadi sesuatu yang berbeda dengan hidup menurut pandangan saya sebelumnya yang skeptis. Setiap hari, setiap detik, selalu saja ada hal yang baru dan menarik yang saya temukan. Dan itu membuat saya tersenyum.

Terima kasih kepada Bpk Hudoyo dan seluruh panitia dan peserta MMD. Semoga semua makhluk berbahagia.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Best of Y! Groups

Check it out

and nominate your

group to be featured.

Curves on Yahoo!

A group for women

to share & discuss

food & weight loss.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: