Minggu, 03 Februari 2008

[psikologi_transformatif] Saya Sering Mimpi tentang Sholat

SAYA SERING MIMPI TENTANG SHOLAT

T = Hi Mas Leo, apa kabarnya ? Begini mas, belakangan
saya sering mimpi tentang sholat. Kalo ga salah kurang
lebih sudah 3 kali mimpi sholat (baik sholat sendirian
maupun berjamaah)... tapi di semua mimpinya saya
seperti selalu menemukan halangan untuk sholat.
Contohnya di mimpi pertama, saya datangi musholla
kampus... dari luar tampak megah... saya niat sholat
magrib di dalam musholla itu... tapi pas sampe di
dalam dan siap2 mulai... kok ya ruangannya gelap,
karpetnya bau apek dan kita harus berdesak-desakan.
Tapi orang lain di sana seperti ga keberatan dengan
keadaan itu, saya miris aja kok tempat ibadah tidak
terurus seperti ini.

Di mimpi kedua, saya ingin sholat tapi saya ga bisa
menemukan mukena lengkap... yang ada hanya atasannya
aja. Di mimpi ketiga, saya berniat berjamaah bersama
ibu2 dan mba2 di kampung setempat... niat saya waktu
itu hanya sholat lalu langsung pergi karena saya gak
punya waktu banyak, ternyata pas semua jamaah
berkumpul siap-siap sholat, ada bapak-bapak (kayaknya
imam-nya) malah pidato panjang lebar. Awalnya saya
sabar nunggu, tapi si bapak ternyata ga selesai2
pidato. Saya cemas sambil ngelirik ibu2 di sebelah
saya tanya mereka, kok kita ga mulai2 sholat ya ? Ibu2
itu cuma ngangguk sambil senyum miris as if mau
ngomong "yah beginilah, maklumin aja... kita juga
benernya ga suka."

Dan si bapak masih ngomong panjang lebar sambil
membahas tentang janji masuk surga bagi mereka yang...
(saya lupa dia ngomong apa). Saya mulai sebel lalu
berdiri dan memaki dia sambil bilang "yang bener dong
pak! kapan kita mulai sholatnya kalo bapak ngomong
terus, lagian ngapain sih umbar janji masuk sorga ?
Tuhan aja ga pernah ngejanjiin apa-apa sama umatnya!"
Dan saya kaget ternyata para perempuan di belakang
saya juga protes ke bapak itu.

Yah kurang lebih begitu mimpinya mas, kenapa ya ? Apa
ini karena sholat saya kurang khusuk jadinya Tuhan ga
mau terima, tapi saya percaya sekali Tuhan TIDAK
seperti itu.

Atau apa karena deep down inside me i don't feel
comfortable with all the rituals anymore ya ?

J = Ya, mbak, DEFINITELY YES. Sampeyan ini sudah gak
merasa comfortable lagi dengan segala ritual2, dan
khotbah2 kosong itu. Well, disini aku GAK MAU
berpanjang lebar untuk omongin kejelekan ini atau itu.
Kita juga semua tahu, dan GAK PERLU diulangin lagi
disini. Kita tahu bahwa kebanyakan ritual2 itu kosong
belaka. Cuma kebiasaan aja, dan maknanya itu habis
ditelan waktu. Buat wasting time doang.

So, you KNOW already the HAKEKAT. Hakekatnya itu apa
you have known yourself. Segala ritual itu gak ada
artinya lagi kalau sudah menjadi ritual dan khotbah
kosong belaka. UDAH GAK NYAMBUNG, hmmm hmmm hmmm...

Dan, believe it or not, beberapa saat sebelum ini aku
seperti mengalami suatu DAYDREAMING. Disitu ada kata2
yang muncul begitu saja di kepala aku, begini
bunyinya:

"MUKENA KEK, GAK MUKENA KEK, SO WHAT ?"

Well, I hope you could understand the meaning. That
one special phrase is FOR YOU, muncul begitu sendiri
di kepala aku bahkan sebelum kata2 yang anda sampaikan
di atas itu sampai kepada aku secara fisik. Sebelum
aku membaca kata2 yang anda sampaikan itu, jawabannya
itu sudah datang. So, mukena kek, gak mukena kek, so
what ? May you understand the REAL meaning of MUKENA
disitu, hmmm hmmm hmmm...

T = Satu lagi ya mas nanyanya :p... Barusan nih pas
tidur siang juga mimpi ga enak. Aku mimpi rumahku
dimasukkin roh jahat, dan pas aku mau baca al fatihah
eh tiba2 lupa di tengah2. Berkali-kali aku coba baca
ulang selalu lupa di tengah. Lalu aku ambil notes yang
ada ayat kursinya, tiba-tiba kertasnya tersobek dan
berserakan... dan aku cari berkali-kali, lembaran yg
ada tulisan ayat kursinya ga ada di situ alias hilang.
Aku takut... ngerasa ga punya pertahanan lagi, aku
lari ke kamar bokap karena di sana biasanya banyak
buku doa. Aku ambil buku doanya dan ternyata
lembaran-lembarannya nempel jadi satu jadinya aku ga
bisa buka sama sekali... jadilah aku nangis ketakutan.

Pas lagi nangis gitu, dateng nih si A (mantan pacar)
pake kaos putih... dia ngomong gini sambil ketawa2:
"kok lo masih di sini sih ? bukannya harusnya lo udah
mati ?" Aku makin takut jadi makin nangis trus aku
kabur aja... pas kabur ketemu lagi sama si A, this
time dia pake kemeja hitam rapih dan mimiknya juga
tenang banget... bawa bible pula. Aku meluk dia sambil
cerita semuanya dan bilang sama dia kalo tadi dia
jahat banget ngomong begitu karena aku takut kalo
memang ada yg mau aku mati. Si A minta maaf, trus
nyuruh aku duduk di samping dia, trus dia bilang "yuk
kita berdoa bareng, i pray with my way and you pray
with your way ya."

Aku belum sempet doa apa-apa tiba2 dia udah selesai
dan dia taro telapak tangan dia di atas kepala aku
sambil bilang gini " Udah kamu ga usah takut lagi ya,
kamu sudah diberkati."

Pas bangun mataku masih basah... ternyata nangis
beneran.. Sori ya mas, pertanyaannya borongan kali
ini... mohon yang ini juga dibantu diperjelas arti
mimpinya.

J = Arti mimpi yang kedua ini kan juga udah JELAS
BANGET. Artinya, berdoa pakai Al Fatihah dan Ayat
Kursi, maupun berdoa dengan menggunakan Bible (Cara
Kristen)... itu SAMA SAJA. Kita berdoa kepada Tuhan,
dan caranya itu macam2, tetapi karena tujuannya sama,
ya sampainya sama. Kalau sikapnya itu Ikhlas dan
Pasrah, dan niatnya itu baik, maka akan sampai ke
tujuan yang SAMA. Metode bisa berlainan, tetapi sampai
ke tujuan yang sama. GOD YANG SAMA.

+++++++++++++

TENTANG IBRAHIM, ADAM, DAN SETAN2

T = Mas Leo, saya sebenarnya masih banyak
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan agama,
yang telah saya tanyakan kepada pemuka agama (islam,
kristen) tetapi tidak ada yang memberikan jawaban yang
netral. Barangkali Mas Leo dapat membantu saya karena
saya lihat Mas Leo telah mempelajari injil dan al
quran.

Pertanyaan saya adalah: 1. Menurut islam, ibrahim
disuruh tuhan menyembelih ismail (anaknya) sedangkan
menurut kristen ibrahim disuruh tuhan menyembelih
ishak (anaknya juga), yang manakah yang benar ?

J = Begini mas, menurut saya, yang benar itu versi
pertama which is versi YAHUDI. Jadi, bukan versi
Kristen maupun Islam, tetapi versi Yahudi yang
terdapat di dalam kitab TAURAT MUSA. So,... Taurat
Musa itu sebenarnya terdiri dari 5 (lima) buku, dan
buku yang pertama dinamakan Genesis (atau Kejadian).
Kisah Ibrahim mempersembahkan Ishak itu ada di dalam
Kitab Genesis. Dan itu versi YAHUDI yang sudah ada
RIBUAN TAHUN sebelum adanya Al Quran. Itu yang ASLI.

Tetapi, Ismail itu kan nenek moyang orang Arab, so
jadilah Ismail sebagai superstar di dalam Al Quran.
So, di dalam Al Quran, yang dipersembahkan oleh
Ibrahim itu Ismail, dan bukan Ishak; walaupun itu
bertentangan dengan versi asli (versi Yahudi). Menurut
saya begitu penjelasannya. So, even kitab suci itu
TIDAK ADA yang perfect. Kita harus mengakui bahwa
semua yang namanya kita "suci" itu adalah kitab yang
disucikan. Disucikan oleh orang yang MAU mensucika
kitab itu. Pedahal kitab2 suci itu ya kitab2 biasa
saja. Karena ada yang mau menyebutnya suci, maka
jadilah Kitab Suci. Itu pendapat saya.

Ishak itu nenek moyang orang Yahudi, dan Ismail itu
nenek moyang orang Arab. Musa itu sendiri orang
Yahudi. Semua nabi2 itu orang Yahudi. Tetapi kita kan
tahu bahwa Al Quran itu semacam "Agama Yahudi" yang
dibungkus secara "spesial" untuk orang2 Arab,... so
maybe kalau bisa semuanya di-Arabkan, terlebih lagi
kisah Ibrahim karena itu menyangkut SILSILAH nenek
moyang dari mereka yang keturunan Arab.

Menurut saya yang penting BUKAN siapa yang diikat
untuk disembelih itu. Yang penting itu ARTI SIMBOLIK
dari KEPATUHAN (Obedience). Nah, Nabi Ibrahim itu kan
digelari BAPA ORANG BERIMAN. Iman dia itu apa ? Iman
Ibrahim itu adalah iman yang IKHLAS dan PASRAH. Jadi,
ketika dia "disuruh" untuk mengorbankan anaknya, ya
dia itu PATUH. Patuh dengan IKHLAS dan PASRAH. Dan
kepatuhannya itu dilandasi oleh IMAN. Iman bahwa kalau
Ikhlas dan Pasrah, maka GOD pasti akan bisa
membangkitkan kembali orang yang telah disembelih dan
mati. Dan akhirnya memang benar, manusia yang hendak
dikorbankan itu akhirnya TIDAK MATI. Akhirnya HIDUP
JUGA. Dan itu semua berkat Iman yang Ikhlas dan
Pasrah. Kalau bisa menangkap essensi itu, kita gak
akan meributkan lagi tentang siapa yang benernya
hendak dikorbankan oleh Ibrahim. Yang penting
pengertianya itu, pengertian tentang IMAN.

T = Pertanyaan 2. Malaikat, setan (iblis) dan manusia
(adam) sama-sama makhluk tuhan. Adam punya salah, lalu
dibuang kebumi, Setan punya salah lalu dikutuk tuhan
dan akan masuk neraka. Cucu Adam banyak yang jadi
orang baik bahkan banyak yang jadi orang suci dan jadi
nabi, bagaimana kalau cucu setan juga meniru
(berfikir) seperti cucu-cucunya adam dan mereka ingin
juga jadi setan-setan yang baik, ingin juga jadi setan
suci, menjadi ulama, pendeta, pastor dan ngajari
teman- temannya supaya jadi stan yang baik, apakah
cucu- cucu setan itu juga tetap dimasukan ke neraka?
(anggap neraka ada).

J = Menurut saya, kisah Adam, Malaikat, dan Setan2 itu
sebenarnya SIMBOLIK belaka dan BUKAN faktual. Mereka
itu melambangkan hal2 yang susah untuk dijelaskan. Too
deep for human mind to grasp. So, untuk menjelaskan
asal usul adanya Kebaikan versus Kejahatan di bumi
ini, digunakanlah kisah Adam dan Hawa. Lalu ada
malaikat2 baik dan malaikat2 buruk (Setan). Nabi Musa
menggunakan kisah itu sebagai suatu "NARASI" agar
manusia2 berusaha untuk menjadi baik dan menjauhi
kejahatan. Tetapi, kalau mau dikaji secara mendalam,
bahkan kisah Adam dan Hawa itu BUKAN orisinil ditulis
oleh Nabi Musa. Di Timur Tengah itu sudah ada agama2
besar sebelum Nabi Musa menulis Taurat-nya. Dan agama2
purba di Timur Tengah itu SUDAH memiliki kisah "Adam
dan Hawa", komplit dengan Malaikat Baik dan Malaikat
Jahat-nya. So, ternyata Nabi Musa itu nyontek juga.
Gak apa2 lah, yang penting kita bisa menangkap
PESAN-nya.

+++++++++++++

KEKUATAN PIKIRAN & UCAPAN MENJADI KENYATAAN


T = Mas Leo, aku kaget baca cerita tentang orang yang
ucapannya menjadi kenyataan kemarin, soalnya aku
pernah ngalamin sendiri hal itu, terutama kalo lagi
kesel atau marah, pasti keluarnya pikiran buruk dan
anehnya hal2 buruk yang aku pikirin itu menjadi nyata,
udah kejadian beberapa kali tuh hal kayak gini...
Pertama2 bener kata Mas Leo, rasanya puas bisa balas
dendam. Rasain lu! Kapok! Beberapa kali kejadian kayak
gitu, lama2 yang ada malah takut sendiri, kasian juga
orang2 itu. Pikiran kedua adalah kok bisa demikian
powerfulnya pikiran aku yah ?

Beberapa orang menyarankan untuk kontrol diri dan
kontrol emosi biar gak menyesal di kemudian hari.
Alhamdullilah sekarang sih udah lebih terkontrol, tapi
kadang2 masih suka nakal dan digunakan secara sengaja
- on purpose. Hehehehe... lha habis kalo orangnya
keras kepala dan ga bisa dibilangin gimana dong ? Atau
jahat melulu ma orang lain ? Ya 'dihajar' kecil2an
boleh kaleee supaya dia kapok dan belajar berbuat
baik.

Pertanyaan aku adalah sebegitu besarkah kekuatan
pikiran kita itu ? Gimana sih cara kerjanya ? Bisa ada
penjelasan logis nya kah ? Atau emang tidak bisa
dijelaskan secara logika ?

J = Hmmm hmmm hmmm... you use the term KEKUATAN
PIKIRAN. It's ok to use that term, the Power of
Thought, hmmm hmmm hmmm... Cara kerjanya ya BERPIKIR
saja. Berpikir di HATI kita. We think in our HEART.
Gunakan EMOSI kita. Rasakan apa yang kita pikirkan
sebagai apa yang kita RASAKAN. Jadi, tidak ada
perbedaan antara apa yang kita pikirkan dan apa yang
kita rasakan. Yang kita pikirkan, itulah yang kita
rasakan. Jadi, itu seperti semacam IMAN juga. We know
that we know that we are RIGHT. Kita tahu bahwa kita
benar, dan orang itu salah. Dan tanpa berpikir lagi
kita ucapkanlah apa yang ada di hati kita, dan jadilah
itu kenyataan. Itu logis kan ?

T = Pertanyaan selanjutnya, kalau kekuatan pikiran itu
berhasil untuk hal2 "buruk" yang aku "inginkan",
apakah berarti bisa dibalik ? Bisakah dipakai untuk
hal2 "baik" yang kita inginkan? Misalnya dapet kerjaan
baru ? Naik gaji? Dapet bonus gede ? Dapet pacar baru
? Atau lebih ekstrim, bikin orang jatuh cinta ke kita
misalnya? hehehehe...

J = Bisa juga, tapi aku sendiri belum dapat
mekanismenya yang pas. Saat ini aku bisa bilang please
IKHLAS dan PASRAH saja. Hope for the best, gak usah
ngotot dan ngoyo. Ikhlas dan Pasrah saja. Itu yang the
most aku bisa bilang saat ini. Ada teknik2 lain
seperti visualisasi, afirmasi, positive thinking,
motivasional, dsb... tapi mereka itu juga banyak
"jebakan" nya. Jadi,... seringkali orang terjebak pada
teknik2 itu dan jadinya seperti mesin yang entah
gimana rusak dan gak berfungsi. Ngarepin ini dan itu,
terus yang diharepin itu gak dateng2. Terus orangnya
jadi korslet gituh... cappe dehh !! --So, ikhlas dan
pasrah aja deh. Kalo mustinya dapet, ya pasti dapet
juga. Yang penting enjoy. Kalo kita enjoy, dapet
ataupun gak dapet ya tetap aja enjoy. Itu yang
penting. We can be HAPPY anytime and anywhere.
Happiness is a CHOICE, dan tidak tergantung kita
berhasil mendapatkan apa yang kita inginkan atau
tidak. Kalau kita ngotot harus memperoleh sesuatu baru
bisa happy, yaaaaa sama aja dong, cappe dehh !!

T = Pertanyaan terakhir, dengan sikap cermin yang Mas
Leo jalankan yaitu orang mendapat apa yang dia
kerjakan ke kita, apakah berhasil ? Ada cerita kisah
"sukses" gak ? Misalnya dia jahat trus dia kena jahat
? Atau dia ngasih duit trus besoknya terima duit
misalnya? :)

J = Ada mas, dan itu BANYAK. Tapi ngapain nulis2
kisah2 seperti itu. Aku ini terlalu banyak kesaksian
jadi akhirnya LUPA SEMUA. Gak mao dipikirin sebab
besok PASTI ada yang baru lagi. Hampir tiap hari
orang2 lapor ke aku kalo ternyata blah blah blah ...
blah blah blah... Aku sih turut happy aja, tapi kalo
buat ingetin AND ulangin semuanya yaaa.. cappe dehh !!

+++++++++++++

[Leo seorang praktisi Psikologi Transpersonal dan bisa
dihubungi di no HP: 0818-183-615. Untuk bergabung
dengan Milis Spiritual-Indonesia, please click:
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia/join>.
NOTE: Except mine, all names used in the YM / email
conversations are PSEUDONYMS.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Mechanic Group

What to do after

you pop the hood.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: