Selasa, 21 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] KUIS MENARIK! Didiskusikan yah!

Teman-teman di milis Psikologi Transformatif,
 
Biar ga bosen esei terus, sekali-sekali kirim kuis. Sebelum mengerjakan dibaca baik-baik ya...direnungkan, lalu jawab dua pertanyaan yang ada di bawah. Dalam pengerjaan kuis ini, boleh buka buku, boleh juga kerjasama sama teman di sebelahnya. Ok? Silahkan mulai mengerjakan!
 
 
 
KUIS 1: SOAL CERITA
 
Alkisah bayangkan suatu hari Hendro membaca buku tentang Jagat Raya. Karena Hendro mendapati buku itu begitu menarik, segeralah ia putuskan pergi keluar untuk membeli teleskop. Satu malam cerah tanpa bulan, Hendro memasang teleskop, dia arahkan fokusnya pada bintang paling terang di angkasa. Ternyata itu adalah planet, bukan bintang, planet dengan satu bintik merah dan sejumlah bulan. Antusias, Hendro menelusuri seluruh planet di buku Jagat Raya. Hendro membaca penjelasan tentang beberapa planet. Hendro membaca satu kalimat tentang planet kuning raksasa dengan satu bintik merah dan sejumlah bulan. Ia langsung bisa mengenali penjelasan maupun gambarnya. Jelas sekali, saya baru saja melihat Jupiter, demikian pikir Hendro
 
Hendro sama sekali tak mengalami kesulitan untuk menyimpulkan bahwa planet itu adalah planet Jupiter, bukan Mars atau Saturnus, meski objek yang ia lihat adalah sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya dan berada ratusan juta kilometer jauhnya. Besar kemungkinan, andapun sama dengan Hendro, tidak akan kesulita untuk menyimpulkan planet dengan ciri-ciri tersebut, adalah Jupiter.
 
Bayangkan kemudian Hendro membaca tabloid. Lama membaca, Tibalah Hendro pada kolom astrologi. Anda boleh percaya atau tidak pada astrologi, tapi menimbang popularitas astrologi belakangan ini, besar kemungkinan Anda tetap akan membaca horoskop Anda. Demikian pula Hendro.
 
Hendro seorang Aries. Ia suka tabloid pada kolom astrologi dan membaca analisis tentang kepribadian Aries. Di antara berbagai hal, tertulis di sana;
 
Anda punya bakat khas menciptakan atmosfer pemikiran dan perubahan, tanpa dibebani rasa dengki yang picik. Namun Anda cenderung memboroskan bakat Anda itu terlalu jauh ke segala arah
 
Hmm, Hendro bergumam, "Betul juga. Saya memang seperti itu".
 
Tiba-tiba Hendro tersadar. Astaga, saya telah keliru. Tadi ia membaca kolom Gemini. Maka Hendro kembali ke kolom Aries.
 
Tiada hal lain lebih melukai Anda ketimbang diperlakukan dan diprasangkai secara tidak adil. Namun Anda punya sesuatu yang khas tentang diri Anda, suatu bakat untuk memandang segala sesuatu dengan jernih di tengah segala rintangan dan gangguan. Anda juga sangat ingin disukai orang. Jadi, agaknya Anda telah terluka lebih sering ketimbang yang bakal Anda akui.
 
Hmmm, Hendro bergumam, "Betul juga. Saya memang seperti itu".
 
Pertanyaan:
  1. Mengapa kedua deskripsi itu kelihatan sesuai dengan diri Hendro—atau bisa juga ditanya, mengapa Hendro tampaknya mengenali dirinya dalam seluruh analisis kepribadian dari duabelas simbol astrologi yang ada?
  2. Mengapa Hendro bisa segera mengenali dan mengidentifikasi planet Jupiter dan Venus dengan seketika saat itu juga, langsung setelah membaca sebaris dan melihat sekilas, tapi begitu susah payah mengidentifikasi dirinya sendiri dari duabelas deskripsi astrologi yang ada, padahal semestinya Hendro mengenal dirinya jauh lebih baik ketimbang mengenal planet Jupiter atau Venus?
 


Take the Internet to Go: Yahoo!Go puts the Internet in your pocket: mail, news, photos more.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
SPONSORED LINKS
Yahoo! Avatars

Express Yourself

Show your face in

Messenger & more.

Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

Cat Groups

on Yahoo! Groups

discuss everything

related to cats.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: