Senin, 13 Agustus 2007

Re: [beasiswa] [butuh info]: hidup S3 di Riyadh Saudi Arabia dan cara bawa family?

Sebelumnya saya ucapkan selamat..Semoga saya dan
teman-teman yang lain bisa mendapatkan kesempatan yang
sama nantinya..:)

Kebetulan saya sudah tiga tahun bekerja di KJRI
Jeddah. So saya akan mencoba menjawab pertanyaan
saudara walaupun kurang lengkap. Semoga teman-teman
yang lain bisa menambahkan. Jika masih ada pertanyaan
yang ingin anda tanyakan silahkan langsung ke email
saya.

1. Soal biaya hidup rata-rata U$ 300 (SR 1.125).
Sehingga dengan beasiswa SR 2000 anda masih bisa
nabung jika sendiri karena apartemennya/asrama bisa
share dengan mahasiswa lain. Tapi kalo bawa familiy
tentunya lebih mahal karen harus sewa sendiri tapi
insyallah cukuplah apalagi masih dengan satu anak.
Biaya tiket pesawat kalo pake Garuda return SR
3.300-3.600 sewaktu big season umrah/haji/musim panas
(juni-agustus). Tapi kalo bukan big season one way
sekitar SR 1.400-1600. Penerbangan lain seperti
malaysia atu ittihad(emirat) lebih murah karena pake
acara transit di negara masing-masing.Garuda langsung.

2.Saran saya anda berangkat duluan dan setelah
beberapa bulan baru keluarga menyusul agar anda bisa
melihat sikon di Riyadh dulu termasuk akomodasi dsb.
Sehingga semua dapat dipertimbangkan dengan matang.

3. Sekolah untuk anak anda tidak usah khawatir.
Kita/KBRI punya Sekolah Indonesia Riyadh. Tapi kalo
mau ngambil sekolah internasional juga banyak yang
tentunya dengan pengantar b. Inggris/B. Arab. Harganya
juga bervariasi jadi bisa terjangkau.
Asuransi juga tersedia tapi sepertinya harus diuurus
sendiri bukan paket dari univ.

3. Kemungkinan istri anda bekerja ada walaupun
kelihatannya agak sulit karena gerak perempuan di
Saudi sangat terbatas seperti tidak boleh menyetir
sendiri dan tidak tersedia kendaraan umum seperti di
Indonesia. Sehingga anda/sopir (dijadikan langganan)
yang juga orang Indo yang harus mengantar istri anda
untuk antisipasi (keamanan). Tapi bukan tidak mungkin
karena banyak rumah sakit/klinik yang perawat dari
Indonesia. So untuk kesempatan kerja anda bisa juga
berkoordinasi dengan KBRI di Riyadh mungkin mereka
memiliki informasi lewat atase Naker.

4. Soal kualitas univ cukup bagus dan apakah ada
hubungannya dengan dengan industri saya kurang begitu
tahu. Tapi rasanya tidak ada hubungannya. Dan kerja
part time disini agak sulit (jarang) karena mayoritas
yang bekerja sesuai dengan calling visa yang dipesan
oleh sponsor/perusahaannya. Tapi kalo anda sudah punya
banyak kenalan nantinya info tersebut bisa jadi anda
dapatkan dari mereka.

mungkin sekian aja dulu.



--- tonydwisusanto2003 <tonydwisusanto2003@yahoo.com>
wrote:

> Assalamualaikum Wr. Wb.
>
> Alhamdulillaah semoga rahmat Alloh terlimpah kepada
> semua teman
> milinglist dan moderator yang selama ini ikut
> menjaga semangat
> mencari S3 saya.
> Akhirnya...setelah ikhtiar mencari beasiswa S3 lebih
> dari 2
> tahun..Alloh berkenan memberinya: Alhamdulillaah
> saya salah satu
> dari temen2 yang memperoleh beasiswa S3 dari KSU
> Saudi Arabia tahun
> ini
> (di kesempatan lain saya akan testimoni bagaimana
> perjalanan ikhtiar
> saya memperoleh beasiswa BPPS UGM, IATSS Forum di
> Jepang, Visiting
> Researcher di Australia dan akhirnya S3 Arab ini,
> padahal IPK S1
> saya hanya 2,85 dari jurusan yg kurang laku dan
> bahasa English saya
> dapat didongkrak dari dibawah TOEFL 450 hingga
> terakhir
> 560..mudah2an bermanfaat).
>
> Kesempatan ini saya mohon informasi dari temen2 yg
> tahu atau pernah
> tinggal di Saudi Arabia:
> 1. Diluar bebas Tuition Fee, Beasiswa KSU ini
> sebesar 2000 reyal
> perbulan dan 6000 reyal untuk housing (mungkin yg
> ini utk 1 tahun):
> Berapa ya Biaya hidup perbulan di Riyadh? Beaya sewa
> rumah untuk
> family? utk kost? cukupkah 2000 reyal/bulan? Berapa
> biaya establish
> saya (biaya tiket pesawat dan lain2)?
>
> 2. Saya mendengar di Arab, hanya mungkin membawa
> keluarga kalo sudah
> 1 tahun. Benarkah? adakah temen2 yang dapat membantu
> memberitahu
> tips membawa keluarga tinggal di Saudi Arabia
> (termasuk biaya hidup
> untuk 1 isteri + 2 anak balita)? sistem sekolah
> untuk anak di sana?
> adakah asuransi?
>
> 3. Bagaimana agar isteri saya dapat bekerja di sana
> selagi saya S3?
> (Isteri saya seorang dokter, Master- Health Services
> Management dari
> Flinders Uni Australia, English TOEFL 587, Bahasa
> Arab nggak bisa:)
>
> 4. Bagaimana kualitas S3 di Saudi Arabia? khususnya
> bidang Teknik
> Informatika/Komputer? khususnya KSU university?
>
> 5. Peluang kerja parttime disana ada nggak? ada
> nggak hubungan
> antara uni dengan industri di sana?
>
> Mohon informasi dari temen2. Please, Jazakumullooh.
> Percayalah, Pertolongan Alloh akan datang manakala
> kita terus
> berusaha, percaya dan ber"transaksi kebaikan"
> dengan-Nya.
>
> Wassalamualaikum...saya menunggu info temen2.
> Tony
>
>
>
>


____________________________________________________________________________________
Got a little couch potato?
Check out fun summer activities for kids.
http://search.yahoo.com/search?fr=oni_on_mail&p=summer+activities+for+kids&cs=bz

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: