Minggu, 30 September 2007

[psikologi_transformatif] Re: Surat Keberatan Media Watch > Kesannya terlalu "sensi" nih ... :)

Betul Mas,...karena nya Nala sendiri kadang merasa rancu melihat
pemahaman masyarakat tentang gerakan perempuan..yang dilihat (dan
mungkin juga dipahami)masih sangat artifisial. Nawal el Saadawi dan
Simone dB merupakan penulis perempuan yang Nala sukai, dan banyak
inspirasi dari mereka...gerakan membangun kesadaran kritis ini bisa
(dan sangat mungkin) dimulai memang dari perempuan terutama para
Ibu, yang mempunyai pengaruh kuat pada anak baik laki maupun
perempuan....ini kalau bicara salah satu strategi membangun
kesadaran (untuk jangka panjang) hehehe...

smile with me
Nala

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@... wrote:
>
> Mestinya begitu. Dulu ada asumsi bahwa gerakan membangun kesadaran
kritis yang
> dilakukan para aktivis perempuan sasaran utamanya adalah perempuan
sendiri.
> Tapi, belakangan disadari bahwa justru target strategisnya
mestinya laki-laki.
> Tanpa kesediaan kaum laki-laki untuk memahami kondisi kaum
perempuan, tak akan
> ada kebebasan buat perempuan. Lawan yang dihadapi bukan hantu
bukan setan,
> melainkan bapak, kakak, suami, teman, saudara sendiri yang laki-
laki. jadi, tak
> mungkin perang bunuh-bunuhan sama mereka. Makanya lalu stress-nya
mencakupi
> juga awareness raising.
>
> manneke
>
> Quoting nalaratih <nalaratih@...>:
>
> > Mas Manneke...Nala pinjem bahasanya Marianne Katopo..bukankah
> > pembebasan perempuan itu berarti juga pembebasan lelaki?....:)
> > hehehe......
> >
> > smile with me
> > Nala
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@ wrote:
> > >
> > > Lho? Komentar saya itu juga ditujukan untuk mengetahui reaksi
> > Anda.
> > > Kesimpulannya sama: Ternyata begitu ya reaksinya ... :) [;)]
> > >
> > > Wah, Ratna berutang budi kepada Anda dong. Eh, yang bikin saya
> > makin gak abis
> > > pikir, ngakunya "tergolong penghormat perempuan" tapi kok bisa
> > punya pikiran
> > > seperti yang tertuang dalam isu Pro XL ini ya?
> > >
> > > Ah, mestinya saya tak usah bingung. Kan cuma mau mancing
reaksi
> > orang. Bisa
> > > berguna ya buat riset psikologi? Semoga.
> > >
> > > manneke
> > >
> > > Quoting sinagahp <sinagahp@>:
> > >
> > > > Ha...ha...ha.... :)
> > > >
> > > > Wah ... memang benar kalau anda ini ..... sejati :)
> > > >
> > > > Mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan.
> > > >
> > > > Komentar saya itu memang ditujukan untuk mengetahui
bagaimana
> > reaksi
> > > > anda dan rekan-rekan. Ternyata begitu ya reaksinya .... :)
[;)]
> > > >
> > > > Sejatinya, saya merasa saya tergolong penghormat perempuan.
Boleh
> > > > ditanya di psikologi ui, siapa yang mengkader dan mendukung
> > Ratna jadi
> > > > ketua senat mahasiswa, menembus tradisi. Boleh tanya Bu De
Tih
> > tuh ...
> > > > :) Atau tanya Ipoet (E. Kristi Poerwandari) juga boleh ... :)
> > > >
> > > > Jangan jadi berang begitu ah ... :)
> > > >
> > > > salam,
> > > > harez
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, pradita@
wrote:
> > > > >
> > > > > Sensitif? Atau situ yang gak punya kepekaan? Kalo yang
bikin
> > iklan itu
> > > > di
> > > > > otaknya gak menyamakan tubuh perempuan dengan pulsa
murahan,
> > kenapa
> > > > pakai figue
> > > > > perempuan dengan tulisan Rp 1/detik di dadanya? Kok gak
pake
> > kucing
> > > > aja? Atau
> > > > > bunga mawar?
> > > > >
> > > > > Harusnya angka berapa? Ini pertanyaan supertolol. Emang
tubuh
> > manusia
> > > > bisa
> > > > > dihargai dengan Rupiah?
> > > > >
> > > > > Soal iklan yang pakai model laki-laki, ya situ aja yang
ngerasa
> > > > laki-laki yang
> > > > > protes. Kalo kau tak mau protes, yah salah kau sendirilah.
> > Tapi kalo
> > > > ada
> > > > > perempuan protes soal iklan dengan citra negatif tentang
> > perempuan, ya
> > > > kau tak
> > > > > usah sewotlah. Mbok yang agak sensitif dikit gitu!
> > > > >
> > > > > manneke
> > > > >
> > > > >
> > > > > Quoting sinagahp sinagahp@:
> > > > >
> > > > > >
> > > > > > > Citraan ini sangat merendahkan perempuan, memberi
kesan
> > tubuh
> > > > > > > perempuan tersebut sama dengan seharga Rp 1 / per
detik.
> > Bahwa
> > > > iklan
> > > > > > > ini menunjukkan citraan penjualan seorang perempuan,
atau
> > ide dari
> > > > > > > bisnis hotline.
> > > > > >
> > > > > > harez:
> > > > > >
> > > > > > Harusnya angkanya berapa per detik? seribu, sepuluh
ribu,
> > sejuta ?
> > > > > > Kesannya siapa ? :)
> > > > > >
> > > > > > Kalau dilihat-lihat dan direnung-renung koq
> > kesannya "sensitif"
> > > > banget
> > > > > > sih? Masa iya, orang berpikir tubuh perempuan sama ama
pulsa
> > > > murahan?
> > > > > > Sejam 3600 perak, hampir sama ama chicki snacknya anak
> > kecil. Yang
> > > > betul
> > > > > > aja ... Terlalu sensi nih .... :)
> > > > > >
> > > > > > Lagian, kalau ngomongin soal diskriminasi, koq iklan apa
tuh
> > (LMen
> > > > ...?)
> > > > > > atau iklannya AXE koq nggak diprotes? Kan itu
> > nunjukin "udel"nya
> > > > > > laki-laki? Atau malah menikmati .... ha...ha...ha... :)
> > > > > >
> > > > > > Kalau menurut saya, yang harus diprotes lebih keras itu
malah
> > > > > > iklan-iklan dan jasa hotline itu malah. Itu jelas-jelas
> > menjual
> > > > wanita,
> > > > > > mulai dari suara dan seterusnya .... he...he...he... ada-
ada
> > aja :)
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > salam,
> > > > > > harez
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > --- In
> > psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "adindatitiana"
> > > > > > adindatitiana@ wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > MEDIA WATCH
> > > > > > > Jl.Bangka Raya No 43 ,Jakarta Selatan 12770
> > > > > > > Telp: 021-7192627 Fax:021-7192523
> > > > > > > Email: pemantau_media@
> > > > > > >
> > > > > > > No : 001/E/MW/SK/IX/07
> > > > > > > Lamp : 1 buah foto contoh iklan
> > > > > > > Hal : Surat Keberatan
> > > > > > >
> > > > > > > Jakarta, 26 September 2007
> > > > > > >
> > > > > > > Kepada Yth.
> > > > > > > Pimpinan Perusahaan
> > > > > > > Kartu Seluler XL
> > > > > > > di tempat
> > > > > > >
> > > > > > > Dengan hormat,
> > > > > > > Kami bermaksud menyampaikan surat keberatan kami atas
> > iklan XL
> > > > versi
> > > > > > > perempuan dengan menggunakan kaos bertuliskan Rp
1/detik
> > > > > > > Dari cara mempromosikan iklan tersebut menunjukkan
citra
> > yang
> > > > > > > melecehkan perempuan, karena :
> > > > > > >
> > > > > > > Model yang diperagakan adalah seorang perempuan dewasa
> > berdiri dan
> > > > > > > dibagian perut serta sekitar payudara bertuliskan Rp
1 /
> > per
> > > > detik.
> > > > > > >
> > > > > > > Citraan ini sangat merendahkan perempuan, memberi
kesan
> > tubuh
> > > > > > > perempuan tersebut sama dengan seharga Rp 1 / per
detik.
> > Bahwa
> > > > iklan
> > > > > > > ini menunjukkan citraan penjualan seorang perempuan,
atau
> > ide dari
> > > > > > > bisnis hotline.
> > > > > > >
> > > > > > > Dengan ini kami sangat keberatan sekali iklan tersebut
> > terus
> > > > menerus
> > > > > > > ditayangkan dan diterbitkan di media-media sampai
sekarang
> > yang
> > > > dapat
> > > > > > > dilihat oleh semua orang. Masih banyak iklan XL lain
> > sebelumnya
> > > > yang
> > > > > > > terlihat lebih kreatif tanpa mencitrakan perempuan
seperti
> > itu.
> > > > > > >
> > > > > > > Negara Indonesia sudah sepakat untuk menghapuskan
semua
> > bentuk
> > > > > > > diskriminasi terhadap perempuan baik langsung maupun
tidak
> > > > langsung
> > > > > > > (UU No. 7 Tahun 1984) salah satunya peran media massa
> > (termasuk
> > > > iklan)
> > > > > > >
> > > > > > > Semoga masukan dari kami ini sangat bermanfaat bagi
> > perusahaan
> > > > Anda.
> > > > > > >
> > > > > > > Kami sangat terbuka untuk berdialog dengan pihak XL
> > mengenai
> > > > keberatan
> > > > > > > kami ini. Agar terjadi pengertian masyarakat dan untuk
> > selanjutnya
> > > > > > > silahkan menghubungi Dinda di 08151609391 atau email
kami
> > di
> > > > > > > pemantau_media@ bila tertarik untuk merencanakan
pertemuan.
> > > > > > >
> > > > > > > Media Watch akan terus memantau tayangan televisi yang
> > memiliki
> > > > > > > tayangan yang membuat citraan perempuan menjadi
negatif.
> > Tujuannya
> > > > > > > bukan untuk memberangus media industri, tetapi
> > memberi 'masukan
> > > > lebih'
> > > > > > > segala hal yang berhubungan dengan prinsip hak asasi
> > manusia. Di
> > > > > > > negara lain metode ini sudah diterapkan, diantaranya
di
> > Filipina.
> > > > > > >
> > > > > > > Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima
kasih.
> > > > > > > Hormat kami,
> > > > > > >
> > > > > > > Mariana Amiruddin
> > > > > > > Koordinator Umum
> > > > > > >
> > > > > > > CC:
> > > > > > > 1.Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
> > > > > > > 2.Komisi Penyiaran Indonesia
> > > > > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Summer Shape-up

on Yahoo! Groups

Trade weight loss

and swimsuit tips.

Cat Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about cats.

Green Y! Groups

Environment Groups

Find them here

connect with others.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: