Rabu, 10 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] Pengertian Dasar

Dear all,

" Alkisah seorang professor dari AS menuturkan pengalamannya ketika memberikan ceramah tentang konsentrasi di hadapan para psikolog dari mancanegara. Ketika seluruh hadirin sedang asyik mendengar paparannya, ia melihat seorang peserta dari Jepang duduk di belakang bersandar rileks dengan mata terpejam. Ia merasa agak tersinggung melihat dia yang dinilai tidak menghargai pembicara. Seminar itu berlangsung di resort area di pinggir pantai dengan pemandangannya yang indah. Ketika ia sedang asyik  membababarkan inti masalah mengenai konsentrasi, tiba-tiba angin bertiup keras sehingga semua kertas yang ada di meja berterbangan dan berserakan kemana-mana.
Alhasil, kertas yang ada di meja pesrta Jepang itu ikut juga terbang......tapi dengan cekatan dia menangkapnya dan meletakkannya kembali di meja ".
=======
Metafor ini menjelaskan apa yang sebenarnya dimaksud dengan Psikologi Transformatif yaitu kemampuan passing over kesadaran seseorang untuk keluar dan membebaskan diri dari penjara yang  mengungkung dirinya ' self center ' lalu menyatu dan merasa menjadi bagian dari keseluruhan saat ini ' now ' dan di sini ' here '

Kearifan Timur  sudah semenjak menciptakan huruf kanji  ' pintar / chung-ming ', dengan menggambar urutan sbb. :  kuping - mata - mulut - hati dirangkai dengan matahari dan bulan.
Pintar tidak ada kaitannya dengan IQ seperti dalam psikologi barat, tapi pada kemampuan mendengar - melihat - dimasukkkan ke dalam hati yang dilakukan terus menerus siang dan malam.
Karena itu pintar tidak bisa dipisahkan dan sudah mencakup juga EQ yang berarti Transpersonal.
Psikologi barat berpendapat IQ dan EQ berhubungan dengan fungsi faali otak kiri dan kanan.
========
Saya sarankan spy masalah fundamental ini difahami dulu sehingga millis ini bisa bermanfaat bagi pemahaman dan pengembangan Psikologi Tranformatif dan Transpersonal.


Salam,
Jusuf Sutanto
 



Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Stay in Shape

on Yahoo! Groups

Find a fitness Group

& get motivated.

Y! Messenger

Want a quick chat?

Chat over IM with

group members.

Popular Y! Groups

Is your group one?

Check it out and

see.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: