Senin, 01 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] Re: Apakah SURGA dan NERAKA benar-benar ada? - HPS: Iblis, Jin, dan Malaikat

mas as as ini....
mana enak cuma surga thok....
semua jadi puitikus nanti...heheheee

smile with me
Nala
*yang masih suka neraka dikit*

--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, as as
<as2004as_as@...> wrote:
>
> Kalau di aku, Rez
> Adanya surga thok
> Tak ada nerakanya
> Lagi pula, cukup untuk semua orang
>
> Ayooooooo
> Bergabunglah ama akuuuuuuuuuuu
>
> sinagahp <sinagahp@...> wrote:
> Namanya "surga dunia" atau "surga di dunia" Mas Goen ? :)
>
> salam,
> harez
>
> --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi"
> <goenardjoadi@> wrote:
> >
> > Namun, akhirnya saya "gatel" juga untuk ikutan komentar dalam
topik :
> > Benarkah Negeri AKHIRAT Tidak Kekal?.....Apakah SURGA dan NERAKA
> > benar-benar ada?
> >
> > GG: Surga itu dianggap banyak orang sebagai dunia setelah kita
mati,
> > saya mengerti mengapa persepsinya jadi begitu, karena sewaktu
kita
> > mati maka body kita menjadi tidak significant, jadi tinggal jiwa
> > kita. maka sebenarnya surga itu adalah dunia jiwa kita.
> >
> > nah, bagi yang telah memiliki jati diri, atau istilahnya telah
> > mendewasakan jiwanya, dengan banyak memberi makan jiwanya, maka
> > kehidupan jiwanya pun sudah ada di surga. jadi surga itu adalah
> > sekarang, kehidupan kekal itu sekarang, kehidupan penuh damai,
penuh
> > berkat, bebas hambatan, berkelimpahan rejeki, dan pahala.
> >
> > masalahnya adalah kemana kita mencari surga itu? surga bagi
jiwa
> > kita?
> >
> > untuk itu sebelumnya kita harus paham mengenai perilaku jiwa.
jiwa
> > itu sifatnya [softwarenya] adalah menolong jiwa-jiwa lainnya.
> >
> > oleh karena itu ketika Mother Theresa menolong jiwa-jiwa yang
> > sekarat, ternyata jiwa-jiwa itu tidak butuh banyak hal, paling
butuh
> > dekapan, kasih, dan perhatian, sehingga ketika sekarat jiwanya
tidak
> > melaknat Tuhan.
> >
> > banyak orang lain yang mencari surga lewat jalan menolong mayat-
> > mayat korban tabrak lari,
> >
> > menurut saya, menemukan surga adalah dengan menolong orang lain
> > dengan membangkitkan hidupnya, menyelamatkan orang lain supaya
mampu
> > menemukan jati dirinya, itu jauh lebih mulia secara dunia
akherat.
> >
> > kalau ditanya ini ada di ayat mana? di ayat goen 1.0
> >
> > salam,
> > goen
> >
> >
> >
> >
> > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "sinagahp"
> > sinagahp@ wrote:
> > >
> > >
> > > --- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "swastinika"
> > > <swastinika@> wrote:
> > > >
> > > > Nggak apa2 kok Bang. Memang dasarnya saya juga dari sana
kok ;).
> > Cuma
> > > > yang di-link yang sudah berbentuk artikel.. hehehe..,
karena saya
> > > > menghindari mengutip ayat2 untuk diskusi dengan teman yang
bukan
> > > muslim.
> > > > Nggak enak aja.. belum tentu semua orang senang dikutipkan
ayat2
> > bukan
> > > > dari kitab sucinya :)
> > > >
> > >
> > > harez:
> > >
> > > Wajar aja Swas kalau kamu punya perasaan nggak enak. Diskusi
soal
> > agama
> > > memang topik yang sensitif, baik antar agama maupun se agama.
Aku
> > juga
> > > pernah merasa begitu. Bahkan kalau jujur, faktor yang turut
menjadi
> > > penyebab mengapa aku sempat "non aktif" di milis ini selama
> > beberapa
> > > waktu, selain faktor kesibukan ya faktor "nggak enak" itu.
Jujur
> > saja,
> > > tadinya saya cenderung menghindari diskusi yang terkait dengan
> > agama,
> > > teologis dan sejenisnya. Bukan saya tidak suka, tapi saya
pikir di
> > milis
> > > ini bukan itu fokus utamanya. Dalam diskusi-diskusi aawal
dengan
> > Mang
> > > Iyus, saya sudah menyatakan hal itu.
> > >
> > > Namun, akhirnya saya "gatel" juga untuk ikutan komentar dalam
> > topik :
> > > Benarkah Negeri AKHIRAT Tidak Kekal?.....Apakah SURGA dan
NERAKA
> > > benar-benar ada?
> > >
> > > yang dikirim oleh Wuryanano Raden
> > >
> >
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/17181
> > >
> >
<http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/17181>
> > >
> > > terutama melihat ketidaknyaman yang dirasakan oleh rekan-rekan
> > > (khususnya yang Muslim), apalagi setelah Wuryanano Raden
> > mengeluarkan
> > > ayat-ayat Quran
> > >
> >
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/17197
> > >
> >
<http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/17197>
> > >
> > > yang saya rasa seakan-akan semakin memojokkan rekan-rekan yang
> > Muslim.
> > > Karena itulah kemudian, saya ikutan nimbrung dengan
mengemukakan
> > hal-hal
> > > yang saya ketahui.
> > >
> >
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/17206
> > >
> >
<http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/17206>
> > >
> > > Kemudian, dengan sadar saya mengajukan pertanyaan "Dimanakah
Tuhan
> > > Ketika IA Belum Mencipta?". Pesan yang ingin saya sampaikan
> > sebenarnya
> > > cuma satu, "Pemahaman Manusia Terhadap Tuhan Sangat Terbatas,
> > manusia
> > > memiliki banyak keterbatasan untuk memahami IA yang tak
terbatas".
> > >
> > > Tapi responsnya kan sangat beragam. Salah satu tanggapan yang
saya
> > rasa
> > > adalah respons tidak langsung adalah artikel yang dikirim Pak
> > Hudoyo
> > > yang berjudul "Penginjilan yang tidak sehat!" di:
> > >
> >
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/17241
> > >
> >
<http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/message/17241>
> > >
> > > Ha...ha...ha... wah ini sudah nyerempet-nyerempet hal yang
ingin
> > saya
> > > hindari...:) Bisa mucul topik "Penginjilan yang tidak sehat
atau
> > > PemBudhaan yang tidak sehat". Itulah yang kemudian menjadi
> > precipitating
> > > factor, akhirnya saya non aktif dulu, karena kerjaanku numpuk,
> > keasyikan
> > > berdiskusi kan menyita waktu dan perhatian juga (seperti kata
Mas
> > Goen).
> > >
> > > Ikutan diskusi lagi gara-gara ada yang mengundang secara
personal
> > tapi
> > > dimasukkan ke milis.
> > > http://groups.yahoo.com/group/vincentliong/message/22339
> > > <http://groups.yahoo.com/group/vincentliong/message/22339>
> > >
> > > Seetelah saya pelajari ternyata ada beberapa perkembangan
baru,
> > kemudian
> > > saya secara perlahan mencoba mulai ikut terlibat lagi.
> > >
> > > Jadi .... ya wajar saja kalau kamu merasa nggak enak/sungkan.
Tapi,
> > > berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya, kalau
diskusi/dialog
> > dengan
> > > rasa saling menghormati, maka ia bukan saja sekedar dapat
menjadi
> > > diskusi yang "tidak meng-uenegg-kan", bahkan bisa menjadi
suatu
> > > diskusi/dialog yang "mencerahkan" dan "menyejukkan". Saya
berharap
> > > diskusi/dialog kita ini dapat menjadi diskusi/dialog yang
demikian.
> > >
> > > Swas:
> > > > Betul, kalau dilihat kata per kata, ayat per ayat, memang
ayat2
> > Al
> > > Quran
> > > > itu banyak yang [seolah2] bertentangan. Maka dari itu saya
> > sendiri
> > > > menghindari pengutipan ayat, khawatir justru misleading. Itu
> > juga yang
> > > > sering saya himbau dari teman2 sesama muslim (paling tidak
dulu
> > > himbauan
> > > > ini pernah saya ajukan pada Hendrik Bakrie ;)) untuk tidak
> > sepotong2
> > > > mengutip dan memaknai ayat.
> > > >
> > >
> > > harez:
> > > Ha....ha....ha.... Hendrik Bakrie adalah termasuk salah satu
member
> > > milis ini yang paling saya hargai. Dengan gaya urakan,
serampangan,
> > > impulsif, konyol .... dsb, sejauh yang saya lihat dia tidak
punya
> > > "kepentingan apapun" selain berusaha "membagikan apa yang ia
yakini
> > > sebagai sesuatu yang baik dan benar". Kalau orang mau percaya
> > silahkan,
> > > kalau tidak ya abaikan saja. Yang mangkel mungkin banyak sih.
> > Tetapi,
> > > apa dia jual jasa .... ? Apa dia mendapatkan uang/keuntungan
dari
> > apa
> > > yang dia lakukan itu? Apa ada orang yang pernah merasa tertipu
> > olehnya
> > > .... ? Apa ada orang stress gara-gara dia ....? (Eh..., kalau
yang
> > ini
> > > malah Mas As As kayanya yang pernah stress (enggak enak
hati)).
> > > He....he....he.... pokoknya Hendrik Bakrie "top" di mata
saya ... !
> > >
> > > Swas:
> > > > Back to topic.. :)
> > > > ....
> > > > Yang saya tangkap dari segala tafsir ini adalah: dalam masa
> > manusia
> > > > belum diciptakan, yang ada hanya alam roh saja. Secara
gampang
> > disebut
> > > > sebagai "malaikat", yang diciptakan dari cahaya. Tapi..
selain
> > > malaikat
> > > > "standard", ada juga malaikat "limited edition" yang dibuat
dari
> > > "sumber
> > > > cahaya", yaitu api atau nyala api. "Malaikat dari sumber
cahaya"
> > > inilah
> > > > yang punya kemampuan lebih dari "malaikat2 standard".
> > >
> > > harez:
> > > Koq kaya mobil saja, pake "limited edition" segala ... :)
> > >
> > > Swas:
> > > > Itu yang menurut saya menjelaskan mengapa ketika ada
perintah
> > terhadap
> > > > malaikat, lantas seluruh malaikat bersujud, sementara iblis
> > menolak
> > > dan
> > > > muncul kalimat "dia adalah dari golongan jin, maka..".
Mungkin
> > kalimat
> > > > ini setara dengan kalimat seperti ini (ketika Timor Leste
masih
> > jadi
> > > > bagian dari RI), "Seluruh bangsa Indonesia menyanyikan lagu
> > kebangsaan
> > > > Indonesia Raya ketika diperintahkan, kecuali si X. Si X ini
> > berasal
> > > dari
> > > > Pulau Timor bagian timur, maka.. ".
> > > >
> > >
> > > harez:
> > > Saya menggarisbawahi uraianmu pada paragraf terakhir.
Sepenangkapan
> > > saya, selintas kamu ingin menyatakan bahwa "gaya tutur"
atau "gaya
> > > penyampaian" perlu diperhatikan. Menurut saya, ini justru
salah
> > satu hal
> > > penting yang perlu diperhatikan.
> > >
> > > Sebagai contoh saya ambil salah satu ayat saja. Jika kita
simak QS
> > Al
> > > Baqarah 2:34 (mohon perhatikan kata illa) :
> > > "Wa-ith qulna lilmala-ikati osjudoo li-adama fasajadoo illa
> > ibleesa aba
> > > waistakbara..."
> > >
> > > Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para
> > Malaikat:"Sujudlah kamu
> > > kepada Adam", maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan
dan
> > takabur
> > > ..."
> > > Sejauh pengetahuan saya, makna asli kata "illa"
adalah "kecuali".
> > Kata
> > > ini umumnya dipakai dalam arti istisna (pengecualian) dan
terkadang
> > > dipakai juga dalam arti istisna munqatthi, yang pemahamannya
adalah
> > > pengecualian yang terpisah (terpotong). Artinya sesuatu yang
> > > dikecualikan itu tidak harus sama jenisnya dengan sesuatu yang
> > > disebutkan pertama.
> > >
> > > Contohnya, perkataan "jaal-qaumu illa himaran", artinya adalah
> > > "orang-orang telah datang, terkecuali himar". Padahal orang
dan
> > himar
> > > (sejenis keledai) adalah dua jenis makhluk yang berlainan.
> > Kejadian ini
> > > (dengan perkataan tersebut) sering ditemui dalam kisah ketika
> > seseorang
> > > atau sekelompok orang sedang menunggu rombongan dagang.
Rombongan
> > > orangnya sudah sampai, tapi rombongan keledainya (ya pastinya
> > dikawal
> > > juga oleh orang) belum sampai.
> > >
> > > Barangkali bisa digambarkan dalam suatu peperangan, komandan
> > berteriak
> > > "bertiarap ...". Semuanya bertiarap, kecuali si Broni. Dalam
hal
> > ini,
> > > Broni misalnya adalah anjing atau binatang apa keq (kuda),
atau
> > yang
> > > lainnya...
> > >
> > > Bukankah begitu Swas?
> > >
> > > Pemahaman denagn memperhatikan gaya tutur ini, tampaknya
justru
> > menarik
> > > untuk diperhatikan bukan?
> > >
> > > Mudah-mudahan dapat lebih memperjelas dan bermanfaat.
> > >
> > > salam,
> > > harez
> > >
> >
>
>
>
>
>
>
> ---------------------------------
> Shape Yahoo! in your own image. Join our Network Research Panel
today!
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Best of Y! Groups

Check it out

and nominate your

group to be featured.

Yahoo! Groups

Join a yoga group

and take the stress

out of your life.

Summer Shape-up

on Yahoo! Groups

Trade weight loss

and swimsuit tips.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: