Senin, 01 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] Re: Pro. Harez, Ching Hai ?


--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, don kenow <donkenow@...> wrote:
>
> Mirip ? sekilasan memang bisa terlihat begitu, tapi ada perbedaan-perbedaan yang bagi saya krusial sekali... saya kutipkan salah satunya saja...
>

harez:
Siiipp Don ... :) Kemampuan membedakan secara jernih mengindikasikan pemahaman dan pilihan sadar, terlepas dari apapun pilihannya.


> DKN :
> Dalam pemahaman saya, anda tidak perlu tercerahkan dulu untuk didatangi oleh Yesus,karena kedatangan Yesus itu penentunya yaYesus sendiri bukan diri anda dan tidak ada metode-metode yang spesifik, all forms are the form if it leads us to God (if it develops the spirit)..
>


harez:
"Didatangi, bukan mendatangi" dalam kaitannya dengan "Dipilih, bukan memilih" itukah maksudnya?

DKN:
> Jadi menurut saya, kalau suatu saat didatangi Yesus, (atau utusan Yesus) ya tinggal tanya aja : "eh kamu beneran Yesus Kristus ya ?" :-). Se-simple itu. :-) dan Dia sendiri toh juga 'nyuruh untuk menguji tiap roh. Mengujinya gimana ? salah satunya bisa gunakan kriteria2 sebagaimana yang di list sama Paulus di Gal. 5 :22-23.
>

harez:
Setahu saya Gal 5:22-23 bukan menguji roh, melainkan buah-buah orang yang telah dipenuhi Roh Kudus. Pengujian roh bukan dengan melihat buah-buahnya. Seseorang yang belum memiliki buah-buah Roh mengindikasikan bahwa hidupnya belum dipimpin oleh Roh Kudus (tidak identik dengan adanya roh jahat).

Dari berbagai sekte/aliran Kristen, aliran pentakosta/karismatik lah yang relatif paling banyak berkaitan dengan masalah roh-rohan begini. 

Pengujian roh antara lain dilakukan dalam kebaktian-kebaktian (khususnya ketika ada nubuatan  maupun penglihatan, baik yang bersifat prekognisi maupun  remote viewing), maupun dalam pelayanan pelepasan. Ketika kontak sudah terjadi, pengujian roh biasanya diawali pertanyaan  "Apakah ybs mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia?" ybs dalam hal ini adalah roh atau apapun namanya, yang mempergunakan tubuh seseorang sebagai medium untuk berkomunikasi dengan manusia (dalam hal ini jemaat yang ikut kebaktian/pelepasan).

Kalau roh tersebut tidak mengakui (mengingkari) pertanyaan tersebut, sudah jelas bahwa roh tersebut diyakini oleh jemaat itu sebagai bukan roh yang dipimpin Roh Kudus (Roh Tuhan) - ada dasar Alkitabiahnya. Jangankan  roh yang mengingkari, roh yang mengaku percaya saja, dalam tahap-tahap pengujian selanjutnya bisa terdeteksi sebagai roh yang pura-pura "mengaku percaya".  Kalau sudah melalui proses pengujian, barulah dilakukan tahap selanjutnya (nubuatan, penglihatan, pelepasan, penyembuhan) dan sebagainya, yang dihayati sebagai pimpinan/karya dari Roh Kudus (Tuhan itu sendiri).

Deskripsi tentang hal tersebut, kiranya dapat memberikan gambaran singkat apa yang saya ketahui tentang pengujian roh di kalangan orang Kristen, khususnya pada praktek yang biasanya dilakukan  kalangan pentakosta-karismatik.

Mudah-mudahan, dapat memperkaya pengetahuan Donny.

salam,
harez



__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Beauty & Fashion

on Yahoo! Groups

Share style tips

and advice.

Green Y! Groups

Environment Groups

Find them here

connect with others.

Endurance Zone

on Yahoo! Groups

Groups about

better endurance.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: