Jumat, 19 Oktober 2007

[psikologi_transformatif] Re: [PROFEC] oot:Intermezooo Jakarta selama mudik 2007 - Berakhirnya sebuah budaya

Kenapa ada istilah mudik? Apa sich yang dimaksud dengan mudik.......
Seingat aku saat aku kecil yang biasa bilang mau mudik adalah para pembantu rumah tangga, tukang sayur langganan ibuku, tukang gudeg, tukang jamu gendong, tukang rokok di tikungan jalan, warteg, pedagang di pasar, tukang beca langganan, tukang bakso, pokoknya mereka yang hanya menjadi pemukim sementara di Jakarta ataupun suatu tempat.Dan ini hanya diistilahkan saat lebaran saja karena pada saat hari hari lain istilah mudik tidak digunakan. Entah kenapa.
 
Kata mudik sendiri sepertinya punya konotasi miring karena waktu aku kecil kalau aku sedang berantem dengan tetanggaku yang orang betawi asli sering mereka menyebut aku .... dasar orang udik oleh karena itu dulu kami jarang bilang kalau mau pulang kampung dengan istilah mudik.Juga teman temanku biasanya kami menghindar istilah mudik tersebut abis kesannya rada kampungan sich, namun dengan berjalannya waktu saat kita terbiasa mencari kata kata yang singkat tapi padat maka istilah mudik menjadi biasa digunakan untuk aktifitas pulang kampung saat lebaran.
 
Dan kondisi negara kita yang berbentuk kepulauan membuat perjalanan pulang ke kampung halaman menjadi semakin penting karena biasanya mereka yang lulus sekolah mencari pekerjaan di kota kota besar  yang berada di pulau yang sama ataupun pulau lain dan biasanya mereka memilih untuk mencari pekerjaan di kota besar seperti Jakarta yang diyakini lebih menjanjikan dan mereka yang berhasil akhirnya menjadikan kota tsb. sebagai tempat domisilinya yang baru bahkan tanah air keduanya.
 
Indonesia sendiri dikenal sebagai negara agraris atau pertanian sehingga banyak penduduknya khususnya yang tinggal di daerah atau pedalaman mempunyai mata pencarian sebagai petani namun dengan bertambahnya anggota keluarga maka saat orang tuanya meninggal banyak tanah pertanian yang dipecah untuk warisan akibatnya dengan lahan yang semakin sempit tidak memungkinkan untuk meneruskan pekerjaan tradisional tadi. Maka banyak penduduk yang akhirnya memilih menjadi transmigrasi dan membentuk komunitas baru di daerah transmigrasi maka tidak heran jika di Sumatera banyak orang dari suku Jawa yang sudah merantau dari jaman penjajahan dulu untuk mengadu nasib. Atau
melakukan urbanisasi ke kota lain dan membentuk kehidupan baru di sana. Bahkan ada yang berimigrasi ke negara lain dan pindah warga negara.
 
Saat eyangku masih hidup merupakan kewajiban bagi semua anak cucunya untuk mengunjunginya saat lebaran dan seingatku acara ini menjadi acara rutin tahunan dalam kondisi apapun seolah momentum itu sangat sakral untuk dihindari. Buat aku dan saudara saudaraku hanya mengingat bahwa kami memang merindukan saat demikian karena kapan lagi bertemu saudara sepupu di hari hari biasa. Kami akan berada di kampung cukup lama biasanya satu minggu penuh.... bermain ke sawah... berlair di pematang sawah sambil memetik mentimun dan kacang panjang  yang ditanam petani di pematang sawah .....mandi di kali dan naik kerbau sambil memandikannya.... nyolong tebu di perkebunan dan lari terbirit birit takut tertangkap basah, nonton wayang kulit di malam hari. Dan klimaksnya sungkem kepada Eyang dan mereka yang lebih tua sambil menerima wejangan yang selalu kuingat sampai bertahun tahun kemudian. Sungguh pengalaman yang menyenangkan dan membuat kami selalu ingin mengulangi kembali.
 
Namun dengan berjalannya waktu kami menyadari bahwa dorongan untuk pulang itu semakin menipis apalagi saat Eyang sudah tiada kegiatan pulang kampung bukan lagi tujuan kami hanya datang ke rumah eyang untuk ziarah dan sesudahnya kami meneruskan perjalanan, tidak ada lagi pertemuan keluarga besar di kampung eyang di Blitar. Dan aku baru menyadari bahwa semakin lama kampung eyang pun semakin sepi hanya tinggal mereka yang sudah tua sementara anak anak mereka sudah merantau saat melanjutkan pendidikan dan akhirnya bekerja. suasana kampung pun bak kota mati istilah kami suwung.... sepi dan sama sekali tidak menyenangkan. Mereka hanya pulang setahun sekali saat lebaran itupun saat orang tua mereka masih hidup, setelah mereka tiada mereka pun jarang pulang kampung. Terlebih lagi saat tanah dan rumah keluarga akhirnya terpaksa dijual untuk dibagi sebagai warisan.
 
Aku selalu ingat lagu DESAKU yang begitu menyentuh entah kini sepertinya sudah tidak punya makna karena desa desa yang asri itu sudah berubah bentuk ....sebagian berubah menjadi area industri yang gersang dan keras. Tidak ada lagi sawah sawah yang hijau dan air sungai yang jernih, juga anak gembala yang meniup suling mereka di atas punggung kerbau. Budaya ini nyaris punah sejalan dengan arus informasi yang sudah menyusup ke seluruh pelosok kampung. Setidaknya di pulau Jawa sudah sulit mencari suasana yang asri dan damai.
 
Sehubungan dengan itu aku yakin tiga generasi lagi budaya mudik ini akan punah karena hampir semua orang udik sudah menjadi perantauan dan membentuk komunitas baru di tempat yang baru. Seperti aku saat ini .........jujur masih mau berlelah lelah ke Surabaya  di saat lebaran dengan segala resiko di jalan raya yang begitu tinggi hanya karena kedua orang tuaku masih hidup, jika nanti mereka sudah tiada maka kami akan berkunjung ke keluarga lain yang dituakan seperti  keluarga paklik ataupun pakde yang mungkin  bermukim di kota lain atau malah satu kota denganku dan jika mereka sudah tiada maka generasi berikutnya yang akan mengambil alih peranan tersebut seperti aku yang anak tertua bisa jadi dua tiga tahun ke depan kalau masih panjang umur maka saudara saudaraku lah yang akan berkunjung saat lebaran itupun belum tentu datang sekaligus karena mereka juga harus berkunjung ke keluarga besannya.
 
Sebenarnya budaya mudik itu punya nilai spiritual yang tinggi sayangnya kurang diteruskan kepada generasi generasi mudanya,  yang hanya  menganggap ini semua cuma ritual yang tidak logis dan buang buang energi belaka.Saya sendiri berusaha keras untuk mendidik anak anak saya untuk meneruskan budaya silaturahmi ini namun entah apakah mereka nantinya mau menjalankannya seperti yang selama ini dijalankan generasi aku maupun sebelum aku wallahualam......
 
Jika sampai ke tahap itu maka akan lenyaplah budaya mudik itu......mungkin akan timbul istilah baru entah apa namanya.
 
Salam epos,
 
Lies Sudianti
Founder & Moderator the Profec
0816995258
98095248
 
 
"harry.uncommon" <harry.allman@gmail.com> wrote:
Intermezooo Jakarta selama mudik 2007: masih rame..?
 
Analisa Sujiwo Tejo Dalang EDAN: 'Jakarta masih rame 
selama mudik, karena banyak sekali warga-warga baru di Jakarta.
apa benar begitu?
Pengalaman mudik mas Hari Subagya: 'Saya melihat kegembiraan..'
Pengalaman mudik mbak Lies: 'Saya bahagia bertemu kedua orang tua saya..'
Analisa kebanyakan orang: 'Jakarta masih rame selama mudik,
karena tahun ini jumlah warga yang mudik berkurang.
Beberapa tanda-tanda di jakarta dsk sampai puncak & sukabumi:
1. Jl Sudirman Thamrin, Kuningan, Gatot Subroto, Bintaro sampai BSD,  
tangerang dan depok masih padat dengan kendaraan roda 4.
Anehnya roda 2 jarang sekali, diduga kelompok inilah
yang masih banyak pada mudik. Pasar, kelontong,
ojek, tukang bangunan, pembantu RT sepi di jakarta.
Beberapa ruas, macet merayap. Bisnis sudah mulai bergerak.
Meeting-meeting di Chitos, T-square, Setia budi building [seperti yang
tadi saya lakukan] juga sudah berjalan normal.
Suppier masih ada yang pontang-panting cari barang
dikerjar target minggu-minggu ini harus finished.
Proyek pengecoran, fabrikasi tetap ON.
Termasuk meeting di partai juga sudah bergerak.
2. Mall seperti MTA, Puri Indah, PI, Plaza Senayan, Margo City depok
sampai BSD plaza masih padat dengan pengunjung. Program discount
sampai 75% di Centro tetap dipadati ibu2 dan gadis.
3. Area parking: sulit didapat ditempat-tempat keramaian
4. Malam takbiran 12 oct, jumat, hampir semua jalanan sampai
kota, monas padat dengan arak-arakan warga, malahan di sudirman
thamrin jakarta hanya satu arah karena kepadatan yg luar biasa.
Polisi berada dimana-mana mengadakan pengamanan extra.
5. Hari pertama lebaran 13 oct sabtu: lebih dahsyat, dari jl margonda,
lenteng agung, tanah kusir, bintaro, sampai BSD semua jalan
padat dengan kendaraan roda 4. Berbeda dengan tahun lalu,
jalan-jalan ini terasa lengang, terasa lebarannya. Tahun ini
kurang terasa lebarannya.
6. Taman safari cisarua: hari rabu 17 oct, luar biasa mbludak
dengan keluarga yang cari hiburan dari jakarta sampai larut malam.
Cari parkir di blok A s/d E susah sekali...Parade gajah & burung elang
tetap ON. Hanya banyak binatang pada kurus2 kering, kayak
habis puasa..!
7. Sepanjang jalan cibogo, cipayung, cisarua sampai puncak
terus padat dan macet, pagi sampai malam.
8. Sukabumi ciawi: selasa 16 oct luar biasa macet total
sampai dengan hari ini jumat 19 oct
9. Banyak teman saya kelas ekonomi menengah tidak mudik,
dengan berbagai alasan, dibandingkan tahun lalu. Malah
ada 1 contoh agak ekstrem, Ardi dari Gorontalo dia bilang:
'..Yang terpenting bagi orang tua saya, kita sudah minta maaf
atas segala khilaf & salah, dan itu bisa via telepon. Kedua, mereka
menunggu kiriman, yang penting sebelum lebaran saya sudah 
kirimi mereka dana dan mereka sdh terima, itu sudah cukup.
Jujur, itu yang mereka tunggu kok..
Saving biaya pesawat pp dengan keluarga 10 juta,
saya kirimkan bagi orang tua saya, jadi lebih banyak kiriman
saya tahun ini,lebih bermanfaat, lebih realistis..' 
 
Nampaknya ada pergeseran nilai mudik:
'Minat mudik mulai berkurang tahun ini' Apa benar?
faktor penyebab bervariasi: 1. keterbatasan ekonomi [ekonomi
terasa sulit tahun ini, tabungan pas-pasan]
2. keterbatasan waktu   3. keterbatasan daya dukung jalan
4. keterbatasan desakan untuk pulang.
5. keterbatasan gelombang emosional pulang kampung
 
'Petualang sejati, tidak pernah mau pulang sebelum sukses..'
apakah nilai ini ada pada manusia ?
Seperti slogan pemadam kebakaran di kantor mereka di tebet:
'..pantang pulang sebelum padam..''
tapi sayang hari ini tadi saya lihat
papan slogan patah separuh..tinggal..'pantang pulang...'

Salam mulia, salam mulai
harry 'uncommon' purnama
MOTIVATION TO CHANGE: 'WASH YOUR HAND'
021.715.87887; 0813.8286.3949
http://uncommon-leadership.blogspot.com/
NEW MILIS 'Motivation to Change'
washyourhand-subscribe@yahoogroups.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

PC-to-PC calls

Call your friends

worldwide - free!

Yahoo! Groups

Get info and support

on Samsung HDTVs

and devices.

Yahoo! Groups

Real Food Group

Share recipes

and favorite meals.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: