Minggu, 18 November 2007

[psikologi_transformatif] teori buah mangga

Suatu siang di suatu perguruan di daerah padang pasir, di timur
tengah. sedang berlangsung pelajaran tentang tanaman. kali ini sang
guru sedang membahas tentang buah mangga . muritnya berasal dari
berbagai bangsa.

berikut ini teradi dialog antara guru dan murit.

Guru : G

muritnya, asep : A

====

si asep yang suka melamun ,tiba tiba di tanya oleh gurunya .

Guru : asep. ngelamun aja kalo sedang pelajaran. coba jelaskan ciri
ciri buah mangga yang baik dan manis??

Asep : yang saya tau , buah mangga yang manis itu yang enak .ciri
cirinya yang jatuh dari pohon dan ada bekas gigitan kelelawarnya ..

...seluruh ruangan tertawa .

Murit laen : maap guru , menuut teori buku petanian , kaya prof .
tanijaya. ciri nya adalah yang buahnya warnanya hijau agak kuning
,baunya harum ,kulitnya mulus . tidak ada noda bercaknya. dan masih
menggantung di pohon .

G : bagus ..

G : Asep , kamu ini ga pernah baca buku ya.. ? selama saya jadi guru
,belum pernah ada teori semacam itu. kamu jangan ngawur ya ?? dasar
tidak ilmiah !!! apa penjelasanmu ?

A : sebentar guru , di kampung saya di jawa , kalo buah mangga yang
manis itu , yang di pilih kelelawar.. saya sering cari mangga jatuh.
kalo guru sudah pernah manjat pohon mangga belum ?

G : wah.. kamu mempertanyakan kredibilitas saya ya ? semua buku teori
tentang mangga sudah saya baca. tapi teori seperti yang kamu bilang
itu ga ada. omong kosong.

A : jadi guru sudah pernah metik mangga ?

G : belum ,tapi saya liat video memetik mangga pernah.

A : (sambil bisik bisik ke temannya ) ngakunya ahli mangga. manjat
pohon mangga aja ga pernah... begitu kok jadi guru.

murit laen : hus ... jangan keras keras.. tar bisa di keluarkan dari
kelas pertanian lho...

(sorry mas tuhantu dan mbak lulu, tulisan saya 11 juli 2007 di milis
ini saya posting lagi , jangan bosen baca ya... )
====+++

salam,
Edy
Pekalongan

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Best of Y! Groups

Check it out

and nominate your

group to be featured.

Endurance Zone

on Yahoo! Groups

Communities about

higher endurance.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: