Kamis, 22 November 2007

Re: [psikologi_transformatif] 3 - Kecerdasan (Membaca) Liyan I

ga mau ah.....
kamu sih sukanya sama suami orang....
coba tanya tuyul sama as as aja..
nanti bude bayarin ongkosnya..

 
On 11/22/07, Ani Munafich <munafich@yahoo.com> wrote:

budeeee...!!!!!! gue tu suka dipanggil lia jg gt.... gue kan kalu ml sama swami orang pake nama ganti2 gt..... eyyy ada yg suka manggil gue lia gt...... lucu deyyyyy..... gue tu suka jadi lia.... trus ada yg manggil gue liyan jg gt..... eyyy ada juga yang manggil gue jadi ratih gt...... eyyyy tp gue bukan placur niyyy..... gue tu kumpatiolog ..... eyyy budee.... klu mo konsul gimana niyyy.... gue tu mo konsul supaya bs dapet banyak pasyen cowo swami orang gt.... bude ajarin donggggg!!!!!!

 
----- Original Message ----
From: ratih ibrahim < personalgrowth@gmail.com>
To: psikologi_transformatif@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, November 21, 2007 7:10:03 PM
Subject: Re: [psikologi_transformatif] 3 - Kecerdasan (Membaca) Liyan I

liyan itu anak mana?


 
On 11/21/07, audifax - <audivacx@yahoo. com > wrote:

 

Kecerdasan (membaca) Liyan

 
Dalam psikologi kognitif, terdapat telaah mengenai 'Long-Term Memory' (LTM) dan 'Short-Term Memory' (STM). Secara sederhana, LTM bisa dijelaskan sebagai ingatan jangka panjang atau ingatan akan sesuatu yang bertahan untuk waktu lama. STM adalah ingatan jangka pendek atau ingatan yang sifatnya sementara. Ingatan ini ada karena hal yang diingat masih diperlukan atau digunakan di keseharian.

 
Dalam psikoanalisa, terdapat telaah mengenai Alam-Pra-Sadar dan Alam-Bawah-Sadar. Meski tak sepenuhnya sama, hal-hal yang ada di Alam-Pra-Sadar mirip dengan STM, sedangkan hal-hal yang ada di Alam-Bawah-Sadar kerapkali adalah hal-hal yang ada di LTM. Pembahasan mengenai trauma akibat suatu peristiwa di masa kecil misalnya, adalah hal-hal yang dalam psikoanalisa dikaitkan dengan Alam-Bawah-Sadar, sedangkan hal-hal seperti password, nomor telepon adalah hal-hal yang ada di Alam-Pra-Sadar. Ia terbenam, namun masih dekat di ambang kesadaran sehingga mudah dipanggil ke kesadaran.

 
Sampai di sini, saya perlu menjelaskan bahwa paparan yang saya mulai dengan menghadirkan pokok bahasan penting di psikologi kognitif dan psikoanalisa ini merupakan introduksi untuk masuk pada pembahasan tentang 'kecerdasan' dan 'liyan'.

 
Dengan merujuk pada pemahaman kesadaran cartesian, maka 'Ada' diletakkan pada bagaimana 'Aku-Berpikir- Tentang-Ada'. Dengan demikian, apa yang ada pada STM, LTM, Alam-Pra-Sadar maupun Alam-Bawah-Sadar adalah hal yang terletak di luar 'Aku-Berpikir' namun 'Ada-menyertai- sebagai-imbuhan' (partes extra partes) atau 'Ada-sebagai- Liyan-dari- Aku-Berpikir'.

 
Saya hendak membawa pembahasan ini pada tema kecerdasan, sebagai lanjutan dari thread minggu lalu.

 
Menurut teman-teman di sini: "Apakah suatu kecerdasan mesti memperhitungkan bagaimana membaca Liyan ini atau cukup hanya membahas apa yang terpikir di otak saja?"

 

 


Be a better sports nut! Let your teams follow you with Yahoo Mobile. Try it now.



 

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Your school could

win a $25K donation.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Share experiences

with other parents.

Featured Y! Groups

and category pages.

There is something

for everyone.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: