Selasa, 04 Desember 2007

[beasiswa] [OOT] Minat Warga Asing Terhadap Bahasa Indonesia Makin Tinggi

FYI ....
=============
http://www.republika.co.id/online_detail.asp?id=315897&kat_id=23
Senin, 03 Desember 2007 17:37:00
Minat Warga Asing Terhadap Bahasa Indonesia Makin Tinggi

Jakarta-RoL-- Sekjen Depdiknas, Prof. Dr. Dodi Nandika mengatakan minat warga asing terhadap Bahasa Indonesia makin tinggi dengan semakin banyaknya permintaan dari luar negeri untuk mengirim guru dan dosen bahasa Indonesia ke universitas-universitas di luar negeri.

"Ini merupakan tantangan bagi Indonesia untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa internasional, sekaligus menjadi modal untuk mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri," kata Dodi ketika membuka lokakarya Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Lokakarya strategi pengiriman tenaga profesional pariwisata Internasional, serta rapat konsolidasi Kepala Perwakilan Republik Indonesia, Senin.

Lokakarya itu mengikutsertakan ketua jurusan bahasa Indonesia dari 25 perguruan tinggi di Indonesia yang membahas strategi pengembangan bahasa Indonesia dan melibatkan para atase pendidikan di 13 negara dan Kepala Perwakilan RI dan Wakil RI untuk Unesco.

Lokakarya bertujuan untuk menyamakan persepsi bidang BIPA dengan aspek terkait lainnya yang menyangkut garis besar pemetaan BIPA di berbagai negara dan peningkatan pemelajaran BIPA serta pengukuran pemelajaran BIPA. Pada saat yang bersamaan Depdiknas juga menggelar rapat konsolidasi dan kunjungan kerja Dubes, Dubes WRI/UNESCO, dan Atase Pendidikan.

Rapat Konsolidasi ini bertujuan untuk menyusun memberikan masukan dan pemaham komprehensif kepada peserta rapat terkait dengan potensi di bidang pendidikan yang dapat dikembangkan seperti materi pariwisata dan bahasa Indonesia untuk penutur asing. Materi diskusi tersebut selanjutnya dapat dijadikan skala prioritas dalam pengembangan program kerja Atdikbud pada tahun 2008.

Dalam rapat konsolidasi ini, panitia menyodorkan lima isu utama, yakni refleksi hubungan luar negeri masalah dan tantangan, pengembangan bahasa Indonesia melalui pembukaan program studi di luar negeri, pengembangan program darmasiswa untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing di Indonesia, pengembangan program "double degree", dan menemukan strategi yang tepat dalam mengembangkan sekolah Indonesia menjadi sekolah bertaraf internasional.

Lokakarya pariwisata yang merupakan program sinergi Depdiknas dengan kementerian dan lembaga ini akan merancang strategi persiapan SDM Pariwisata Internasional dari Indonesia. Lokakarya ini yang melibatkan Rektor Perguruan Tinggi, Ketua Sekolah Tinggi, Direktur Akademi Pariwisata serta Kepala Sekolah SMK Pariwisata seluruh Indonesia dan industri pariwisata nasional, Lokakarya kali merupakan kelanjutan dari lokakarya pariwisata yang telah berlangsung pada bulan Agustus dan September di empat kota, Jakarta, Medan, Bandung dan Makasar.

Lokakarya kali ini lebih mengkristalkan masalah pada strategi persiapan Indonesia untuk mengirimkan tenaga-tenaga pariwisata profesional ke berbagai negara yang ditarget sebesar 10 persen dari jumlah kebutuhan tenaga pariwisata di dunia. antara/mim

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: