Jumat, 14 Desember 2007

[psikologi_transformatif] Mata Ketiga dan Meditasi

BARU BELAJAR

Mas Leo, saya ini baru belajar tentang spiritualitas.
Mas Leo bisa tolong saya mungkin kasi petunjuk
website2 mana yang bagus untuk dikunjungi n dibaca,
ato Mas Leo punya saran2 bagus untuk pemula hehe..

Saya ada beberapa pertanyaan juga nih:
1. mata ketiga itu apa tepatnya? karena saya baca suka
beda2 definisinya..
2. cara meditasi yang basic/simpel bagaimana ya kira2?
3. apakah ada meditasi yang 'benar' dan yang 'salah'?

Thanks a bunch, milis anda
<http://groups.yahoo.com/group/spiritual-indonesia>
sangat membantu :) (Billy)

+++++++++++++

JAWABAN SAYA: MATA KETIGA DAN MEDITASI

Dear Mas Billy, Thanks for your questions. Hmmm hmmm
hmmm... saya gak punya website favorit, tapi selalu
menggunakan SEARCH (Yahoo, Google) kalau ada hal2 yang
ingin saya cari. Kalau tentang definisi Mata Ketiga,
meamng beda2, dan saya mendefinisikannya sebagai
TEMPAT menyatunya Roh Manusia dengan Roh Tuhan.
Manusia memiliki roh, namanya Roh Manusia. Tuhan itu
Roh dan berhubungan dengan Roh Manusia. Tempat
berhubungan antara Tuhan dan Manusia itu namanya Mata
Ketiga. Terkadang saya menyebutnya sebagai TEMPAT
Manunggaling Kawula lan Gusti. Kawula itu Roh Manusia,
dan Gusti itu Roh Tuhan. Dari Union with God itu akan
muncul hal2 yang bisa membantu kita untuk menjadi
semakin spiritual (rohaniah) sesuai dengan fitrah kita
sebagai manusia yang memiliki roh. Akan muncul wisdom,
knowledge, powers to heal, powers to perform our jobs,
powers to teach other people so that they may also see
the Light coming from another Direction. Dan itu semua
bermula dari Mata Ketiga, ketika kita menerima FAKTA
bahwa roh kita itu bisa bersatu dengan Roh Tuhan, maka
Mata Ketiga kita dikatakan TERBUKA atau mulai bekerja.
Bukan sebelumnya tidak bekerja, melainkan bisa saja
telah bekerja namun belum disadari. Nah, ketika kita
menerima FAKTA bahwa Mata Ketiga itu tempat menyatunya
roh kita dengan Roh Tuhan, maka Mata Ketiga itu akan
bekerja dengan kesadaran penuh (awareness, eling) di
diri kita. Kita gak akan heran lagi ketika muncul
berbagai manifestasi dari Mata Ketiga di diri kita...

Cara Meditasi yang basic/simple adalah dengan
mengikuti apa yang anda rasa paling nyaman. Kalau
merasa nyaman dengan mendengarkan musik sambil klayar
kliyer, itu juga meditasi. Kalau merasa bisa TUNE IN
ke sumber segala sumber melalui musick rock, so be it.
Jalankan saja itu... On the other hand, kalau anda
merasa harus mengikuti postur "standard" meditasi
dengan duduk bersila, ya lakukanlah. Bisa juga dengan
duduk tegak di atas kursi. Kemudian pusatkan
perhatian/konsentrasi anda pada titik diantara kedua
alis mata anda. Pusatkan saja perhatian anda disana,
gak usah berpikir apa2. Memang tidak melihat apapun
disana, tetapi anda bisa beristirahat disana.
Istirahat saja, enjoy saja, itu meditasi yang paling
simple. Saking simpelnya, saya sendiri dari dahulu
sampai sekarang cuma pakai cara itu saja. Ngapain
ribet2, ya gak ? ... So, in the end, you'll come to a
conclusion bahwa tidak ada cara meditasi yang "benar
atau salah". Aku gak pernah bilang yang ini benar,
terus yang itu salah. Never. Aku ini berpatokan pada
hasil, faedah. Apakah yang melaksanakan cara meditasi
seperti itu merasa memperoleh hasil atau faedah dari
tekniknya itu. Kalau ya, so what? ... Kalau merasa
belum memperoleh hasil, ya bisa dicoba berbagai teknik
lainnya sampai akhirnya menemukan yang paling nyaman
bagi dirinya sendiri. Yang penting TITIK itu lho, yang
letaknya diantara kedua alis mata itu lho, dirasakan
saja disana. Hmmm hmmm hmmm... you'll understand more
later, and you'll share your experiences more with all
of us later. (Leo)

+++++++++++++

BADAN TERTINGGAL

Salam Hormat Pak Leo.... Terima kasih atas segala
nasehat yang telah Bapak Berikan, Nasehat2 Bapak akan
sangat saya perhatikan. Pak Leo, Saya memiliki banyak
sekali pertanyaan yang ingin saya tanyakan, karena
selama ini saya tidak memiliki seseorang yang dapat
saya jadikan tempat untuk bertanya. Begini pak Leo,
Sekitar 5 hari yang lalu, Setelah selesai sembahyang,
sekitar jam 12 malam (malam itu saya tidak melakukan
meditasi) saya berbaring sebentar (terlentang,
menghadap keatas), tiba2 diantara kedua alis mata saya
seperti ada yang menekan kuat sekali, rasanya seperti
menyentuh tengkorak belakang kepala saya, saya
merasakan konsentrasi yang sangat kuat, kemudian saya
bangun, tetapi terjadi perubahan situasi dan warna
dalam ruang kamar saya, saya melihat badan saya
tertinggal dibawah, saya juga melihat banyak orang
didalam kamar saya (mereka semuanya diam, tidak
melihat kearah saya, berpakaian serba putih dengan
ikat kepala putih), saya merasa sangat takut dan
berbaring lagi diatas badan saya. Pak Leo, sebenarnya
apa yang terjadi, karena dulu saya juga sering
mengalami hal seperti itu, salah satu contoh lagi,
pada waktu siang, saya, adik saya dan seorang teman
saya sedang duduk menonton tv, tiba2 saya tertidur,
kemudian saya bangun, saya memanggil2 teman dan adik
saya, tapi mereka seperti tidak melihat saya, mereka
diam aja, lalu saya lihat badan saya tertinggal
dibawah... saya mohon tolong bapak beri penjelasan
tentang hal itu.. Terima kasih banyak atas perhatian
dan nasehat2 yang Bapak berikan, saya sangat
menghargainya. .. Salam, (Mohan)

+++++++++++++

JAWABAN SAYA: OUT OF BODY EXPERIENCES (OOBE)

Dear Mas Mohan, Thanks for sharing. Yang anda alami
itu tidak lain dan tidak bukan merupakan Pengalaman
Keluar dari Tubuh (Out of Body Experiences / OOBE).
Hmmm hmmm hmmm... gak usah takut karena kalau kita
memiliki bakat untuk OOBE, and you have that TALENT,
maka kita akan keluar masuk dengan mudahnya ke tubuh
kita sendiri. Ada yang OOBE ke Dimensi Lain dan
menjumpai hal2 yang aneh2. Tetapi anda ini OOBE ke
Dimensi Ruang dan Waktu yang kita tempati sekarang
ini, dan anda melihat apa yang ada, di Dimensi Ruang
dan Waktu. Anda bahkan bisa melihat tubuh anda
sendiri. Nah,... kalau mengalami hal seperti itu lagi,
PLEASE JANGAN TAKUT. Anda akan OOBE lagi, dan lagi,
dan lagi... Ada hikmahnya, ada tugasnya, ada missinya.
Your mission is to HELP other people melalui OOBE.
Contohnya, ada orang yang tidak bisa diberitahu dengan
mulut, dan anda bisa memberitahunya melalui OOBE.
Memang orang itu tidak bisa melihat anda,... dan anda
tidak perlu heran. Tetapi, BICARA SAJA. Walaupun dia
tidak melihat, tetapi batin-nya itu bisa merasa. Dan
dia akan merasakan komunikasi dengan anda. Jadi, hal
yang di dunia fisik itu mustahil dilakukan, dalam hal
tertentu malah bisa dilakukan dengan lebih mudah
melalui OOBE. Itu salah satu kegunaannya. Coba saja
dulu. Masih banyak kegunaannya yang lain, yang anda
bisa ketahui sendiri melalui eksperimen. Hmmm hmmm
hmmm... you could even visit me while out of body.
Give it a try, ok? (Leo)

+++++++++++++

ROH ATAU JIWA? APA SAMA AJA C OM ?

Om Leo, saya sedang bingung, saya mw post ke milis
tapi kok, rasanya pertanyaan saya ini gak mutu
hehehe... Selama ini saya meyakini dualisme tubuh dan
jiwa, saya pikir jiwa itu sama dengan roh; lalu ada
yang bilang manusia itu terdiri dari tiga hal: tubuh
fisik, jiwa, dan roh. Begini penjelasan dari temanku
itu: yg paling kasar tubuh fisik, terus tubuh energi
yg berlapis2; tubuh energi paling luar ya aura itu,
spektrum cahaya/warna ke dalam kian halus, jiwa itu yg
paling halus, jiwa itu modem bagi tubuh dan ruh; hanya
jiwa yg tenang dan bersih yg dapat berkomunikasi dg
ruh, ruh itu selalu suci, sinar ilahi, kalau jiwa
bersih, bisa mendapat tuntunan ruh (kalau nasrani
mengenalnya sbg ruh kudus), lalu akan muncul di
perilaku, ruh ini bisa hubungan langsung dengan Tuhan.
Ruh abadi, jiwa ikut mati bersama tubuh tapi bisa juga
jiwa ini tetap tinggal ketika tubuh jasad mati,
mungkin karena masih ada ambisi yg belum terpenuhi
ketika hidup. Intinya, jiwa itu masih bisa ditempeli
oleh nafsu kalau dimanfaatkan oleh setan, jadilah
jiwa2 ini jadi hantu; kalau ruh, ada juga yg
penasaran, tapi dengan doa org yg masih hidup, ruh yg
belum naik ini bisa dimintakan ampunan agar bisa naik;
itu kata ustadz kejawenku hehe... sedangkan
jiwa/nafsu2 yg masih berkeliaran setelah orgnya mati,
kita mintakan ampunan juga agar kembali ke bumi.
Nafsu2 itu dari bumi. dari makanan yg kita konsumsi,
makanya beberapa agama mengajarkan diet vegetarian
untuk mengendalikan nafsu2 hewani. Saya kira jiwa itu
sama dengan ruh. Menurut Om Leo gimana?? Saya kok jadi
bingung hehe... ada penjelasan lain ? Thx, (Zelda)

+++++++++++++

JAWABAN SAYA: ADA BENANG MERAHNYA

Dear Mbak Zelda, Thanks for sharing. Pengertian tiap
orang itu memang tidak sama. Ada yang memiliki
pengertian seperti ditulis di atas itu, ... ada yang
mirip2 dengan itu, dan ada juga yang sama sekali beda.
Hmmm hmmm hmmm... emangnya kenapa? It's ok to have
different understandings, kita kan masih bisa melihat
ESSENSI dari pengertian2 yang secara verbal memang
berbeda-beda itu. Perkataan dan istilah yang digunakan
bisa berbeda, tapi kita bisa menarik benang merahnya.
Hmmm hmmm hmmm... "Benang merah" itu kan istilah saja,
gaya bahasa saja. Tapi, apakah benar2 ada "benang
merah" disitu secara fisik? Ya jelas gak ada. Hmmm
hmmm hmmm... begitu pula dengan berbagai penjelasan.
Kita bisa menggunakan pengertian antara (intermediate
concepts) untuk menjelaskan sesuatu hal yang lebih
abstrak. Nah, banyak dari istilah2 yang terkadang
terdengar aneh sebenarnya cuma "pengertian antara"
untuk menjelaskan hal2 yang secara rohani lebih
tinggi, dan lebih sukar untuk dijelaskan tanpa
menggunakan "pengertian antara" tadi. Contoh: Gereja
Katolik memiliki konsep tentang "Api Pencucian" (alam
orang mati dimana jiwa2 yang belum bersih akan
"dicuci"). Tapi apakah benar2 ada Api Pencucian atau
tidak is NOT the question. Itu cuma "pengertian
antara" untuk menjelaskan tentang ETIKA SPIRITUAL.
Tentang bagaimana hidup yang bertanggung-jawab,
tentang bagaimana menapaki spiritualitas kita sehingga
kita gak muter2 disini saja seperti orang2 yang
naluriah semata itu, tentang bagaimana kita bisa
menjadi lebih manusiawi, lebih rohaniah (spiritual),
lebih mendekati sifat ketuhanan. Hmmm hmmm hmmm... itu
penjelasan aku. May you be able to grasp its
significance. Gak usah bingung lagi, terima aja
penjelasan orang lain, dan kita lihat maksudnya itu
apa. Nah, ada benang merahnya kan? (Leo)

+++++++++++++

[Leo seorang praktisi PSIKOLOGI TRANSPERSONAL. To make
an appointment, please call him at HP: 0818-183-615.
E-mail: <leonardo_rimba@yahoo.com>. Untuk bergabung
dengan milis SPIRITUAL-INDONESIA, please click this
link:
<http://groups.yahoo.com/group/Spiritual-Indonesia>.
NOTE: Except my own name, all other names used are
pseudonyms.]

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

All together now

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Find Green Groups

Share with others

Help the Planet.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: