Sabtu, 05 Januari 2008

[beasiswa] {OOT} Program Darmasiswa R.I. dan Kajian Indonesia - Depdiknas

Dear all,
Pada posting sebelumnya (email di bawah, diinformasikan Program Darmasiswa R.I. dari Harian Kedaulatan Rakyat.

Berikutnya, jika ada dari rekan2 yang di universitasnya belum ada program Darmasiswa R.I, silakan kunjungi http://www.darmasiswa.depdiknas.org. Situs ini memuat informasi tentang program Darmasiswa R.I. dan universitas di Indonesia yg menjadi provider program ini. Yang akan datang, universitas yang mempunyai jurusan humaniora dan social sciences akan diundang ke Depdiknas Jakarta untuk penawaran program ini, utamanya yg tercantum dalam 50 promising university di situs Dikti.

Bagi universitas yang telah menjadi provider program Darmasiswa R.I. dapat membina partnership dengan universitas mitra melalui jalur program Darmasiswa R.I. yang informasinya dapat dilihat

http://www.kain.depdiknas.org. Beberapa universitas telah melakukan partnership, di antaranya:
1. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta bekerjasama dengan Nanzan University, Nagoya, Jepang (seperti diinformasikan KR)
2. Univeristas Ahmad Dahlan Yogyakarta bekerjasama dengan Guangxi University Cina
3. UNS bekerjasama dengan Universitas Guangdong Cina
4. Universitas Pakuan bekerjasamadengan Frankfurt University
5. STSI Bandung bekerjasama dengan ASWARA Malaysia
6. UNY bekerjasama dengan APEX Institute of Management
7. IKIP Budi Utomo Malang bekerjasama dengan Fundaco Cristal, Instituciao Educative Do Cristal East Timor,
8. Universitas Airlangga bekerjasama dengan the Azerbaijan University of Languages
9. Undip bekerjasama dengan Ho Chi Minth University.
10. UNY bekerjasama dengan Melbourne Unviersity dan Monash University
11. Poltek Negeri Bali bekerjasama dengan Rajamanggala Univeristy fo Technology
12. UNJ bekerjasama dengan Guangxi University.


Pada kesempatan berikutnya,
1. UGM akan bekerjasama dengan universitas di Mesir dan Kamboja,
2. UI akan bekerjasama dengan Keio University, dan
3. Universitas Muhammadiyah Malang, UPI Bandung, dan IKIP Saraswati Bali akan membina kerjasama dnegan universitas2 di Filipina (ada tujuh universitas)
4. Universitas Malang akan bekerjasama dengan Wailalak Unviersity, Thailand.
5. Unimed akan bekerjasama dengan Guangxi Univeristy, Cina.
6. Universitas Pasundan akan bekerjasama dengan universitas di Polandia.

Universitas lain (misalnya Unpar Bandung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Jember, Unviersitas Tanjungpura Pontianak) semoga segera menyusul sebagai provider Darmasiswa. Sedangkan universitas provider program Darmasiswa R.I. lainnya (total ada 44 universitas) semoga segera menyusul membina kerjasama dengan universitas di LN.

Program Darmasiswa R.I. menjadi pintu gerbang kerjasama ketika universitas provider membina kerjasama dengan universitas mitra di LN dalam program Kajian Indonesia. Contohnya, UNY yg telah lama menjadi provider Darmasiswa, bekerjasama dengan APEX Institute of Management dari bahasa Indonesia ke kerjasama dalam bidang teknik mesin, juga pada bidang kerjasama lainnya. Dosen dari FISE dimungkinkan dapat mengajar bahasa Indonesia sambil mengajar bidang manajamen (tentu setelah dibekali ilmu dan keterampilan pengajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing), sedangkan rekan yang mengajar bahasa Indonesia yang telah bergelar M.Ed pendidikan bahasa dapat studi S3 sambil mengajar bahasa Indonesia. Dengan demikian, terjadilah kerjasama antaruniversitas pada forum internasional.

Selain di atas, ada upaya lain untuk Program Kajian Indonesia, sedang diproses.

Jika ada rekan-rekan yang mempunyai teman mahasiswa asing yang ingin belajar seni, budaya dan bahasa Indonesia, silakan akses situs http://www.darmasiswa.depdiknas.org, pendaftaran dapat dilakukan secara online atau ke KBRI di negara sang mahasiswa asing.

Jika ada universitas yang berminat menjadi provider program Darmasiswa, silakan mengajukan permohonan pada alamat di situs Darmasiswa.

Mari kita undang mahasiswa asing ke Indonesia dan kita internasionalkan budaya, seni, dan bahasa Indonesia ke banyak negara lain.

Salam,
Pangesti

==========================

http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=147759&actmenu=43

HINGGA TAHUN 2015 DEPDIKNAS TARGETKAN ; Beri Beasiswa bagi 45 Ribuan Mahasiswa Asing 03/01/2008 09:04:40
YOGYA (KR) - Kepala Bagian Kerja sama dan Hubungan Luar Negeri Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta Paulus Sarwoto MA mengatakan, adanya Rancangan Undang-undang (RUU) Badan Hukum Pendidikan (BHP) dan WTO secara tidak langsung menjadikan tantangan yang harus dihadapi pengelola perguruan tinggi (PT) semakin kompleks. Untuk mengatasi persoalan itu selain berusaha meningkatkan kualitas diri, USD juga mulai mengintensifkan kerja sama dengan PT dari luar negeri termasuk Nanzan Univerity yang ada di Nagoya Jepang.

"Berdasarkan nota kesepahaman yang ditandatangani pada 20 November kemarin, Nanzan University akan mengirimkan 30 mahasiswanya untuk belajar Bahasa dan Budaya di USD selama 1 bulan. Karena waktu belajarnya terbatas ( 1 bulan) mereka akan ditangani lembaga bahasa yang ada di USD," katanya.


Paulus Sarwoto menambahkan, selama berada di USD mahasiswa dari Nanzan University itu akan memperdalam berbagai kebudayaan bahasa dan budaya yang ada di Indonesia. Namun agar hasilnya bisa optimal dan materi yang diberikan lebih terfokus. Pihaknya berencana memberikan porsi yang lebih untuk bahasa dan kebudayaan Jawa seperti (gamelan, batik dll), sehingga mereka bisa mengenal dan menguasai materi secara mendalam.


"Untuk Nanzan Indonesia Languange Program (NILP) rencananya akan dilaksanakan pada tahun ketiga atau tahun 2010. Sementara untuk program Darmasiswa kami masih menunggu kepastian waktunya. Tapi pada prinsipnya kapanpun kami siap menerima mereka," ujarnya, seraya menambahkan, selain dengan Nanzan University pihaknya juga menjalin kerja sama dengan beberapa univeritas di Korea, Jepang Belanda dan AS.


Dijelaskannya, dengan adanya kerja sama (student mobility) tersebut, pihaknya berharap bisa mendorong mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kualitas diri dan go internasional. Guna mewujudkan hal itu USD berencana mengirim staf pengajar untuk belajar di Javanes Studies yang ada di Nanzan University.


Kualitas Pendidikan
Pangesti Wiedarti Ph.D, dari Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Depdiknas menegaskan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan mempererat hubungan dengan negara lain Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) memang menawarkan beasiswa program Darmasiswa RI pada mahasiswa asing dan negara sahabat untuk belajar Bahasa Indonesia, seni musik, seni tari tradisional dan seni kriya serta studi lainnya pada lembaga perguruan tinggi di Indonesia. Adapun tujuan dari program Darmasiswa tersebut adalah menyebarluaskan bahasa, seni dan budaya kepada negara-negara sahabat. Di samping itu sebagai timbal balik terhadap tawaran beasiswa yang telah diberikan oleh negara sahabat pada Indonesia.


Pemberian beasiswa asing melalui program Darmasiswa RI itu rencananya akan dilaksanakan dari tahun 2007 sampai tahun 2015. Dengan target yang selalu meningkat. Misalnya untuk tahun 2007 dengan target 500 mahasiswa, 750 mahasiswa pada tahun 2008, 1000 mahasiswa untuk 2009. Begitu juga untuk tahun 2010 sebanyak 2000 mahasiswa, 2011 sebanyak 3.000 mahasiswa, tahun 2012 sebanyak 4.000 mahasiswa, 2013 dengan target 5.000 mahasiswa. Serta 7.500 dan 10.000 mahasiswa pada tahun 2014 dan 2015.


Program Darmasiswa RI ini ada 5 macam yaitu program Darmasiswa RI-reguler, Darmasiswa RI short course, Darmasiswa Plus, darmasiswa plus mata kuliah lainnya dan Darmasiswa khusus double degree.
Untuk mengikuti program tersebut calon penerima beasiswa harus mengikuti beberapa persyaratan yang sudah ditentukan seperti: formulir aplikasi, fotokopi transkrip akademik terakhir, berbadan sehat dibuktikan dengan surat keterangan dokter, pas foto 4x6 sebanyak 5 lembar, punya kemampuan Bahasa Inggris dan fotocopy paspor yang masih berlaku minimal 18 bulan.


Bagi mereka yang lolos akan mendapatkan fasilitas berupa pembebasan biaya studi, uang Darmasiswa (tunjangan hidup sebesar Rp 1 juta/bulan dan uang pakaian sebesar Rp 300 ribu yang diberikan 1 kali. (R-5/Ela)-s


[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: