Kamis, 24 Januari 2008

[psikologi_transformatif] Re: Hoax: email bertajuk manfaat atau bahaya coca cola

Saya setuju bahwa artikel yang di-link ini hoax. Argumentasinya tidak masuk akal bagi mereka yang cukup memahami fisika & kimia.

Tapi ada BERITA BARU--22 Januari 2008--yang mungkin mengungkap dari sisi lain bahaya minuman mengandung coca dari hasil penelitian di A.S. (National Institute of Health). Yang memberitakan ini tidak tanggung-tanggung: koran New York Times, bukan situs-situs internet yang tidak jelas kredibilitasnya.

Penelitian itu--yamg dilakukan terhadap 465 penderita kelainan ginjal khronis dibandingkan 467 orang sehat, dengan mengontrol berbagai variabel lain--menyimpulkan, bahwa minum 2 gelas atau lebih cola (diet atau regular) setiap hari dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal dua kali lipat daripada tidak minum cola. Tapi di lain pihak, minum 2 gelas atau lebih air soda (carbonated water) tidak meningkatkan risiko kelainan ginjal.

Peneliti mengatakan bahwa asam fosfat yang banyak terdapat dalam cola, atau sifat cola yang mengikat kalsium dari tulang, diduga menjadi faktor penyebab meningkatnya risiko batu ginjal, gagal ginjal, dan kelainan ginjal lain.

Namun, peneliti juga menekankan diperlukan penelitian-penelitian lebih lanjut mengenai bahaya cola ini. Itu wajar, karena satu penelitian saja tidak cukup untuk menarik kesimpulan yang definitif mengenai suatu hubungan sebab-akibat.

Silakan baca artikel aslinya di posting dari Agung Hertanto di A.S. hari ini.

Salam,
Hudoyo

At 11:23 AM 1/24/2008, you wrote:

>Email bertajuk manfaat atau bahaya coca cola adalah hoax
>
>Silahkan dibaca di :
>links:
><http://hoaxhariini.blogspot.com/2008/01/manfaat-atau-bahaya-coca-cola.html>http://hoaxhariini.blogspot.com/2008/01/manfaat-atau-bahaya-coca-cola.html
>homepage: <http://hoaxhariini.blogspot.com>http://hoaxhariini.blogspot.com
>
>Mohon diberi komentar
>Thanks

__._,_.___
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Yahoo! Groups

Lawn & Garden

ideas and tips

for a green thumb.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: