Kamis, 24 Januari 2008

Re: [psikologi_transformatif] Re: Kesulitan Sebagai bagian Sistem Hidup


Hanya mau ikut komentar ..... id nya kok mirip judul acara di tipi siy ....



On 1/24/08, was_swas <was_swas@yahoo.com > wrote:

Menjawab sedikit, Tuhantu.. ;)

Setahu saya yang namanya tindakan "plagiat" itu mengutip kalimat/pendapat orang lain TANPA MENUNJUKKAN bahwa itu bukan kalimat/pendapatnya sendiri, sehingga [dengan sengaja/tidak] menimbulkan kesan bahwa itu adalah kalimat/pendapat orisinalnya. Teknisnya, misalnya, dengan tidak memberikan "tanda kutip" atau tidak mengatakan bahwa kalimat itu diambil dari pendapat orang lain.

Mengenai tidak disebutnya sumber/pemilik kalimat secara jelas, tapi mengatakan bahwa itu bukan kalimat/pendapatnya sendiri, paling jauh menurut kategorinya lebih ke arah "penyalahgunaan hak cipta" (copyright infringement , CMIIW) dan itu berlaku jika sumber kalimat itu diambil dari material yang dilindungi hak cipta :). Sedangkan jika sumber kalimat itu adalah sesuatu yang tidak dilindungi hak cipta, hmmm... masuknya kemana ya? Menurut saya sih lebih masuk ke ranah etika saja. Ada yang suka namanya disebut2 di blog sembarang orang, ada yang justru tidak suka disebut2 di sembarang tempat - apalagi jika tidak kenal orangnya. Saya sendiri termasuk jenis orang yang kedua (makanya saya nggak suka pakai nama asli di milis2 ;)) , sehingga kalau ada orang yang mau pakai kalimat2 saya dalam tulisan2 yang tidak dilindungi copyright seperti milis ini, saya lebih suka disebut secara samar sebagai "kata seorang teman" ;).

Saya setuju jika "plagiarism" adalah sesuatu yang buruk (dan silakan saja jika Anda mengatakan bahwa mereka lebih rendah dari yang hobi memaki atau berkata kotor - semua orang punya pendapat dan sistem nilai sendiri ;)).  Tapi kalau saya sendiri sih tidak mengaplikasikannya pada orang yang dengan santun sudah mengakui bahwa itu bukan tulisan/pendapatnya sendiri - walaupun tanpa menyebutkan itu pendapat siapa :). Di mata saya, dia sudah memenuhi kewajiban moralnya untuk menghindarkan diri dari "mengaku-aku" tulisan/pendapat orang lain :)

Sedikit referensi, dari wikipedia saja:

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Plagiarism
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Copyright_infringement

Salam,


--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "tuhantu_hantuhan" <tuhantu_hantuhan@...> wrote:
>
>
> Pengen nanya dikiit, Mbak Swas.... Anu, mengutip kalimat milik orang
> lain kedalam blog sendiri, tanpa menyebutkan sumber dan pemilik kalimat
> tersebut (mentang-mentang pemilik kalimat itu bukan Jeffrey Lang)... Itu
> juga termasuk menganiaya orang lain -apa tuh, intellectual?- , nggak
> yah?...;-)... Karena bagi saya orang yg berbuat demikian itu jauh lebih
> rendah dari mereka yang hobby memaki atau berkata-kata kotor...
>
> Be Fun
>
> TuHanTu
>
> http://hole-spirit.blogspot.com http://hole-spirit.blogspot.com


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Quick file sharing

Send up to 1GB of

files in an IM.

Cat Groups

on Yahoo! Groups

discuss everything

related to cats.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: