Sabtu, 23 Februari 2008

[psikologi_transformatif] Re: Pendidikan Berbasis Pluralitas

Ada Lu. Namanya minyak MESRAN. Bisa diperoleh di semua pom bensin. Ini obat
luat lho, buat digosokin di kulit, bukan diminum :)

manneke

Quoting lulu <lu2_mm@yahoo.co.id>:

> Mas manneke,mau tanya nih selain baygon juga ada minyak nyong-nyong untuk
> jampi2?
>
>
> ----- Original Message -----
> Subject: [psikologi_transformatif] Re: Pendidikan Berbasis Pluralitas
> Date: Sun, 24 Feb 2008 0:36:11
> From: pradita@telus.net <pradita@telus.net>
> To: <psikologi_transformatif@yahoogroups.com>
>
> Salah, salah, salah! Nyang betul adalah Budiman Pradita Manneke,
> d.h. manneke
> budiman. Punya toko obat nyamuk Baygon di samping Optik Seiz, d.h. Tjun Lie.
>
> Mau mampir? Monggo.
>
> manneke
>
> Quoting ayaz < hellaz1001@yahoo. com >:
>
> > Ha..ha...iki yo lakon temenan....kabare lagi ngakak-ngakak nang
> > nggurine manneke bung hahaha.....Ya udah terusin aja dulu nulisnya!!
> > kite2 lagi belajar karo sampeyan kog. hehe.....salam special kanggo
> > Budiman Manneke yo....dudu manneke budiman lho! hahha.....
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> > --- In psikologi_transform atif@yahoogroups .com , audifax -
> > <audivacx@.. .> wrote:
> > >
> > > Lha ya itu Oom Ayaz...ditunggu garamnya sampeyan.
> > > Piye kabar sampeyan mas? Sudah balik ke tempatnya Cleopatra lagi?
> > >
> > > ayaz <hellaz1001@ ...> wrote: Tulisan
> > yang memikat. Tapi lagi-lagi solusi yang ditawarkan kog
> > > terasa masih jauh ya...masih.. ..maaf sedikit hambar. tp ya gak
> > papa
> > > lah mungkin masih harus ditambah sedikit garam biar ada yang baru
> > > gitu lho bung
> > >
> > > --- In psikologi_transform atif@yahoogroups .com , audifax -
> > > <audivacx@> wrote:
> > > >
> > > > Pendidikan Berbasis Pluralitas
> > > >
> > > >
> > > > Oleh:
> > > > Audifax
> > > > Staf Peneliti di SMART Human Re-Search & Psychological
> > Development
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > People living without rights
> > > > Without their dignity
> > > > How loud does one man have to shout
> > > > To earn his right to be free
> > > >
> > > >
> > > > You can keep your toy soldiers
> > > > To segregate the black and white
> > > > But when the dust settles
> > > > And the blood stops running
> > > > How do you sleep at night?
> > > >
> > > >
> > > > Phil Collins
> > > > Colours
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Thinking outside the line. Kalimat itu sering digunakan untuk
> > > menggambarkan kreativitas. Manusia pada dasarnya menggunakan garis-
> > > garis konstruksi tertentu ketika berpikir dan mengolah realita di
> > > hadapannya. Garis konstruksi ini tak lepas dari apa yang telah
> > > dibudayakan pada diri kita. Asal mula garis itu bisa dari agama,
> > > norma, kebiasaan, nilai atau hal-hal yang sifatnya (di)wajar(kan)
> > > secara kultural. Maka itulah, kreativitas sering digambarkan
> > > sebagai `sebuah penciptaan' yang sifatnya menembus atau melampaui
> > > garis konstruksi yang telah kita anggap wajar.
> > > >
> > > >
> > > > Dengan demikian, sebenarnya kreativitas terkait dengan apa
> > yang
> > > dijelaskan Derrida sebagai `dekonstruksi' . Suatu kreativitas
> > adalah
> > > sebuah proses dekonstruksi terhadap konstruksi yang telah dianggap
> > > jamak atau biasa. Kreativitas adalah sebuah cara berpikir yang
> > > melampaui konstruksi pemikiran. Pada titik ini, kita perlu
> > mencermati
> > > bahwa kemampuan untuk `melampaui' itu bukan dengan menafikan
> > > konstruksi yang telah ada melainkan dengan mengafirmasi konstruksi
> > > itu, menyadari keberadaan konstruksi itu dan melibatinya secara
> > lebih
> > > luwes ketimbang mereka yang terpaku pada alur-alur garis atau
> > > thinking inside the line.
> > > >
> > > >
> > > > Perkembangan jaman saat ini, memerlukan cara berpikir kreatif
> > > atau dekonstruktif. Kenapa? Karena perkembangan jaman saat ini
> > > menunjukkan bahwa masyarakat bukan lagi terbagi dalam kelompok-
> > > kelompok besar melainkan kelompok-kelompok kecil. Ada sekian
> > banyak
> > > partai. Ada sekian banyak suporter sepakbola. Ada sekian banyak
> > suku.
> > > Masih banyak lagi bisa kita contohkan bagaimana masyarakat
> > Indonesia
> > > menjadi semakin terfragmentasi dalam kelompok kecil dengan ciri
> > > khasnya masing-masing.
> > > >
> > > >
> > > > Jaman sudah berubah, kita bukan lagi sebuah bangsa dengan
> > narasi
> > > besar yang menyatukan semuanya. Saat ini justru muncul begitu
> > banyak
> > > narasi kecil yang tak jarang satu sama lain bertentangan. Di
> > sinilah
> > > kreativitas atau cara berpikir dekonstruktif diperlukan. Penanaman
> > > hal ini, mesti dilakukan sejak usia dini atau sejak anak-anak.
> > Jika
> > > tidak, dalam beberapa dekade ke depan, terdapat potensi meledaknya
> > > berbagai pertentangan cara pandang.
> > > >
> > > >
> > > > Pendidikan Berbasis Pluralitas
> > > > Pendidikan di jaman ini, tak bisa semata berbasis kompetensi
> > > (atau kompetisi) melainkan juga mesti menyertakan bagaimana anak
> > > dibekali kecerdasan untuk hidup di tengah pluralitas. Kecerdasan
> > > inilah yang akan membantunya thinking outside the line.
> > Bagaimanapun,
> > > sejak lahir manusia telah terjerat oleh jejaring struktur budaya
> > yang
> > > dibuatnya sendiri. Agar dapat direkognisi sebagai `seseorang',
> > masing-
> > > masing dari kita mesti menyandang konstruksi tertentu. Konstruksi
> > ini
> > > membuat kita direkognisi sebagai seseorang, entah itu seorang
> > Muslim,
> > > Katolik, Cina, Sunda, Pelajar, Insinyur, Psikolog, Ustad, Laki-
> > laki,
> > > Perempuan atau apa saja.
> > > >
> > > >
> > > > Tanpa konstruksi itu, anda tak akan bisa hidup di tengah
> > > masyarakat. Namun, konstruksi itu kerap menjerat kita untuk hanya
> > > berpikir sebatas garis-garis konstruksi. Ini membuat orang
> > melupakan
> > > adanya sesuatu yang lain di luar garis konstruksi itu yang juga
> > hidup
> > > bersamanya. Inilah yang oleh para postrukturalis diidentifikasi
> > > sebagai Liyan atau the Other. Kesulitan memahami Liyan atau Yang-
> > Lain
> > > ini tampak pada mereka yang seringkali merespon tulisan saya
> > dengan
> > > menyebut Liyan/Yang-Lain ini sebagai "Yang Lain-lain".
> > > >
> > > >
> > > > Jelas beda antara Liyan dan Yang Lain-lain. Ketika kita
> > > menyebut `Yang Lain-lain', masih tersirat adanya sesuatu yang
> > menjadi
> > > pusat dan hal-hal lain yang diidentifikasi pusat sebagai Yang Lain-
> > > lain. Sedangkan Liyan, justru merupakan sesuatu yang tak mampu
> > kita
> > > identifikasi namun mesti disadari bahwa ia ada. Inilah sulitnya.
> > > Orang yang terbelenggu dalam thinking inside the line akan
> > > bertanya: "bagaimana kita menyadari jika kita tidak tahu?".
> > > Pertanyaan ini pun masih menyiratkan adanya pusat karena
> > menganggap
> > > bahwa yang perlu disadari ada adalah sesuatu yang telah diketahui.
> > > >
> > > >
> > > > Term `mengetahui' tak akan lepas dari bagaimana kita berpikir
> > > hingga mencapai proses tahu. Masalahnya, Liyan ini adalah sesuatu
> > > yang sama sekali berada di luar pikiran. Jika orang tidak
> > menyadari
> > > selalu ada sesuatu yang lain di luar pikirannya, maka diapun akan
> > > sulit menerima pluralitas.
> > > >
> > > >
> > > > Lalu apa hubungannya dengan kreativitas dan pendidikan di usia
> > > dini? Konstruksi kultural, sebenarnya terutama tertanam sejak anak
> > > menginjakkan kaki di bangku pendidikan. Agar mudah, guru kerap
> > > melatih anak dengan cara-cara yang membuat anak berpikir di alur
> > yang
> > > telah ditetapkan. Cara ini membantu anak menguasai pelajaran,
> > namun
> > > juga berpotensi membuat cara berpikir mereka linier atau hanya
> > > thinking inside the line.
> > > >
> > > >
> > > > Kebiasaan berpikir linier ini tak terlalu menimbulkan masalah
> > > ketika masyarakat ditertibkan oleh sebuah narasi besar yang
> > > menyeragamkan semuanya, entah itu dengan jalan kekerasan
> > sekalipun.
> > > Namun, ketika orang mulai mendengung-dengungk an demokrasi,
> > kebebasan,
> > > hak asasi, maka cara berpikir linier ini berpotensi menimbulkan
> > > tabrakan antara satu konstruksi sosial dengan konstruksi sosial
> > lain.
> > > >
> > > >
> > > > Persoalan inilah yang mesti menjadi pemikiran bangsa Indonesia
> > > yang berslogan "Bhinneka Tunggal Ika" ini. Ke-Bhinneka- an itu
> > sendiri
> > > menyiratkan sebuah pluralitas yang hidup dalam sebuah ruang yang
> > > sama. Keberbedaan yang satu sama lain memiliki hak hidup yang sama
> > > dan tak bisa diseragamkan. Salah satu jalur yang bisa digunakan
> > untuk
> > > mengajarkan hidup dalam ke-Bhinneka- an adalah sekolah. Melalui
> > > sekolah anak membentuk dan mengasah kecerdasannya. Di sinilah
> > > diperlukan bagaimana mengajarkan sebuah kecerdasan dalam
> > menghadapi
> > > pluralitas.
> > > >
> > > >
> > > > Ada cermatan lain?
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > 17 Februari 2008
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > Tentang Penulis
> > > > Audifax adalah penulis dan peneliti. Dua hasil penelitiannya
> > > diterbitkan oleh penerbit Jalasutra, yaitu Mite Harry Potter
> > (2005,
> > > Jalasutra) dan Imagining Lara Croft (2006, Jalasutra). Bukunya
> > yang
> > > lain adalah Semiotika Tuhan (2007, Pinus Book Publisher).
> > > >
> > > >
> > > > Pada April 2008 ini akan terbit buku Psikologi Tarot yang
> > > ditulisnya bersama Leonardo Rimba. Buku ini akan diterbitkan oleh
> > > Pinus Book Publisher.
> > > >
> > > >
> > > > Saat ini Audifax menjabat research director di SMART Human Re-
> > > Search & Psychological Development. Sebuah lembaga yang memiliki
> > > concern pada riset dan pengembangan psikologi yang mengajarkan
> > > pluralitas sejak usia dini. Informasi lebih lanjut, hubungi: SMART
> > > Human Re-Search & Psychological Development, Jl. Taman Gapura G-20
> > > (kompleks G-Walk) Citraland รข€" Surabaya. Telp. (031) 7410121, Fax
> > > (031) 7452572, e-mail: smart.hrpd@
> > > >
> > > >
> > > > Audifax mengundang anda untuk mendiskusikan esei ini di milis
> > > Psikologi Transformatif. Jika anda memiliki concern terhadap tema
> > > yang ada pada esei ini, mari bergabung dengan kita yang ada di
> > milis
> > > Psikologi Transformatif
> > > >
> > > >
> > > > Sekilas Mailing List Psikologi Transformatif
> > > > Mailing List Psikologi Transformatif adalah ruang diskusi yang
> > > didirikan oleh Audifax dan beberapa rekan yang dulunya tergabung
> > > dalam Komunitas Psikologi Sosial Fakultas Psikologi Universitas
> > > Surabaya. Saat ini milis ini telah berkembang sedemikian pesat
> > > sehingga menjadi milis psikologi terbesar di Indonesia. Total
> > member
> > > telah melebihi 2000, sehingga wacana-wacana yang didiskusikan di
> > > milis inipun memiliki kekuatan diseminasi yang tak bisa dipandang
> > > sebelah mata. Tak ada moderasi di milis ini dan anda bebas masuk
> > atau
> > > keluar sekehendak anda. Arus posting sangat deras dan berbagai
> > wacana
> > > muncul di sini. Seperti sebuah jargon terkenal di psikologi "Di
> > mana
> > > ada manusia, di situ psikologi bisa diterapkan" di sinilah jargon
> > itu
> > > tak sekedar jargon melainkan menemukan konteksnya. Ada berbagai
> > sudut
> > > pandang dalam membahas manusia, bahkan yang tak diajarkan di
> > Fakultas
> > > Psikologi Indonesia.
> > > >
> > > >
> > > > Mailing List ini merupakan ajang berdiskusi bagi siapa saja
> > yang
> > > berminat mendalami psikologi. Mailing list ini dibuka sebagai
> > upaya
> > > untuk mentransformasi pemahaman psikologi dari sifatnya selama ini
> > > yang tekstual menuju ke sifat yang kontekstual. Anda tidak harus
> > > berasal dari kalangan disiplin ilmu psikologi untuk bergabung
> > sebagai
> > > member dalam mailing list ini. Mailing List ini merupakan tindak
> > > lanjut dari simposium psikologi transformatif, melalui mailing
> > list
> > > ini, diharapkan diskusi dan gagasan mengenai transformasi
> > psikologi
> > > dapat terus dilanjutkan. Anggota yang telah terdaftar dalam milis
> > ini
> > > antara lain adalah para pembicara dari simposium Psikologi
> > > Transformatif : Edy Suhardono, Cahyo Suryanto, Herry Tjahjono,
> > Abdul
> > > Malik, Oka Rusmini, Jangkung Karyantoro,. Beberapa rekan lain yang
> > > aktif dalam milis ini adalah: Audifax, Leonardo Rimba, Nuruddin
> > > Asyhadie, Mang Ucup, Goenardjoadi Goenawan, Ratih Ibrahim, Sinaga
> > > Harez Posma, Prastowo, Prof Soehartono Taat Putra,
> > > > Bagus Takwin, Amalia "Lia" Ramananda, Himawijaya, Rudi Murtomo,
> > > Felix Lengkong, Hudoyo Hupudio, Kartono Muhammad, Helga Noviari,
> > > Ridwan Handoyo, Dewi Sartika, Jeni Sudarwati, FX Rudy Gunawan,
> > Arie
> > > Saptaji, Radityo Djajoeri, Tengku Muhammad Dhani Iqbal, Anwar
> > Holid,
> > > Elisa Koorag, Lan Fang, Lulu Syahputri, Kidyoti, Alexnader
> > Gunawan,
> > > Priatna Ahmad, J. Sumardianta, Jusuf Sutanto, Stephanie Iriana,
> > Yunis
> > > Kartika dan masih banyak lagi
> > > >
> > > >
> > > > Perhatian: Milis ini tak ada moderator yang mengatur keluar
> > masuk
> > > member. Setiap member diharap bisa masuk atau keluar atas
> > keputusan
> > > dan kemampuan sendiri.
> > > >
> > > >
> > > > Jika anda berminat untuk bergabung dengan milis Psikologi
> > > Transformatif, klik:
> > > >
> > > >
> > > > www.groups.yahoo. com/group/ psikologi_ transformatif
> > > >
> > > >
> > > > ------------ --------- --------- ---
> > > > Looking for last minute shopping deals? Find them fast with
> > Yahoo!
> > > Search.
> > > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > ------------ --------- --------- ---
> > > Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile.
> > Try it now.
> > >
> >
> >
> >
>
>
>
>
>
>
> ________________________________________________________
> Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
> Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/
>

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Your school could

win a $25K donation.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Yahoo! Groups

Cat Zone

Connect w/ others

who love cats.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: