Senin, 27 Agustus 2007

[psikologi_transformatif] IBM Way? Toyota Value?…….”My Way” aja ah

For what is a man? What has he got?
If not himself - Then he has naught.
To say the things he truly feels
And not the words of one who kneels.
The record shows I took the blows
And did it my way.

(My Way - Frank Sinatra)
Pernah mendengar IBM Way, Toyota Values, Apple Culture atau yang lain? Kita harus mengacungi jempol pada mereka yang telah berhasil memantapkan inti budaya organisasi. Penulis sendiri takjub dengan mantra-mantra mereka. Kok bisa ya?
Kita kemudian berlomba-lomba mempelajari bagaimana perusahaan-perusahaan itu menciptakan mantra nmereka. Lebih gila lagi, kita mempelajari budaya organisasi tersebut agar bisa melakukan imitasi. Ketika kondisinya sama, imitasi akan berdampak luar biasa. Nah ketika beda….menjadi pertanyaan menarik, apa yang akan terjadi?
Proses download pengetahuan yang dilanjutkan dengan imitasi itu seperti kita memperkosa organisasi kita. Seperti menanam bunga bougenville di tanah basah atau menanam melati air di padang pasir. Kalaupun organisasi kita tetap tumbuh, pertumbuhannya pun jadi menyimpang.
***
Pernah dengan "My Way"-nya Frank Sinatra kan? Lagu yang sangat menggugah! (Bagi yang belum dengar, bisa lihat liriknya di sini atau kalau mau download klik disini).
Setiap organisasi melalui hari demi hari dengan banyak aktivitas. Banyak cara telah digunakan oleh organisasi untuk mencapai tujuan. Mulai dengan berjalan normal. Merangkak. Sampai jungkir balik pun dilakukan. Sebagian gagal. Tetapi hanya sedikit energi yang kita curahkan terhadap kegagalan itu, agar kita tetap bisa berjalan terus dengan cara kita yang berhasil.
Percayalah. Organisasi kita memang telah menyusun perencanaan yang detil. Namun, keberhasilan yang dibanggakan berasal dari improvisasi saat rencana tidak berjalan seperti adanya. Improvisasi yang berasal dari kematangan kita sebagai pelakunya.
Ada momen tertentu, organisasi kita menentukan target yang melampui kapasitas. Namun, komitmen pada organisasi membuat kita mengerahkan seluruh daya upaya yang bersumber dari kekuatan-kekuatan unik kita. Kebersamaan membuat kita bertahan dalam ketegaran mengatasi kesulitan demi kesulitan.
Keringat telah mengalir. Air mata telah pecah. Dan perjalanan berdarah-darah telah kita lalui. Namun, semua itu menjadi kenangan indah. Kenangan yang memicu rasa bangga. Memicu kegelian terdalam.
Percayalah itu semua, ketika kita menempuh jalan kita sendiri, "My Way".
Bagaimana cara menyusun budaya organisasi sebagai "My Way"? Silahkan klik disini


Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Groups HD

The official Samsung

Y! Group for HDTVs

and devices.

Yahoo! Groups

Beauty & Fashion

Connect & share

tips and advice.

Yahoo! Groups

Health & Fitness

Find and share

weight loss tips.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: