Rabu, 29 Agustus 2007

RE: [beasiswa] [butuh info]: hidup S3 di Riyadh Saudi Arabia dan cara bawa family?

Alaykum salam,

Selamat untuk mas Tony dan temen2 lain yang sudah dapet S3 di KSU.
Mungkin saya bisa membantu sedikit. Saya dahulu S2 di King Fahd University
of Petroleum & Minerals
(KFUPM), Dhahran, KSA.

1. Untuk biaya hidup. 2000 Riyal itu insha allah cukup. Biaya hidup di
Dhahran itu jauh lebih besar dibanding
di riyadh karena di sini banyak expatriat bule yg 'mendongkrak' harga2.
Untuk bujangan yg tinggal di asrama
di dhahran, kira2 300 riyal sudah sangat cukup, sebab kita tidak usah
memikirkan uang rumah, telepon, listrik,
air dan gas. Tapi untuk keluarga yg tinggal di luar asrama, saya tidak
begitu tahu detilnya. Tapi saya pikir
tidak akan lebih dari 1000 riyal sebulannya untuk keluarga kecil.
Mungkin temen2 lain yg punya pengalaman bisa
membantu.
Housing di riyadh jg lebih murah dari Dhahran. Saya rasa 6000 Riyal
memang sudah cukup untuk sewa rumah
sederhana di riyadh (di Dhahran butuh paling tidak 8500 riyal untuk sewa
rumah sederhana).
Untuk biaya establish, kalau datang sendirian (tanpa family) mungkin
bisa disiapkan sekitar 1000 riyal untuk bulan
pertama, sebab ketika kita datang, kita akan diminta untuk membuat
iqamah (Kartu identitas di saudi) yg biaya
nya 500 riyal. Untuk biaya tiket, tidak seperti di KSU, di KFUPM, pihak
sekolah hanya akan memberikan tiket untuk
datang pertama kali dan pulang ketika lulus. Coba saja tanya pihak KSU.

2. Kalau di KFUPM, mahasiswa S3 bisa membawa istri dan anak ketika statusnya
sudah menjadi PhD Candidate,
yang berarti dia sudah lulus entrance exam. Entrance exam itu
dilaksanakan ketika dia sudah 1 tahun (ato paling
tidak 6 bulan) kuliah. Memang ada saja mahasiswa yg bisa membawa
keluarga mereka sebelum itu. Tapi yang
paling safe adalah ketika sudah lulus entrance exam tsb. Saya tidak tahu
bagaimana kondisi di KSU. Mungkin
temen2 di riyadh bisa membantu. Untuk sekolah di riyadh gak usah
khawatir, setahu saya di KBRI riyadh ada
sekolah Indonesia yg jauh lebih murah dibanding international school.

3. Untuk istri bekerja sepertinya tidak bisa, karena visanya memang bukan
untuk kerja. Tapi mungkin di riyadh ada
jalan lain.

4. KFUPM itu meng-klaim sebagai universitas terbaik di GULF (dulu). Walaupun
begitu, program S3-nya juga belum
lama dimulai. Program PhD in Computer Sciences and Engineering di KFUPM
itu kalau ga salah baru dimulai tahun
2000-an. Saya tidak tahu yg di KSU.

5. Kalau di KFUPM, status mahasiswa asing yg S2/S3 di KFUPM adalah 'pegawai
negeri' Saudi Arabia. Karena itu,
kita akan mendapatkan tugas menjadi asisten dosen (grading atau
mengajar) selama kita kuliah di sini. Karena status
pegawai-nya itu, kita tidak boleh untuk part-time ke perusahaan lain
secara resmi. Kalau kita mau part-time secara
tidak resmi bisa saja, asal punya kontak pribadi dengan beberapa orang
yg bekerja di perusahaan. Yang paling mungkin
adalah kalau kita ikut research project yg biasanya di initiate oleh
Professor atau Research Institute dan bekerja sama
dengan perusahaan2 seperti Sabic atau Aramco. Untuk di KSU, mungkin
temen2 di riyadh lebih tahu.


wassalam,

Bambang Ali Basyah Sarif

College of Computer Sciences and Engineering
King Fahd University of Petroleum & Minerals


_____

From: beasiswa@yahoogroups.com [mailto:beasiswa@yahoogroups.com] On Behalf
Of tonydwisusanto2003
Sent: Sunday, August 12, 2007 5:24 PM
To: beasiswa@yahoogroups.com
Subject: [Junk released by User action] [beasiswa] [butuh info]: hidup S3 di
Riyadh Saudi Arabia dan cara bawa family?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaah semoga rahmat Alloh terlimpah kepada semua teman
milinglist dan moderator yang selama ini ikut menjaga semangat
mencari S3 saya.
Akhirnya...setelah ikhtiar mencari beasiswa S3 lebih dari 2
tahun..Alloh berkenan memberinya: Alhamdulillaah saya salah satu
dari temen2 yang memperoleh beasiswa S3 dari KSU Saudi Arabia tahun
ini
(di kesempatan lain saya akan testimoni bagaimana perjalanan ikhtiar
saya memperoleh beasiswa BPPS UGM, IATSS Forum di Jepang, Visiting
Researcher di Australia dan akhirnya S3 Arab ini, padahal IPK S1
saya hanya 2,85 dari jurusan yg kurang laku dan bahasa English saya
dapat didongkrak dari dibawah TOEFL 450 hingga terakhir
560..mudah2an bermanfaat).

Kesempatan ini saya mohon informasi dari temen2 yg tahu atau pernah
tinggal di Saudi Arabia:
1. Diluar bebas Tuition Fee, Beasiswa KSU ini sebesar 2000 reyal
perbulan dan 6000 reyal untuk housing (mungkin yg ini utk 1 tahun):
Berapa ya Biaya hidup perbulan di Riyadh? Beaya sewa rumah untuk
family? utk kost? cukupkah 2000 reyal/bulan? Berapa biaya establish
saya (biaya tiket pesawat dan lain2)?

2. Saya mendengar di Arab, hanya mungkin membawa keluarga kalo sudah
1 tahun. Benarkah? adakah temen2 yang dapat membantu memberitahu
tips membawa keluarga tinggal di Saudi Arabia (termasuk biaya hidup
untuk 1 isteri + 2 anak balita)? sistem sekolah untuk anak di sana?
adakah asuransi?

3. Bagaimana agar isteri saya dapat bekerja di sana selagi saya S3?
(Isteri saya seorang dokter, Master- Health Services Management dari
Flinders Uni Australia, English TOEFL 587, Bahasa Arab nggak bisa:)

4. Bagaimana kualitas S3 di Saudi Arabia? khususnya bidang Teknik
Informatika/Komputer? khususnya KSU university?

5. Peluang kerja parttime disana ada nggak? ada nggak hubungan
antara uni dengan industri di sana?

Mohon informasi dari temen2. Please, Jazakumullooh.
Percayalah, Pertolongan Alloh akan datang manakala kita terus
berusaha, percaya dan ber"transaksi kebaikan" dengan-Nya.

Wassalamualaikum...saya menunggu info temen2.
Tony


[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: