Kamis, 27 September 2007

Re: Hal: [psikologi_transformatif] Bung JUSUF SUTANTO > Mas Goen


--- In psikologi_transformatif@yahoogroups.com, "goenardjoadi" <goenardjoadi@...> wrote:
>
> Pak Posma,
>
> teman saya debat begini..... orang gila itu sakit jiwa, mengapa
> disebut sakit jiwa? apa otak [neuron] nya error, memory {kalau di
> komputer RAM],
>
> apa syarafnya?
>
> apanya?
>
> apa itu sakit jiwa?
>
> salam,
> goen
>

Secara sederhana, orang sakit jiwa dapat didefinisikan sebagai orang yang mengalami gangguan fungsi-fungsi luhur (pikiran, bahasa, perilaku, dan sebagainya) dibanding orang lain pada umumnya. Setahu saya, khusus dalam hal ini (gangguan jiwa), psikolog masih memakai acuan psikiatri (DSM di Amerika, PPDGJ di Indonesia). Psikolog yang menanganinya umumnya disebut psikolog klinis (anak, remaja dan dewasa).

Yang error, bisa disebabkan gangguan fisik (memang ada gangguan fisik), maupun yang bersifat psikis (tanpa gangguan fisik). Keduanya bahkan dapat dikatakan berhubungan erat (gangguan somato psikis -- gangguan fisik yang berpengaruh ke kondisi psikis; psikosomatis -- gangguan psikis yang berpengaruh ke kondisi fisik).

Acuna normal-tidak normalnya jelas merupakan kesepakatan para ahli (konstruksi sosial) dan dapat berubah dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, pada DSM versi terakhir, homo seksual tidak lagi dimasukkan ke dalam gangguan kejiwaan, padahal pada versi sebelumnya masuk.

Karena konstruksi sosial, maka sebenarnya acuan akan juga dipengaruhi faktor budaya. Berdasarkan nilai-nilai ada yang di Indonesia, sejauh pengamatan saya, homoseksual masih dianggap sebagai perilaku yang menyimpang.

Secara singkat begitu Mas Goen yang saya ketahui.

salam,
harez



__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Beauty Groups

on Yahoo! Groups

A great place to

connect and share.

Yoga Resources

on Yahoo! Groups

Take the stress

out of your life.

HDTV Support

The official Samsung

Y! Group for HDTVs

and devices.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: