Kamis, 20 Desember 2007

[psikologi_transformatif] Fwd: Komentar Vincent Liong soal Rencana Pengembangan Kompati Oleh Adhi Purwono

e-link: http://groups.yahoo.com/group/Komunikasi_Empati/message/3158
--- In Komunikasi_Empati@yahoogroups.com, "vincentliong"
<vincentliong@yahoo.com> wrote:

Soal rencananya Adhi komentar saya cuma satu saja. Mengatakan mau
mengembangkan Kompatiologi artinya mengembangkan sesuatu yang
menggunakan dasar sudutpandang yang sama dengan kompatiologi.

Mendengar laporan dari Cornelia Istiani setelah chatting dengan Adhi
Purwono kemarin, tampak kecenderungan sudutpandang yang dipakai adalah
sudutpandang psikologi mainstream, yang mau dikembangkan Adhi adalah
permainan peran misalnya untuk menggali informasi seseorang yang
diterapkan di Psikologi mainstream yang ilmiah.

Sudutpandang psikologi amat berbeda dengan sudutpandang kompatiologi;
kompatiologi adalah tools yang digunakan oleh usernya untuk kemampuan
membaca data (adaptasi), sedangkan sudutpandang psikologi cenderung
bersifat memberi penilaian dan tindakan pada object dari ahli kepada
awam.

Jadi sebelum bicara lebih jauh tentunya Adhi harus menjabarkan contain
apa yang mau dikembangkannya secara terbuka di maillist ini. Bilamana
dari penjelasan tsb tampak 180% berbeda sudutpandang mata tentunya
produk tsb tidak bisa dikaitkan dengan kompatiologi. Kecenderungan ini
sudah tampak dari cara Adhi mengkritik saya yang menggunakan
sudutpandang psikologi mainstream yang selama ini menekan saya;
psikologi mainstream memiliki kebiasaan membahas hal yg sifatnya
judgement subjective terhadap pribadi tetapi menganggapnya objective.

Apabila dengan alasan tidak saya bebaskan menggembangkan kompatiologi
untuk meminta saya mengijinkan hal tsb terjadi, maka yang akan terjadi
adalah pembiasan dari ilmu kompatiologi itu sendiri sehingga pengguna
menjadi bingung mana kompatiologi yang asli. Sejak awal kompatiologi
mulai kita kembangkan, semua bermula dari ritual dekon-kompatiologi
maka dari itu agar tidak dimelencengkan / bias, maka saya tetap
menekankan bahwa point sekon tidak bisa diabaikan dengan alasan
kebebasan berkembang. Sebagai individu Adhi boleh berkembang dengan
pemikirannya, tidak ada yang bisa melarang termasuk saya tetapi ini
tidak bisa dijadikan alasan untuk membiaskan kompatiologi sehingga
jadi hilang esensi samasekali.

Ketika dulu saya sempat mengajar kundalini yang memiliki sudutpandang
berbeda dengan kompatiologi tentunya saya harus memisahkan ilmu ini
samasekali tidak berkaitan satu dengan yang lain, apalagi soal nama.

Soal tanggungjawab, menyindir orang lain tidak bertanggungjawab dalam
ilmunya itu gampang. Pertanyaannya apakah Adhi sendiri bisa
membuktikan diri mampu membangun sesuatu dari nol yang terbukti dari
eksistensi dan apresiasi masyakarat umum tidak sekedar terdaftar
ilmiah. Atau hanya menyadur yang sudah ada di psikologi mainstream
yang ada lalu diubah-ubah dan ditambahi bumbu.

Nah, kita lihat apakah Adhi bisa membuktikan kata-katanya secara
konsisten. Kalau mau menyindir saya boleh saja, buktikan anda lebih
bernilai dibandingkan saya, jangan cuma ngomel saja.

Saya tunggu tulisan + produk-nya di maillist ini...

--- End forwarded message ---

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Yahoo! Groups

Going Green

Share your passion

for the planet.

Yahoo! Groups

Real Food Group

Share recipes

and favorite meals.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: