Jumat, 07 Desember 2007

[psikologi_transformatif] muslim irlandia meningkat sampai 70%..

Muslim Irlandia Meningkat Sampai 70% Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
Jumat, 07 Desember 2007
Sensus resmi yang pemerintah Irlandia menunjukkan bahwa Islam telah menjadi agama nomor 3 di negara itu, setelah Katolik dan Kristen Anglikan
ImageHidayatullah.com--Kantor Pusat Sensus Irlandia mengungkap, bahwa sebanyak 32539 dari penduduk negeri itu memeluk Islam. Pemeluk laki-laki sebanyak 59,53% dan perempuan 40,46%.
Jika dibandingkan dengan hasil sensus tahun 2003 maka jumlah penduduk Irlandia yang menganut Islam telah meningkat hingga 69,9%. Sesuai dengan data yang dimiliki, setengah dari panganut Islam di negeri itu adalah mereka yang berketurunan Asia .
Sedangkan jumlah pemeluk Katolik -agama yang paling banyak dianut mayoritas penduduk- sebanyak 3681.000 jiwa. Sedangkan penganut Anglikan berjumlah 125.000 jiwa. Jumlah total penduduk Irlandia saat ini sebanyak 4239.000 jiwa.
Menurut Friday's Irish Times, Muslim masuk di Negeri itu di tahun 1950 yang dibawa oleh kelompok Muslim pendatang. Umumnya, mereka sedang melanjutkan sekolah di Universitas Irlandia. Karena tidak ada masjid di Dublin pada waktu, para siswa --kebanyakan dari Asia dan Timur Tengah-- melakukan shalat  Jumatdi rumah-rumah di hal atau aula yang telah disewa.
Dengan bantuan keluarga Raja Faisal dari Saudi Arabia, Muslim Irlandia kemudian membuka masjid  pertama  yang juga menjadi Islamic Centre di Harrington Street Dublin tahun 1976.
Tanah dan bangunan menjadi kian sempit setelah makin banyaknya para muallaf. Maka tahun 1983, sebuah bangunan gereja yang mati di Jalan Lingkar Selatan, Dublin dibeli dan diubah menjadi masjid yang kini dikenal dengan  Dublin Mosque.
Tahun 1996, Pusat Kebudaan Islam di Clonskeagh dibuka. Termasuk membuka sekolah Islam, yang dibiayai oleh pengusaha asal Dubai, Syeikh Hamdan Rashid Al-Maktoum.[


Looking for last minute shopping deals? Find them fast with Yahoo! Search.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

new professional

network from Yahoo!.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Real Food Group

on Yahoo! Groups

What does real food

mean to you?

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: