Jumat, 07 Desember 2007

[psikologi_transformatif] Re: Ikut Berpendapat : tentang "perselingkuhan" J. Krishnamurti (2/2)

Dari: David Goh <david_9oh@yahoo.com>

Salam Pak Hudoyo yang bijak...
Oh iya.. gitu ya pak.. iya terima kasih atas responnya..
hanya menyambung permintaan dari bapak saja, yaitu: "silakan rekan-rekan yang berminat mengirimkan komentar Anda--entah positif, entah negatif, entah netral--kepada saya."
seperti yang sebelumnya, bahwa bukan sosok K yang di sorot, tapi kita yang disorot dari "petuah" atau sederhananya, Jangan urusin masalah pribadi orang, dan jangan menvonis.
iya.. kita akhiri.. karena saya tidak bisa menujukan apa-apa, karena memang saya tidak berhak mengkritik walau saya kalau tahu.

Salam Sejati

"Siapa yang bersungguh-sungguh,
akan menemukan yang dicarinya"

>>From: "hudoyo@cbn.net.id" <hudoyo@cbn.net.id>
>>
>>Rekan David yg baik,
>>
>>Thread ini diawali dengan Rekan C. dari Bali yang mengungkit
>>"perselingkuhan" K sebagai satu kasus khusus (partikular) tentang "seorang
>>guru yang tidak pantas diteladani".
>>
>>Kemudian saya tanggapi dengan mengemukakan bahwa saya tidak melihat
>>ketidakkonsistenan antara ajaran dan perilaku K; sanggahan saya itu tetap
>>dalam kerangka kasus K yang partikular, bukan sesuatu yang general.
>>
>>Kemudian Anda tanggapi dengan mengemukakan dua buah petuah (maxim), yang
>>kedua-duanya MENGASUMSIKAN adanya ketidakkonsistenan antara ajaran &
>>tindakan seorang "guru".
>>
>>Ketika saya kejar dengan minta kepada Anda fakta ketidakkonsistenan antara
>>ajaran & tindakan K--sebagaimana menjadi topik thread ini sejak awal--Anda
>>mengelak dengan mengatakan bahwa petuah Anda itu bersifat GENERAL (umum),
>>dan bukan maksud Anda untuk mengacu pada PARTIKULARITAS (kekhususan) kasus
>>K.
>>
>>Saya rasa, kita tidak perlu berdiskusi tentang hal-hal general yang telah
>>sama-sama diketahui oleh banyak orang. Saya tetap membatasi topik dalam
>>thread ini pada partikularitas kasus "perselingkuhan" K, sebagaimana jelas
>>tercantum dalam 'Subject' dari thread ini.
>>
>>Bagi saya, kekonsistenan antara kata dan tindakan menunjukkan kebesaran
>>jiwa seseorang; itu berlaku untuk siapa saja, termasuk untuk K, yang
>>menjadi topik thread ini. Seorang besar selalu konsisten dalam seluruh
>>tindakan, kata-kata, sikap dan isi hatinya. Ketidakkonsistenan di antara
>>berbagai aspek kepribadian seseorang menunjukkan kekerdilan jiwanya.
>>
>>Sekarang begini saja: kalau memang Anda tidak dapat menampilkan mana-mana
>>tindakan K yang bertentangan dengan ajarannya--sebagaim ana Anda asumsikan
>>dalam kedua maxim Anda yang Anda katakan bersifat general itu--sebaiknya
>>diskusi/thread ini kita akhiri saja sampai di sini.
>>
>>Salam,
>>Hudoyo

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Find great recruits

for your company.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Cat Zone

Connect w/ others

who love cats.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: