Rabu, 19 Desember 2007

[psikologi_transformatif] Orang Kristen fundamentalis akan terlahir di alam Apaya (Neraka)?

Mengenai timbulnya aliran kristen fundamentalist saya ingin memberikan penerangan berdasarkan sejarah dan berdasarkan dogma2 yg dipakai oleh aliran2 agama nasrani ini.
Yanga say tulis dibawah ini dapat kalian check didalam buku2 sejarah daerah Middle East ini - Mulai abad kira 1500 BCE sampai sejarah Europah jaman 1500 CE - Setelah penerangan ini kalian akan pasti mengerti kenapa ada aliran fundamentalis jaman sekarang diIslam dan di kristen. -- ini hanya secara singkat dan sepintas
 
=========
 
Menurut sejarah agama nasrani - ini juga termasuk agama islam - mereka berpendapat bahwa agama ini dibawa oleh nabi2 Abraham / Ibrahim, dari negara Mesoptomia [ Negara Iraq jaman sekarang kedaerah laut mediteranean.  Menurut kepercayaan semua agama nasrani agama mereka adalah monotheistic - tetapi suku Ur ini adalah polytheistic jadi sebetulnya ketiga nabi ini Abraham, Isaac dan Jacob hidupnya sebagai polytheist, polygamist dan polyclassist.  Mereka dapat disamakan agamanya seperti agama Hindu yg unsur2 akar agamanya juga berasal dari daerah Ur ini. Tulisan2 yg dipakai oleh para ahli2 agama ini adalah tulisan berdasarkan hieroglyphic atau cuneiformic. [tulisan berdasarkan gambar  = chinese, mesir purwa dan berdasarkan suara  bah ABC atau alifbata] 
 
Perubahan ke-arah monotheistic menurut sejarah diduga terjadi setelah suku Ur ini tinggal di negar Mesir purwa dan setelah Nabi Musa / Mozes yg menurut sejarah adalah high priest dari negara Mesir - tradisi dari keluarga raja [pharao] Pada jaman ini monotheistic diMesir mulai berkembang [tetapi shortlive - kalah melawan aliran polytheistic] Nabi Musa - Mozes membawa sukunya keluar Mesir mungkin juga karena persoalan perbudakan tetapi mungkin juga persoalan agama - Alasannya tidak ditulis didalam sejarah Mesir ini tetapi Moses didalam buku testamen lama / torah ditulis karena perbudakan. Yang berlainan dgn sejarah injil, didalam sejarah Mesir ditulis dia hidup sebagai high priest dari aliran Akhinaton brotherhood. [monotheistic] dan ajarannya yg dia berikan kepada ke12 suku dari suku yahudi berdasarkan info ini  kurang lebih bersamaan.
 
Buku injil testamen lama dan buku Torah mulai ditulis dalam bah Hebrew  sewaktu jaman Salomon  - son of David [ Suleiman bin Daud] - 500 BCE.  Jadi berdasarkan ini semua tulisan2 yg kalian ketemukan didalam testamen lama sebelum raja David / Daud adalah berdasarkan hear-say dan tidak ditulis - ini juga kurang lebih analog dgn tulisan2 agama Hindu yg juga mulai diciptakan jaman kira2 500 BCE  Berdasarkan ini banyak tulisan2 mengenai sejarah suku2 tsb adalah berdasarkan ajaran yg diturunkan berupa legend dari kedua agam ini banyak mysticnya.
 
Sewaktu Jesus hidup [nabi Isa] negara Palestina dikuasai oleh suku dari Roma dan yang polytheistic. Suku yahudi dikuasai oleh keluarga Levite sebagai keluarga priest sewaktu itu sangat corrup dan hidup didalam kemewahan. Pemberontakan terhadap establishment tercipta dan menurut sejarah injil dia mulai menciptakan aliran revolutioner melawan pemerintah dan gereja korrup dgn filisofy gereja yahudi jaman Mozes. Achirnya kalian semua tahu dia disalib dan mati [?]  Ada yg percaya dia tidak mati tetapi kabur kedaerah Kashmir dan mendirikan aliran kristen berdasarkan buku Thomas [?] bible.
 
======
 
Jaman modern agama kristen ini berkembang tetapi belum merupakan agama negara sampai jaman emperor Constantine kira2 300CE - seorang emperor yg merubah kepercayaanya menjadi kristen. Mulai jaman ini gereja kristen menciptakan banyak dogma2 terutama trinity dari Tuhan - bapak, Putra dan Roh suci , Juga berdasarkan ini Jesus oleh mereka diangkat dari rabi = Nabi menjadi Tuhan /God. Oleh karena Jesus adalah God pasti Maria harus menjadi mother of God dan harus melahirkan Jesus secara mystic - keluarnya dogma virginity Maria. Mereka yg tidak ingin percaya mystic ini dari aliran kristen Nestorian harus kabur kembali kePalestine dan menjadi gereja Assyria sebab yg tidak kabur semua dibunuh [maklum jaman biadab] Mungkin sekali isteri nabi mohammed yg pertama Kadijah adalah dari aliran kristen Assyria ini dan nabi Mohammed saw menjadi penganutnya dan juga disunat. Gereja yahudi purwa sewaktu jaman Roma empira habis musnah dan pengikut2nya harus kabur [ katanya kabur ke Etiopia / Abessinia negara queen of Sheba dimana pure jewism masih diketemukan.]
 
Gereja kristen catholic diEuropah selatan pecah menjadi gereja gereja Roma dan gereja Greek timur. Yg menjadi gereja Roma catholic ini berkembang dan menerima ajaran2 dari suku2 daerah mereka yg diincorporatie kedalam tradisi gereja - Paskah, Natal etc. Mereka sangat berkuasa dan kekuasaanya melebihi raja2 setempat dan mereka menjadi bersifat corrup dan sangat mysterious tertutup utk yg bukan manjadi priest/uskup etc. Jaman abad ke 15 technik percetakan diciptakan dan rakyat mulai dapat membaca injil dan kemystican bible mulai manghilang sehingga timbul aliran Luther, Calvin dan Zwingli yg menentang kekuasaan Roma. Luther bekas monk catholic jadi gereja yg dia ciptakan juga kurang lebih sama dgn gereja RC atau gereja Anglican diInggeris / Episcopal -diUSA
 
Gereja Calvinist ini yg di Negara Belanda dan German Utara Barat dan Scandinavia disebut reform atau hervorm atau puritan yg achirnya menjadi gereja fundamentalis. Aliran Calvinist yg mulai diPerancis terpaksa harus kabur keutara jikalau tidak ingin mati. Mereka berperang melawan gereja Roma selama puluhan tahun sampai penengahan abad ke 17 dgn perdamaian dikota Munster.
Didalam permulaan abad ke 16 kira2 1520CE mereka ketiga aliran menciptakan dogma mereka yg membedakan mereka dari gereja catholic roma - ini penta sola [diIndonesia hanya dikenal trisola] yg menciptakan fundament gereja - sola Scriptura, sola Fide, sola Gratia, solus Christus, soli Deo Gloria.  Sola berarti hanya = only.
Aliran calvinist ini manjadi puritan [lebih bersih lagi dari gereja reform] dan achirnya harus kabur keUSA dgn Mayflower I [ada yg ke2 tetapi ini dibajak dilautan Caribean dan sisa2nya dapat diketemukan dipulau Barbados.]  Gereja puritan ini yg menjadi dasar pemerintah USA dan yg kemudian menciptakan gereja Pantekosta, Yehova, Baptist dan puluhan aliran2 fundamentalist lain. Penta sola's mereka adalah dasar penghidupan mereka.
 
Berdasarkan in mereka percaya bahwa injil diciptakan Tuhan dan 100% the Truth and only but the truth - sesuatu yg jaman sekarang tidak 100% diterima. Gereja fundamentalis berdasarkan dogma ajaran mereka dari buku sejarah bible ini dan semua undang2 / hukum2 kehidupan dan penghidupan harus berdasarkan buku ini. Mereka percaya bahwa semua aliran2 agama yg tidak berdasarkan buku mereka ini semua akan masuk neraka dan hanya Jesus kristus yg dapat membela mereka dan the glory of God dapat mengampuni mereka. Bukti bahwa mereka anggota gereja ini adalah permandian mereka.Mereka harus hidup dgn kepercayaan ini secara 100%  -- inilah penta sola.
 
Silahkan kalian sekarang perhatikan analogy yg kalian akan ketemukan didalam buku suci Al Qur'an dan ajaran umat islam. Menurut ajaram agama islam buku suci mereka diberikan oleh Tuhan melalui nabi mereka Mohammed saw.  Didalamnya adalah the Truth and nothing but the Truth. Undang2 dan peraturan kehidupan dan penghidupan harus berdasarkan buku ini - suatu penafisiran yg dipakai pemerintah Saudi secara 100% - Negara Saudi tidak ada undang2 pidana dan hanya ulama2 adalah hakim.  
Pembersihan agama islam oleh aliran fundamentalis juga terjadi pada pertengahan abad ke 19 di Sudan dgn pemberontakan Mahdi Mohamad Ahmad yg achirnya menciptakan aliran Wahabi islam yg lebih fundamental dari Sunni islam atau Shiya islam atau Ahmadiyah dll aliran islam. Agama Wahabi yg sekarang kalian diIndoneis menemukan diantara yg berjilbah, dibawa oleh keluarga Saud ke Saudi Arabia [perhatikan nama] Aliran ini yg mulai atau pada dasarnya merupakan pemberontakan terhadap Ottoman empire dari Turkey yg corrupt dan juga terhadap penjajahan the british empire achirnya melalui fanatism berkembang dan menyebar melalui petro dollar. Sekarang MUI, FPI dan aliran Osama juga merupakan pemberontakan terhadap establishment diseluruh dunia.
 
===============
 
Jikalau ada yg tersinggung atau marah karena realitas ini silahkan kalian pencet tombol delete dan semua ini kalian tidak perlu baca atau tidak perlu kalian selidiki. Semua tulisan saya ini dapat kalian ketemukan didalam buku2 sejarah dunia - bedanya kalian harus membaca sejarah dgn open mind dan tidak terganggu aliran agama apapun.
 
Andreas
 
 
 
 


Hudoyo Hupudio <hudoyo@cbn.net.id> wrote:
Dari: "indf2000" <indf2000@yahoo.com>

Pak Hudoyo,
Terima kasih atas tanggapannya.
Dalam hal Kristen moderat yg pluralis dan humanis, kemudian
dikontraskan dengan Buddhist yg penuh lobha dan dosa, saya
sependapat dengan penjelasan Bapak.
Namun yg saya maksudkan adalah dalam hal Kristen fundamentalis
seperti yg ditunjukkan oleh sdr.Peter (me-ngejek2 umat agama lain
tanpa pengetahuan yg memadai, memang beginilah typical Kristen pada
umumnya), atau mungkin yg lebih dahsyat lagi penganut Kristen pada
zaman kegelapan beberapa abad yg silam dimana mereka banyak
melakukan kekerasan, pembunuhan, dsb karena perintah ayat2 Alkitab
(kita semua tahu bagaimana isi Perjanjian Lama... sangat brutal).
Beruntunglah kaum Kristen yg bisa bangkit dari sejarah kekelaman
berkat munculnya tokoh2 reformator yg memberi tafsiran baru atas
ayat2 Alkitab sehingga melahirkan Kristen moderat yg humanis dan
berbudaya.
Nah, bagi penganut2 Kristen fundamentalis yg mengartikan isi kitab
sucinya secara literal dan melaksanakan perintah2 "aduhai" dalam
alkitab tsb, apakah bisa digolongkan sebagai orang2 MOHA?
Taruhlah kita ambil ayat 1Sam 15:3 sebagai contoh.
Mohon tanggapannya.
Terima kasih.

==========================
HUDOYO:

Ayat-ayat dari Perjanjian Lama yang penuh dengan kekerasan dan kejahatan telah digenapi dalam Perjanjian Baru dengan ajaran Yesus Kristus. Silakan baca: "Khotbah di Bukit".

Saya tidak sependapat dengan penilaian Anda: "... memang beginilah typical Kristen pada umumnya." Menurut hemat saya, Kristen/Katolik yang moderat jauh lebih banyak daripada yang fundamentalis.

Selanjutnya, silakan baca tanggapan saya dalam posting lain yang saya tayangkan hari ini.

Pelajaran: janganlah melihat agama lain dengan kacamata yang berbeda dengan ketika melihat agama sendiri; itu berarti Anda melihat dengan suatu iktikad tidak baik. Kalau melihat kebaikan dalam agama sendiri, lihat pula kebaikan dalam agama lain. Kalau melihat keburukan dalam agama lain, lihat pula keburukan dalam agama sendiri.

Salam,
Hudoyo

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Be a career mentor

for undergrads.

Y! Messenger

Instant hello

Chat in real-time

with your friends.

Real Food Group

Share recipes,

restaurant ratings

and favorite meals.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: