Rabu, 19 Desember 2007

[psikologi_transformatif] Syaikh Siti Jenar Menghindari Pengkultusan bag 3


lanjutan hal 221-222


        "Aku tidak mengenalmu, o Pengaku-aku," seru manusia buruk rupa itu sembari menunjukkan giginya yang tidak teratur dan bibirnya tebal dalam seringai yang mengerikan. "Sebab, Abdul Jalil, guru manusia, yang pernah aku kenal adalah seorang manusia yang berlebih kelimpahan."
        
Dia manusia yang selalu merasa berat menanggung keberlebihan-kelimpahannya, sehingga hari-hari dan hidupnya tidak pernah dilaluinya tanpa membagi-bagi keberlebih-kelimpahannya. Ia terus membagi. Membagi. Seribu kali membagi. Dengan membagi, beban keberlimpahannya akan berkurang."

         "Jika engaku bertanya kepada hutan, sungai, pohon, batu, matahari, bulan,  bintang, dan margasatwa siapa Abdul Jalil maka engaku akan mendapati jawaban sama: dia Abdul Jalil maka engkau akan mendapati jawaban sama: dia, Abdul Jalil, adalah sang pembagi keberlebih-kelimpahan. Dia, guru manusia, yang selalu berkorban tanpa pamrih. Sebab, berkorban membagi-bagi diri, baginya adalah membebaskan diri dari beban yang terus melimpahinya.
         "Ya itulah Abdul Jalil yang aku kenal, guru manusia yang selalu membagi-bagi keberlebih-kempahannya. Sementara, engkau manusia buruk rupa yang mengaku-aku Abdul Jalil, apakah yang engkau sudah lakukan selama di hutan ini?
          "Bukankah hari-harimu hanya engkau isi dengan menerima dan menikmati keramahan alam, seolah engkau ini sesungguhnya, o manusia buruk rupa?"

           Abdul Jalil terperangah kaget. Ia merasakan wajahnya panasa tertampar oleh ucapan mahluk buruk rupa itu. Bukan. Bukan hanya tamparan yang ia rasakan menghantam wajahnya. Rasa malu pun ia rasakan tiba-tiba menyesaki jiwanya.

           bersambung...
lanjutan kisah ini bisa anda dapatkan dengan membeli Novel

           "Suluk Malang Sungsang"
           Konflik Dan Penyimpangan Ajaran
           Syaikh Siti Jenar
           Agus Sunyoto
           Penerbit LKIS

karena apa?

karena saya tidak mungkin menulis satu buku... hehehe...

selamat hari raya Idul Adha...


Never miss a thing. Make Yahoo your homepage.

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Reconnect with

college alumni.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Parenting Zone

on Yahoo! Groups

Your one stop for

parenting groups.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: