Minggu, 06 Januari 2008

[beasiswa] [OOT] KERJA SAMA UNY-APEX INSTITUTE PUNE ; Buka Program Bahasa Indonesia di PT India

Dear all,
Di bawah adalah salah satu wujud kegiatan saya, Program BIPA berlanjut ke kerjasama bidang lain. Isn't that great? :o) Thanks to BPKLN Depdiknas team to make this ideal comes true.

Ayo ... siapa yg universitasnya tertarik ikutan program ini?

Salam,
Pangesti
Moderator milis Beasiswa
------------------------------------------------
http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=148184&actmenu=37

KERJA SAMA UNY-APEX INSTITUTE PUNE ; Buka Program Bahasa Indonesia di PT India 07/01/2008 08:48:19 MUMBAI (KR) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Apex Institute of Management Pune, India, menjalin kerja sama membuka Program Bahasa Indonesia di Apex Institute tahun akademik 2007-2008. Sebagai langkah awal kerja sama telah ditandatangani Letter of Intent (LoI) di Kantor Maharashtra State Board of Technical Education (MSBTE), Negara Bagian Maharashtra di Mumbai, India.

Kesepakatan ini merupakan hasil kunjungan Rektor UNY Prof Sugeng Mardiyono PhD, ke India 27-31 Desember 2007 lalu. Penandatanganan LoI dilakukan Rektor UNY dan Founder Director Apex Institute Pune, Prof Sultan Shaikh. Sebagai saksi pihak Pemerintah RI Konsul Jenderal (Konjen) RI di Mumbai Tito Dos Santos Baptista dan Prof BP Thale, mewakili Pemerintah Negara Bagian Maharashtra, Mumbai, India.

"Kunjungan ini sebagai tanggapan permintaan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Mumbai kepada Ditjen Dikti dan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Depdiknas," jelas Prof Sugeng, seraya menambahkan sekaligus realisasi dan komitmen UNY untuk go international.
Lebih lanjut Rektor UNY menjelaskan, langkah awal dari kerja sama pendidikan ini, kedua pihak sepakat untuk menjajagi format paling tepat dalam mengimplementasikan program Bahasa Indonesia itu. Untuk itu, terdapat beberapa format yang sedang dipertimbangkan. Di antaranya, mengintregrasikan program Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata kuliah dari program pendidikan di Apex Institute setiap semester, dengan sertifikat dari Apex atau MSBTE. Sementara disepakati program ini dilakukan dalam pelatihan singkat selama 4 bulan.
"Namun program ini akan ditingkatkan statusnya menjadi Diploma Satu (D1). Kedua pihak akan merumuskan bersama seluruh kurikulum, matrikulasi serta silabus program itu," jelasnya.

Diungkapkan, kunjungan ke Apex juga sekaligus menyerahkan 3 pengajar Bahasa Indonesia (1 dari UNY dan 2 dari BPKLN). Direncanakan setelah 4 bulan komposis mengajar berubah, 2 dari UNY dan seorang dari BPKLN, sehingga perlu persiapan lebih matang. Selain itu, Prof Sugeng juga mengunjungi Pune University, sambil menjajagi kerja sama kedua PT. "Sementara, direncanakan Suparjo MPd akan mengajar Bahasa Indonesia, sambil studi lanjut S3 di Pune University," ungkapnya.

Ditambahkan, telah terjalin kontak telepon dengan Honorary Konjen Tamilnadu, India, untuk memagangkan mahasiswa Teknik Mesin UNY di beberapa perusahaan di Tamilnadu. (Ben)-g

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: