Rabu, 02 Januari 2008

[psikologi_transformatif] Psikologi Sosial

Psikologi Sosial: Manusia tidak hidup dalam isolasi, tapi kontak dan berinteraksi dengan orang-orang lain secara regular... .. Sebagaimana dinyatakan oleh PsychGuy's Advisor :  "Kita / manusia adalah spesies sosial" (Forsyth, 1995, p.2) ..... Premis dasar dari Psikologi Sosial adalah bahwa manusia bukan melulu kepribadiannya sendiri, bukan melulu produk lingkungan mereka, akan tetapi merupakan hasil interaksi antara lingkungan dan kepribadian mereka. Formula yang diutarakan oleh Kurt Lewin adalah sebagai berikut : B=f(P, E): in this formula, B=behavior, P=person, E=environment, and f=the function of. (www.alleydog.com )
 
Kenapa Psikologi Sosial yang hendak saya sorongkan kali ini ?
Pertama. Psikologi Sosial termasuk bidang Psikologi yang paling maju, paling banyak penelitiannya, paling banyak interaksinya dengan ilmu-ilmu sosial lainnya.  Dan dalam  tataran praktis, Psikologi Sosial sudah diterapkan  dalam berbagai bidang kemasyarakatan. Manfaat bagi negara sudah banyak diakui di dunia (Indonesia gimana ? mungkin baru proyek kecil saja).
Kedua. Psikologi Sosial tidak terlalu berkutat soal ijin profesi dan ijin praktek. Jadi, tidak disibukkan dengan aspek legalitas. Tidak melakukan psikotes, psychological assessment, psikoterapi, konseling. Dengan demikian Psikologi Sosial lebih merdeka dan luwes. Ukurannya hanya 'soundness' / kehebatan analisis si 'psikolog sosial' terhadap gejala-gejala sosial dan kesuksesan (dari berbagai sisi) dari penerapan teori psikologi sosial dalam perbaikan masyakarat dan kemanusiaan.  
Ketiga. Psikologi tidak harus kembali ke 'laptop', maksudnya tidak kudu selalu ngutip Freud, Pavlov, Maslow dan berbagai teori dasar Psikologi. Penelitian-penelitian (termasuk laporan penerapan) psikologi sosial sudah berjalan cepat, maju dan produktif.  
 
Untuk hal-hal tersebut diatas, saya menyarankan agar Asosiasi Profesi Psikologi mulai memberi perhatian besar terhadap Psikologi Sosial katimbang hanya sibuk dengan legalitas praktek (walaupun ini tetap perlu dibereskan).
 
Untuk mengetahui sekilas serba-serbi Psikologi Sosial silahkan klik : 
 
Salam,
WK

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Kickstart

Sign up today!

Your school could

win a $25K donation.

Yahoo! Groups HD

The official Samsung

Y! Group for HDTVs

and devices.

Curves on Yahoo!

A group for women

to share & discuss

food & weight loss.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: