Selasa, 19 Februari 2008

[beasiswa] Re: [butuh info] buku Toefl

Halo Dodi,

Saya tinggal di Banjarmasin dan di sini juga kadang sulit memperoleh
buku yang kita inginkan.

Trik belajar TOEFL, menurut saya yang awam, adalah dengan terjun
langsung mengerjakan soal-soal TOEFL. jangan mulai dengan mempelajari
bab-bab aturan-aturan dalam structure, dsb, karena akan bikin
frustasi orang yang latar belakangnya bukan bidang bahasa seperti
saya :) saya juga bukan tipe yang tahan kursus berbulan-bulan, karena
kadang metode pelatihannya membuat kita cepat sekali bosan, dan kalau
sudah bosan, sulit sekali menangkap apa yang diberikan.

Saran saya, lebih baik kerjakan soal, cek kuncinya, lihat kesalahan
kita di mana, dan belajar dari kesalahan. kerjakan lagi tipe soal
lain, cek jawabannya, lihat kesalahn di mana, dan pelajari, begitu
seterusnya sampai kita memperoleh banyak pembelajaran dari kesalahan
kita. beri waktu beberapa hari, kerjakan lagi semua soal TOEFL itu
dari awal, kita lihat apakah pembelajaran kita kemaren sudah kita
pahami.

Buku/CD apa pun yang kamu gunakan untuk belajar TOEFL, saya rasa
semuanya bagus. Saya sarankan untuk mencari buku dan CD yang
memberikan contoh soal semua tipe (listening, structure, reading,
writing, speaking) dan memberikan kunci beserta feedback terhadap
jawaban kita, yang merujuk ke halaman/bagian yang harus kita pelajari
lagi. dengan demikian, kita cukup belajar sesuai dengan kebutuhan
kita. di bagian manakah kita masih kurang, di situlah kita mesti
perkuat. tentu saja di sini kita menjawab soal-soalnya mesti jujur,
jangan asal saja tanpa ada alasan kuat.

Saya selama ini selalu menggunakan Baron, karena saya suka model
feedback-nya. untuk model CD, saya cuma pernah bertemu CD Kaplan, dan
saya rasa bagus. saya agak lemah di bagian Listening, maka saya
mencari sebanyak-banyaknya soal Listening, yang dengan aksen maupun
tanpa aksen. kalau di tempat anda ada Lab Bahasa di Universitas,
biasanya mereka mempunyai kaset-kaset Listening yang bisa dipinjam
untuk latihan.

Semoga membantu,

*mina*

--- In beasiswa@yahoogroups.com, dodi iskandar <iskandar.dodi@...>
wrote:
>
> Dear rekan-reakn milist,
> bagi teman-teman yang sukses mendapat beasiswa, buku toefl apa
yang dianjurkan untuk dijadikan bahan latihan?saya di pontianak
kesulitan membeli buku yang bagus, kebanyakan disini tersedia Baron
> trim's


INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: