Sabtu, 08 Maret 2008

[beasiswa] [OOT] Aku Bungah Neng Yogya....

Aku Bungah Neng Yogya....

Kedaulatan Rakyat
03/03/2008 08:24:25

TEPUK tangan riuh dan seruan kekaguman mengiringi gerakan rancak tari Bali yang dibawakan Giovanni Asmo (19). Bahkan penonton di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, yang sebagian besar mahasiswa asing Program Darmasiswa RI Short Course 2008, sampai berdiri dari tempat duduknya untuk menyaksikan gerak ritmis nan lincah penarinya. Tari Panji Semirang yang cukup sulit dibawakan secara luwes oleh mahasiswa asing FBS UNY asal Suriname itu. "Aku bungah iso neng Yogya..(saya sangat senang bisa datang ke Yogya)," tegas Gio, demikian sapaan akrabnya, dalam Bahasa Jawa Ngoko, saat ditanya kesan-kesannya tentang program Darmasiswa. Gio sangat fasih berbahasa Jawa Ngoko, karena menggunakannya untuk berkomunikasi sehari-hari dengan keluarganya. Sedangkan bahasa resmi memakai bahasa Belanda.

Gio yang mengaku leluhurnya berasal dari Solo, Jateng itu, belajar tari Panji Semirang hampir 2 bulan di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY. Dia sangat suka pada seni tari Indonesia, khususnya tari Jawa dan Bali. Padahal studi majornya di Suriname bidang ekonomi. Dibimbing Dra EMG Lestantun MK, anak muda periang ini sudah menguasai beberapa tari Jawa Klasik maupun kontemporer. Hebatnya, Gio sudah mampu menari Srimpi dan Bedoyo yang tingkat kesulitannya tinggi. Selama mengikuti program Short Course Darmasiswa ini, Gio berniat mempelajari sebanyak mungkin seni tari Indonesia. Sebab dia berkeinginan menjadi praktisi seni tarian dari tanah leluhurnya. "Neng kene akeh tarian-tarian anyar. Neng Suriname mung ono tarian lawas. Buku-bukune yo isih asli jaman biyen. Wis kuna..danine bosen..(Di sini banyak tarian (Jawa) modern. Neng suriname cuma ada tarian lama. Buku-bukunya juga masih asli dari zaman dulu. Sudah kuno..bosan jadinya," ungkap Giovanni.

Sementara, terpisah peserta Darmasiswa lain juga memiliki kesan tersendiri tenang program ini. Jarungnat Jansdamrongnil asal Thailand, senang dapat bertemu dengan teman-teman dari negara lain. Juga ingin dapat melihat bangunan yang mengesankan, Borobudur, karena penganut Budha. "Saya juga ingin belajar bahasa Indonesia dan mendapatkan sesuatu yang baru dan belum pernah saya lihat. Saya berharap ini pengalaman yang menyenangkan," harapnya. Park Jung Hoon, asal Korea juga berharap dapat menjalin hubungan dari berbagai perwakilan negara-negara. Khususnya, ingin meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia. Kepala Kantor Kerja sama Humas dan Protokoler (KKHP) UNY, Sugirin PhD, menjelaskan, program Darmasiswa 2008 ini diikuti 51 mahasiswa asing dari 27 negara, diantaranya, Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Mexico, Rumania, Slovakia, Thailand, Filipina, Korea, Cina, Iran, Bangladesh, Aljazair, Mali, Somalia, Nigeria dan sebagainya. (Benny K)-o

[Non-text portions of this message have been removed]

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS
Hanya ada di http://www.milisbeasiswa.com/

===============================

CARI KERJA?
Gabung dengan milis vacancy. Kirim email kosong ke vacancy-subscribe@yahoogroups.com.
http://www.groups.yahoo.com/group/vacancy

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:beasiswa-digest@yahoogroups.com
mailto:beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: